Ini Makanan Tionghoa Peranakan Langka di Sekitar Glodok

Kuliner

Ini Kuliner Tionghoa Peranakan Langka di Sekitar Glodok

Di Glodok, Jakarta Barat bukan hanya terkenal dengan banyaknya yang menjual alat-alat elektronik. Namun, di sekitar kawasan Glodok, Anda bisa menemukan makanan atau jajanan unik dari tradisi budaya Tionghoa Peranakan yang sudah sejak lama ada di Indonesia. Tidak heran, tempat ini pun ramai dipadati orang-orang yang ingin menyicipinya. Apa saja makanan langka yang ada di sekitar Glodok? Inilah ulasan empat kuliner tersebut menurut PingPoint.co.id yang diambil dari beberapa sumber.

Ini Makanan Tionghoa Peranakan Langka di Sekitar Glodok Ci Cong Fan

1. Ci Cong Fan

Makanan ini terkenal di Medan yang sangat jarang ditemukan di Jakarta bahkan hanya ada di Glodok. Ci Cong Fan seperti kwetiau dengan bahan dasar tepung beras dan dicampur tang mien atau tepung pati gandum yang lebih putih dan halus. Ci Cong Fan ini berupa lembaran tipis yang digunting dan disajikan dengan taburan bawang yang diberi kecap asin dan sambal. Ci Cong Fan dihargai Rp20.000 untuk porsi lengkapnya. Ci Cong Fan bisa Anda temukan di Petak Sembilan. Pedagangnya menggunakan gerobak yang dijajakan di pinggir jalanan.

[Baca Juga: Gang Gloria, Markas Kuliner Terjangkau di Glodok]

Ini Makanan Tionghoa Peranakan Langka di Sekitar Glodok Goreng Cempedak Cik Lina

2. Goreng Cempedak Cik Lina

Hampir semua orang menyukai makanan yang digoreng. Coba Anda bayangkan buah cempedak yang digoreng, yang membuat lidah berliur. Goreng Cempedak Cik Lina sudah ada dari tahun 1990-an. Anda dapat menemukan jajanan unik ini di Gang Kalimati, Glodok. Anda bisa memakannya selagi panas.

Ini Makanan Tionghoa Peranakan Langka di Sekitar Glodok Kari Lam

3. Kari Lam

Kari lam Gloria sudah ada sejak tahun 1973. Kuliner langka dari tradisi budaya Tionghoa Peranakan yang berasal dari Medan ini terletak di Jalan Pintu Besar Selatan II No.71 atau masuk ke Gang Gloria di daerah petak Sembilan, Glodok. Ada dua jenis kari yang di tempat tersebut, yaitu kari ayam dan kari sapi. Karinya berisi daging ayam kampung atau daging sapi yang dicampur dengan potongan kentang rebus dan santan kental lengkap dengan rasa rempah-rempah khas Indonesia. Satu porsi dihargai Rp45.000.

[Baca Juga: Menikmati Chinese Food Khas Kawasan Glodok]

Ini Makanan Tionghoa Peranakan Langka di Sekitar Glodok Rujak Shanghai

4. Rujak Shanghai

Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak encim shanghai berisikan kangkung yang sudah dimasak, dicampur dengan lobak dan mentimun. Rujak Encim Shanghai ini pun ada seafood dari juhi atau cumi besar dan ubur-ubur yang direbus dan dipotong kecil. Kuah dari Rujak Encim Shanghai berwarna merah yang berasal dari siraman kecap asin, saus, sambal tomat serta saus merah kental. Resep rujak shanghai ini ternyata sudah dijalankan generasi ketiga. Anda bisa datang langsung menyicipinya di Jalan Pancoran.

Penasaran ingin mencobanya? Datang saja langsung ke sekitaran Glodok yang menjual kuliner langka dari tradisi budaya Tionghoa Peranakan, dijamin bakal ketagihan deh!


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.