PIK_KESEHATAN_INI MAKANAN-MINUMAN YANG HARUS DI HINDARI UNTUK PENDERITA DIABETES_EMIL_1100 X 600 px --01.jpg

Kesehatan

Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Berdasarkan penjelasan dari laman resmi RS PIK di Pantai Indah Kapuk Jakarta, Diabetes Millitus atau kencing manis merupakan penyakit di mana kadar gula dalam darah meningkat karena terganggunya hormon insulin. Gangguan kesehatan ini disebut bisa menimpa siapa saja yang keluarganya memiliki riwayat penderita diabetes dan acap kali perlu berobat rutin ke dokter karena hal tersebut. Apakah Anda salah satunya?

Bila Anda memang penderita diabetes maka Anda perlu melakukan beragam hal agar tidak memperparah kondisi ini. Salah satunya caranya adalah melalui menjaga pola makan Anda sehari-hari. Untuk mempermudah mengetahui makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari penderita diabetes, artikel ini akan mengulas hal tersebut sebagaimana dilansir dari healthline.com.

  • Minuman Ringan Manis

Minuman jenis ini adalah pantangan terbesar para penderita diabetes. Minuman ringan yang manis diklaim memiliki karbohidrat yang tinggi. Dari satu kaleng minuman ringan bersoda terhitung ada 38 gram karbohidrat. Selain itu minuman favorit banyak orang yaitu es teh manis, pada umumnya memiliki 36 gram karbohidrat.

Dengan semakin meningkatnya asupan karbohidrat ini, maka tingkat gula dalam darah pun dapat berada di posisi yang berbahaya untuk para penderita diabetes. Selain itu, minuman ringan manis juga memiliki kandungan fruktosa yang diketahui dapat memicu resistensi tubuh terhadap insulin.

  • Roti Putih, Nasi dan Pasta

Ketiga jenis makanan ini termasuk ke dalam makanan yang telah diproses dan diketahui memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi. Selain itu masalah utama dalam roti, nasi dan pasta adalah sedikitnya kandungan serat atau fiber yang berfungsi memperlambat penyerapan gula ke aliran darah. Jadi ada baiknya bila Anda menyukai konsumsi roti putih, Anda menggantinya dengan jenis roti yang memiliki kandungan banyak serat yang disinyalir dapat mengurangi tingkat gula darah bagi para penderita diabetes.

PIK_KESEHATAN_INI MAKANAN-MINUMAN YANG HARUS DI HINDARI UNTUK PENDERITA DIABETES_EMIL_1100 X 600 px --02.jpg

  • Buah yang Dikeringkan

Buah sebenarnya memiliki kandungan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Namun ketika melalui proses pengeringan, buah tersebut mengalami kondisi hilangnya kandungan air dan meningkatnya konsenstrasi vitamin, mineral dan gulanya. Sebagai contohnya, dalam satu cangkir anggur terhitung ada 27 gram karbohidrat dan 1 gram serat. Namun ketika sudah menjadi kismis, satu cangkirnya terhitung ada 115 gram karbohidrat dan hanya tersisa sedikit kandungan seratnya.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes. Namun bila Anda membutuhkan informasi lainnya seperti jenis olahraga atau obat yang harus dikonsumsi, Anda bisa datang ke Klinik Edukasi Diabetes yang berada di RS PIK yang berlokasi di Jalan Pantai Indah Utara, Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara.


Read More

Artikel Lainnya

filkop.jpg

Kuliner

Ngopi Tenang dan Nyaman, Filosofi Kopi Kini Hadir di Bandung

23 October 2021, 09:08

Filosofi Kopi memang dirintis untuk memberdayakan kopi Nusantara yang luar biasa, sehingga dalam penyajiannya Filosofi Kopi menggunakan biji-biji kopi asli Indonesia.

Abu Kautsar 2.jpg

Pendidikan

Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar di Tengah Kesejukan Pegunungan

23 October 2021, 08:07

Pondok Pesantren yang berada di Kaki Gunung Van der Man ini menjadi satu di antara tiga Lembaga Pendidikan Islam yang berada di sekitar gunung di Kota Batu.

Basecamp Arjuno  2.jpg

Hobi dan Hiburan

Opsi Jalur Pendakian Cangar, Kunjungi Dulu Basecamp Arjuno-Welirang

22 October 2021, 06:04

Jalur Cangar untuk menuju puncak Gunung Arjuno menjadi salah satu spot yang banyak diminati oleh pendaki.

Jamur 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Bekas Pabrik Jamur di Sumber Brantas Jadi Spot Foto Instagramable

22 October 2021, 20:04

Seperti sebuah lukisan urban tentang kota yang ditinggalkan penduduknya, bangunan pabrik jamur yang berbentuk kubah itu berbaris secara seri.


Comments


Please Login to leave a comment.