Ini Lokasi Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampa h.jpg

Berita Kawasan

Ini Lokasi Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampah

Sejak empat tahun yang lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya menekan volume sampah yang dibuang ke TPST Bantargebang dengan merencanakan pembangunan pusat pemilahan sampah serta daur ulang. Baru-baru ini akhirnya rencana tersebut hampir terealisasikan sepenuhnya melalui Jakarta Recycling Center yang juga memiliki sebutan Pusat edukasi Jakarta Sadar Sampah. Fasilitas pemilahan sampah itu berada di kawasan Pesanggrahan Jakarta Selatan dan pada pekan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang langsung untuk melihatnya.

Fasilitas yang memiliki singkatan JRC ini sebenarnya merupakan bagian dari kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Japan International Cooperation Agency atau JICA yang tertuang dalam Minutes of Meeting (MoM). Setelah itu barulah terbentuk Project Design Matrix yang dikerjakan oleh Dinas Lingkungah Hidup DKI Jakarta, Pemerintah Kota Osaki di Prefektur Kagoshima Jepang dan SRC.

Ini Lokasi Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampah.jpg

Setelah proses pembangunannya rampung nanti, Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampah ini hadir dengan berbagai fasilitas. Dari mulai fasilitas pemilahan sampah di sumber, pengelolaan sampah B3 Rumah tangga, TPS 3R, Pusat Daur Ulang, Biokonversi Maggot BSF, sampai komposting ada di sini. Pada kunjungannya di 5 Oktober 2022 kemarin, Anies melihat langsung JRC dan memandangnya sesuai dengan keinginannya dalam menggandeng warga Ibu Kota membantu memilah sampah sebelum dibuang.

“Ketika mendengar kata sampah, maka asosiasinya adalah tanpa guna. Sekarang kita mengedepankan sebuah model pengolahan sampah terpadu untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA. Model ini memang paradigma baru, karena ada peran masyarakat partisipasi dalam memulai dari pemilahan sampah. Kemudian, ada perubahan mekanisme pengangkutan sampah yang sudah terpilah dan terjadwal. Lalu, ada proses daur ulang sampah," ujarnya, sebagaimana dikutip dari rilis yang diunggah di laman PPID.Jakarta.go.id (5/10/2022).

[Baca Juga: Aplikasi Naraya, Aplikasi Pilah Sampah dari Yayasan Sosial Rahardja]

Proses pemilahan sampah yang dulu dicanangkan di tahun 2021 yang disertai pelatihan internal disebut berhasil menekan volume sampah sekitar 60 sampai 70 persen ke TPST Bantargebang dan sekarang telah diterapkan di 1.369 RW yang ada di Ibu Kota dengan sekitar 13 persen dari total rumah tangga di sana yang konsisten dengan pemilahan sampah. Oleh karena itulah, Anies menaruh harapannya terhadap rampungnya JRC ini agar bisa sepenuhnya menjadi lokasi Pusat Edukasi Jakarta Sadar Sampah.

“Kami berharap ini bisa dituntaskan fasilitas yang sekarang sedang dibangun di Pesanggrahan ini. Harapannya, nanti bulan Desember sudah bisa selesai. Dengan begitu, kondisi yang kita lihat seperti tempat ini, nantinya akan bisa kita saksikan di seluruh Jakarta," tambah Gubernur DKI Jakarta itu.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.