Ini Lokasi 6 Pos Pengaduan KDRT di RPTRA Jakarta Barat

Berita Kawasan

Ini Lokasi 6 Pos Pengaduan KDRT di RPTRA Jakarta Barat

Pemerintah Kota Jakarta (Pemkot) Jakarta Barat saat ini telah mengambil sejumlah langkah untuk menekan kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT yang biasa menimpa perempuan dan anak-anak. Salah satunya adalah melalui keberadaan pos pengaduan terhadap kasus kekerasan pada perempuan dan anak. Sejauh ini di wilayah Jakarta Barat, terhitung sudah ada enam pos pengaduan tersebut yang berada di area Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Menurut Pemkot Jakarta Barat, melalui Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Perlindungan Penduduk (Sudin PPAPP), enam pos pengaduan itu bukan hanya melayani penanganan kasus KDRT saja. Tapi perundungan atau bully serta pelecehan terhadap perempuan dan anak juga siap mereka bantu tangani.

Ini Lokasi 6 Pos Pengaduan KDRT di RPTRA Jakarta Barat

Sebagaimana dilansir dari barat.jakarta.go.id (24/9/2019) Kepala Sudin PPAPP Jakarta Barat Unas Affandi memaparkan, enam pos pengaduan itu berada di RPTRA Kalijodo, RPTRA Duri Kosambi, RPTRA Ceria Cengkareng Barat, RPTRA Alur Kemuding Tegal Alur, RPTRA Kembangan Utara, dan RPTRA Jatipulo. Di mana pada setiap pos pengaduan ini terdapat petugas yang memiliki fungsinya masing-masing. Dari mulai bagian konseling hingga pendampingan hukum untuk korban.

[Baca Juga: Jakarta Selatan Gelar Sosialisasi Cegah Kekerasan Perempuan & Anak]

Unas menyebut, pada umumnya, enam pos pengaduan ini beroperasi setiap hari pada jam kerja. Namun ia menegaskan, pihak Sudin PPAPP siap menangani laporan pengaduan kapan saja. “Kami melayani bila ada pengaduan yang terbuka selama 24 jam,” ucapnya. Pasalnya, Dinas PPAPP memang membuka call center 112 yang aktif setiap saat untuk menerima laporan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Ibu Kota.

Di wilayah Jakarta Barat sendiri, PPAPP tidak bekerja sendiri dalam proses penanganan pengaduan kekerasan. Mengingat mereka juga turut menggandeng kepolisian, Komnas Anak dan Perempuan, serta Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Selain dari segi bantuan hukum, melalui pos pengaduan ini, Sudin PPAPP Jakarta Barat juga turut mengajak keterlibatan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dalam membantu proses pengecekan kesehatan. “Bila ada kekerasan fisik, kami koordinasi dengan bagian kesehatan serta kepolisian untuk keperluan visum,” tutur Unas.

[Baca Juga: Nikmati RPTRA Bahari dengan Fasilitas untuk Berbagai Kalangan]

Di sisi lain, Unas menjelaskan, dalam proses preventif kekerasan terhadap anak dan perempuan, pihaknya juga melakukan sosialisasi. Untuk pencegahan kasus kekerasan anak, sejauh ini Sudin PPAPP Jakarta Barat mengadakan sosialisasi secara bertahap di 482 sekolah.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.