Ini Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kesehatan

Ini Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan yang dikonsumsi wanita hamil harus diperhatikan. Apa saja yang boleh dimakan atau makanan apa saja yang harus dihindari selama masa kehamilan. Wanita hamil yang mengonsumsi makanan sehat akan membuat bayi dalam kandungannya juga sehat dan saat melahirkan pun demikian. Berikut ulasan makanan sehat untuk wanita hamil.

Ini Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

  • Produk Susu

Selama kehamilan, Anda perlu mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang berkembang. Produk susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi: kasein dan whey. Susu adalah sumber kalsium makanan terbaik, dan menyediakan fosfor dalam jumlah tinggi, berbagai vitamin B, magnesium, dan zinc. Yogurt, terutama yogurt Yunani, sangat bermanfaat bagi wanita hamil. Yogurt lebih banyak mengandung kalsium daripada kebanyakan produk susu lainnya.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber nabati yang sangat baik yang terkandung di dalamnya serat, protein, zat besi, folat (B9) dan kalsium. Selama kehamilan lebih banyak membutuhkan kandungan tersebut. Folat adalah salah satu vitamin B (B9). Ini sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin, terutama selama trimester pertama. Asupan folat yang tidak cukup juga dapat menyebabkan anak Anda menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit di kemudian hari.

  • Ubi

Ubi jalar sangat kaya akan beta-karoten, senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh Anda. Vitamin A sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat.

Namun, wanita hamil juga disarankan untuk menghindari sumber vitamin A berbasis hewani yang sangat tinggi, yang dapat menyebabkan keracunan jika dimakan berlebihan.

  • Avokad

Avokad atau alpukat adalah buah yang tidak biasa karena mengandung banyak asam lemak serta memiliki serat yang tinggi, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E dan vitamin C. Karena kandungan lemak sehat, folat, dan potasium yang tinggi, avokad adalah pilihan tepat bagi wanita hamil. Lemak sehat membantu membangun kulit, otak, dan jaringan janin Anda. Kalium dapat membantu meringankan kram kaki, efek samping kehamilan bagi beberapa wanita. Faktanya, avokad mengandung lebih banyak potasium daripada pisang.

  • Air

Selama kehamilan, volume darah meningkat hingga 1,5 liter atau sekitar 50 ons. Oleh sebab itu, wanita hamil perlu banyak minum air mineral agar tidak mengalami dehidrasi. Minum air mineral dapat membantu Anda meringankan sembelit dan mengurangi risiko infeksi saluran kemih, yang umum terjadi selama kehamilan.Minumlah air ketika Anda haus dan minumlah sampai hilang rasa hausnya.

[Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil]

Itulah lima makanan yang baik untuk wanita hamil. Sebaiknya dikonsumsi selama masa kehamilan Anda.

[Baca Juga: Kenali Kelainan Trisomi 18 Bagi Ibu Hamil]


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.