PIK_KESEHATAN_INI MAKANAN-MINUMAN YANG HARUS DI HINDARI UNTUK PENDERITA DIABETES_EMIL_1100 X 600 px --01.jpg

Kesehatan

Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Berdasarkan penjelasan dari laman resmi RS PIK di Pantai Indah Kapuk Jakarta, Diabetes Millitus atau kencing manis merupakan penyakit di mana kadar gula dalam darah meningkat karena terganggunya hormon insulin. Gangguan kesehatan ini disebut bisa menimpa siapa saja yang keluarganya memiliki riwayat penderita diabetes dan acap kali perlu berobat rutin ke dokter karena hal tersebut. Apakah Anda salah satunya?

Bila Anda memang penderita diabetes maka Anda perlu melakukan beragam hal agar tidak memperparah kondisi ini. Salah satunya caranya adalah melalui menjaga pola makan Anda sehari-hari. Untuk mempermudah mengetahui makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari penderita diabetes, artikel ini akan mengulas hal tersebut sebagaimana dilansir dari healthline.com.

  • Minuman Ringan Manis

Minuman jenis ini adalah pantangan terbesar para penderita diabetes. Minuman ringan yang manis diklaim memiliki karbohidrat yang tinggi. Dari satu kaleng minuman ringan bersoda terhitung ada 38 gram karbohidrat. Selain itu minuman favorit banyak orang yaitu es teh manis, pada umumnya memiliki 36 gram karbohidrat.

Dengan semakin meningkatnya asupan karbohidrat ini, maka tingkat gula dalam darah pun dapat berada di posisi yang berbahaya untuk para penderita diabetes. Selain itu, minuman ringan manis juga memiliki kandungan fruktosa yang diketahui dapat memicu resistensi tubuh terhadap insulin.

  • Roti Putih, Nasi dan Pasta

Ketiga jenis makanan ini termasuk ke dalam makanan yang telah diproses dan diketahui memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi. Selain itu masalah utama dalam roti, nasi dan pasta adalah sedikitnya kandungan serat atau fiber yang berfungsi memperlambat penyerapan gula ke aliran darah. Jadi ada baiknya bila Anda menyukai konsumsi roti putih, Anda menggantinya dengan jenis roti yang memiliki kandungan banyak serat yang disinyalir dapat mengurangi tingkat gula darah bagi para penderita diabetes.

PIK_KESEHATAN_INI MAKANAN-MINUMAN YANG HARUS DI HINDARI UNTUK PENDERITA DIABETES_EMIL_1100 X 600 px --02.jpg

  • Buah yang Dikeringkan

Buah sebenarnya memiliki kandungan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Namun ketika melalui proses pengeringan, buah tersebut mengalami kondisi hilangnya kandungan air dan meningkatnya konsenstrasi vitamin, mineral dan gulanya. Sebagai contohnya, dalam satu cangkir anggur terhitung ada 27 gram karbohidrat dan 1 gram serat. Namun ketika sudah menjadi kismis, satu cangkirnya terhitung ada 115 gram karbohidrat dan hanya tersisa sedikit kandungan seratnya.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes. Namun bila Anda membutuhkan informasi lainnya seperti jenis olahraga atau obat yang harus dikonsumsi, Anda bisa datang ke Klinik Edukasi Diabetes yang berada di RS PIK yang berlokasi di Jalan Pantai Indah Utara, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara.


Read More

Artikel Lainnya

Bubur India

Kuliner

Bubur India, Menu Khas Ramadan Masjid Jami Pekojan Semarang

20 April 2021, 18:06

Tradisi menyuguhkan takjil Bubur India ini sudah ada lebih dari 100 tahun lalu. Saat itu pedagang dari Gujarat, India, dan Pakistan datang dan menetap di jalan Petolongan.

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan 5.jpg

Kuliner

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan

20 April 2021, 17:00

Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.


Comments


Please Login to leave a comment.