Ini Manfaat Bougenville untuk Kesehatan

Kesehatan

Ini Manfaat Bougenville untuk Kesehatan

Bougenville saat ini banyak menjadi buah bibir usai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menanam ratusan ribu tanaman ini untuk membantu mengurangi polusi di udara Ibu Kota. Selain itu, tanaman bougenville juga kerap dijadikan penghias rumah karena warna bunganya yang indah dengan perawatan yang tidak terlalu susah. Namun tahukah Anda bahwa tanaman bougenville, khususnya pada bagian bunganya, memiliki manfaat untuk kesehatan?

Bila berbicara mengenai manfaat dari bunga bougenville, Anda perlu mengetahui bunga yang dimaksud adalah bunga putih berukuran kecil di tengah kelopaknya. Jadi kelopak warna-warni yang memiliki tekstur tipis layaknya kertas yang ada pada tanaman bougenville tidak termasuk.

Ini Manfaat Bougenville untuk Kesehatan

Bunga bougenville berukuran kecil itu disebut memang kerap digunakan sebagai minuman tradisional untuk kesehatan di Meksiko semenjak dulu. Mereka biasanya merebus air bersama bunganya dan mengonsumsinya. Ada juga yang memilih mengeringkan bunga serta kelopaknya dan diseduh dengan air panas layaknya teh.

[Baca Juga: Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville]

Sebagaimana dilansir dari drhealthbenefits.com (19/8/2019), manfaat dari bunga bougenville sebenarnya berasal dari komponen fitokimia yang terdiri dari bougainvinones A – H, pinitol, sianin beta, flavonodi, dan alkaloid. Kandungan inilah yang membuat bunga bougenville dijadikan sebagai minuman tradisional untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnnya? Berikut ini manfaat kesehatan yang didapatkan dari konsumsi bunga bougenville:

  • Mengobati batuk
  • Meredakan sakit tenggorokan
  • Meredakan demam
  • Membantu sistem pernapasan
  • Detoksifikasi tubuh
  • Meredakan diare
  • Membantu menyembuhkan sakit perut atau mulas
  • Bermanfaat untuk mencegah jerawat dengan infused water dari bunga bougenville
  • Meringankan nyeri pada sendi

[Baca Juga: Tips Menanam Bougenville di Rumah]

Untuk merasakan manfaat dari bunga bougenville, Anda bisa mengonsumsinya dengan mempersiapkan bahan-bahannya. Pertama siapkan satu cangkir bunga bougenville yang masih segar, seperti yang dijelaskan di atas, bunganya yang berukuran kecil dan berwarna putih. Kemudian, bahan selanjutnya adalah dua gelas air, sepertiga batang kayu manis, dan satu sendok makan madu.

Langkah berikutnya adalah merebus air tersebut dengan kayu manis tersebut selama dua menit. Sekadar informasi, kayu manis di sini berfungsi untuk menambah aroma harum sekaligus sebagai antioksidan. Kemudian masukkan bunga bougenville ke dalam air rebusan tersebut dan lanjutkan proses perebusannya selama dua menit.

Setelah proses perebusan selesai, pisahkan bunga serta kayu manisnya dan tuangkan airnya ke gelas. Untuk meningkatkan efeknya untuk kesehatan sekaligus menambah rasa manis, masukkan madu ke dalam cangkir dan aduk dengan air rebusan bunga bougenville tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.