Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Jakarta Imbau Ini ke Perusahaan

Kesehatan

Ini Langkah Pemprov DKI Cegah Penyebaran Virus Corona

Pasca ditetapkannya dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif Virus Corona dan menderita penyakit COVID-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta langsung melakukan gerak cepat untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Salah satu diantaranya dengan membuka posko call center di nomor 112, 119, atau 0813-8837-6955 di bawah kendali Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta. Posko call center yang dibuka sejak 27 Januari 2020 telah menerima panggilan telepon sebanyak 2.689 terkait Corona. Kebanyakan, para penelepon berasal dari luar Jakarta.

[Baca Juga: Dinkes DKI Buka Layanan Telepon Terkait Virus Corona]

"Penelepon kami itu ada yang benar-benar warga DKI, sebagian besar dari luar DKI, bahkan dari luar negeri. Penelepon itu bermacam-macam, pertama, terkait dengan apa yang ditanyakan, mulai dari gejalanya seperti apa yang terkait dengan COVID-nya itu sendiri sampai dengan kalau sakit harus ke mana," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti di Balaikota DKI Jakarta.

Tidak hanya meluncurkan posko call center, Dinkes Provinsi DKI kata Widyastuti juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait kegiatan penyelidikan epidemologi. Hal tersebut untuk memastikan kasus terkonfirmasi atau kasus dalam pemantauan dan pengawasan.

Ini Langkah Pemprov DKI Cegah Penyebaran Virus Corona

Widyastuti menyebut, pihaknya juga telah menambah jumlah petugas di posko Dinkes Provinsi DKI Jakarta seiring berkembangnya jumlah kasus yang harus diawasi.

“Dengan berkembangnya jumlah kasus yang harus diawasi tentu dibutuhkan pembekalan bagi petugas di posko yang lebih banyak lagi. Tim mendapatkan penguatan tim baru dari berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah),” jelasnya.

Begitu pun dengan pihak berwajib, Dinkes Provinsi DKI Jakarta juga telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait proses perizinan penyelenggaraan acara-acara yang sifatnya kepariwisataan dan juga seputar pemantauan penjualan masker.

Ini Langkah Pemprov DKI Cegah Penyebaran Virus Corona

“Begitu pula dengan masker, kita tahu bahwa Polda sudah membentuk Tim Satgas Masker. Kami akan terus berkoordinasi,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Widyastuti juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak cemas berlebihan menghadapi Virus Corona. Sebab, seseorang yang terkena paparan Virus Corona bisa sembuh dengan penanganan yang baik oleh petugas kesehatan.

[Baca Juga: Perlukah Formula E Digelar ditengah Wabah Corona?]

"Kita tahu bahwa ini bisa sembuh. Tentu diberikan edukasi, saat ini tentu diproses untuk disiapkan media komunikasinya dengan baik sehingga masyarakat tidak terlalu gelisah dan panik," ujar Widyastuti.

Hingga Kamis, 5 Maret 2020 siang, total sebanyak 121 orang yang sebelumnya dalam pemantauan sudah dinyatakan sehat sepenuhnya dan diperbolehkan pulang. Sementara, 145 orang lainnya masih dalam pemantauan Dinkes Provinsi DKI Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.