Ini Kuliner yang Jadi Ikon Baru Kota Tangerang.jpg

Kuliner

Ini Kuliner yang Jadi Ikon Baru Kota Tangerang

Setiap kota di Tanah Air memiliki ragam kuliner yang menjadi identitas dari wilayah tersebut dan bisa dikatakan sebagai kekhasan yang mungkin saja sulit ditemukan di daerah lainnya. Bila membahas Kota Tangerang, tak sedikit yang berpikiran bahwa nasi sumsum menjadi kuliner khas kota ini, padahal disinyalir nasi sumsum merupakan kuliner asli Banten sehingga menjadi khas juga di Kota seperti Serang. Tapi kondisi ini tampaknya akan berubah, karena pada pekan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang secara resmi memperkenalkan kuliner yang siap benar-benar menjadi khas kota ini bahkan sebagai ikon terbaru. Kuliner yang jadi ikon Kota Tangerang itu bernama Nasi Segambreng.

Mungkin bila didengar sekilas, nama kuliner ini terbilang unik dan ternyata terdapat makna khusus di balik penamaan tersebut. Di mana sesuai namanya, pada dasarnya lauk-pauk yang ada di Nasi Segambreng ada banyak dan berbeda dengan sajian nasi lainnya, setiap elemen dari kuliner ini menjadi representasi dari belasan kecamatan di Kota Tangerang.

Ini Kuliner yang Jadi Ikon Baru Kota Tangeran g.jpg

Berdasarkan penjelasan Ketua TP PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah di momen Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50, elemen representasi ini bisa dilihat dari nasi telang yang digunakan itu berasal dari Kecamatan Karawaci, lalu sayu jantung pisangnya dari Kecamatan Cipondoh, olahan ikan mujair dari Cibodas, telur semur dari Kecamatan Ciledug, dan lainnya. “Ini menjadi gambaran keanekaragaman dalam kebersamaan Kota Tangerang. Seperti halnya, masyarakat Kota Tangerang yang heterogen namun hidup rukun dan tenteram,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Tangerangkota.go.id (6/6/2022).

[Baca Juga: Ini Lokasi Kulineran Baru di Kota Tangerang]

Dalam upaya mendukung agenda Pemkot Tangerang menjadikan kuliner ini sebagai ikon baru, Aini melanjutkan bahwa pihaknya akan mempromosikan besar-besaran menu ini di wilayahnya. Di mana PKK Kota Tangerang akan memberikan sosialisasi mengenai resep hingga pelatihan cara mengolahnya. Hal ini dalam rangka memastikan Nasi Segambreng dapat menjadi bagian dari acara-acara yang digelar di kota ini.

Pada kegiatan yang digelar di selasar Gedung Pemkot Tangerang itu, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengungkapkan, Nasi Segambreng merupakan satu dari dua hidangan kuliner khas baru di Kota Tangerang. Khusus untuk Nasi Segambreng, ia ingin agar kuliner ini bisa menjadi ikon kuliner baru untuk kota yang dipimpinnya. “Jadi Nasi Segambreng itu terdiri dari berbagai topping masakan dari berbagai makanan khas di setiap Kecamatan di Kota Tangerang, Kota Tangerang itu menjadi salah satu tujuan sebagai kota jajan,” tuturnya


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.