Ini Langkah Dasar Cegah Virus Corona di Kantor

Kesehatan

Ini Langkah Dasar Cegah Virus Corona di Kantor

Berbagai langkah antisipasi dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona, termasuk dalam bidang perkantoran. Baru-baru ini, U.S Department of Labor melalui Occupational Safety and Health Administration (OSHA) merilis pedoman untuk antisipasi lingkungan kerja dari COVID-19 (13/3/2020).

Setidaknya ada beberapa langkah dasar yang bisa dilakukan perusahaan untuk meminimalisir pekerjanya agar tak terpapar SARS-CoV-2 atau yang lebih sering disebut Virus Corona. Sebagai langkah awal, perusahaan perlu mengembangkan kesiapan rencana. Kesiapan rencana ini meliputi analisis terhadap tingkat resiko di tempat kerja dan tugas pekerja yang dikerjakan.

Hindari Penggunaan Paper Towel atau Tisu untuk Hal Ini

Misalnya di mana dan bagaimana pekerja dapat berpotensi terpapar Virus Corona, seperti di tempat umum, bertemu konsumen atau teman kerja. Utamanya kepada orang-orang yang usai bepergian dari negara yang sudah terdeteksi Virus Corona.

Kemudian, perusahaan dapat melakukan upaya pencegahan dasar, dengan mengimbau para pekerjanya agar menjalankan gaya hidup bersih. Perusahaan perlu menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir atau cairan pembersih tangan yang mengandung 60 persen alkohol. Tidak lupa juga tersedia tisu dan tempat sampah.

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

Pekerja yang sakit juga disarankan agar beristirahat di rumah. Perusahaan juga mengimbau agar pekerja menutup wajah bila batuk atau bersin.

Perusahaan juga dapat mempertimbangkan apakah mereka dapat mengeluarkan kebijakan seperti tempat kerja yang fleksibel atau jam kerja yang fleksibel. Hal ini ditujukan untuk mengurangi kontak fisik. Terlebih bila otoritas negara atau lembaga kesehatan sudah mengeluarkan rekomendasi agar mengurangi interaksi langsung.

Cegah COVID-19 dengan Sering Cuci Tangan (FILEminimizer).jpg

Perusahaan perlu mengimbau agar pekerjanya tak menggunakan alat pekerja lainnya, seperti ponsel, meja, dan alat perlengkapan kantor lainnya. Selain itu, perusahaan harus memastikan pembersihan ruangan kerja dilakukan secara berkala.

Langkah penting yang perlu dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan mengembangkan kebijakan dan prosedur untuk identifikasi dan mengisolasi pekerjanya bila terpapar Virus Corona. Perusahaan harus memberi tahu pekerjanya untuk memeriksakan dirinya bila mengalami gejala penyakit COVID-19.

[Baca Juga: Bikin Hand Sanitizer Sendiri Mudah Kok, Begini Caranya]

Lalu perusahaan dapat mengembangkan, mengimplementasikan dan mengomunikasikan tentang fleksibilitas dan proteksi di tempat kerja. Selain memberi izin pegawai yang sakit, perusahaan juga harus mengetahui bila ada pekerja yang anggota keluarganya sedang sakit untuk turut istirahat di rumah.

Langkah dasar untuk mencegah penyebaran Virus Corona di kantor ini kiranya turut dapat kita terapkan juga. Sehingga kita dapat bekerja dengan aman dan sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 6 months lalu
    emma

    Hanya di qqharian,club website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!! Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo. Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, di qqharian,club