Ini Manfaat Bougenville untuk Kesehatan

Kesehatan

Ini Manfaat Bougenville untuk Kesehatan

Bougenville saat ini banyak menjadi buah bibir usai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menanam ratusan ribu tanaman ini untuk membantu mengurangi polusi di udara Ibu Kota. Selain itu, tanaman bougenville juga kerap dijadikan penghias rumah karena warna bunganya yang indah dengan perawatan yang tidak terlalu susah. Namun tahukah Anda bahwa tanaman bougenville, khususnya pada bagian bunganya, memiliki manfaat untuk kesehatan?

Bila berbicara mengenai manfaat dari bunga bougenville, Anda perlu mengetahui bunga yang dimaksud adalah bunga putih berukuran kecil di tengah kelopaknya. Jadi kelopak warna-warni yang memiliki tekstur tipis layaknya kertas yang ada pada tanaman bougenville tidak termasuk.

Ini Manfaat Bougenville untuk Kesehatan

Bunga bougenville berukuran kecil itu disebut memang kerap digunakan sebagai minuman tradisional untuk kesehatan di Meksiko semenjak dulu. Mereka biasanya merebus air bersama bunganya dan mengonsumsinya. Ada juga yang memilih mengeringkan bunga serta kelopaknya dan diseduh dengan air panas layaknya teh.

[Baca Juga: Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville]

Sebagaimana dilansir dari drhealthbenefits.com (19/8/2019), manfaat dari bunga bougenville sebenarnya berasal dari komponen fitokimia yang terdiri dari bougainvinones A – H, pinitol, sianin beta, flavonodi, dan alkaloid. Kandungan inilah yang membuat bunga bougenville dijadikan sebagai minuman tradisional untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnnya? Berikut ini manfaat kesehatan yang didapatkan dari konsumsi bunga bougenville:

  • Mengobati batuk
  • Meredakan sakit tenggorokan
  • Meredakan demam
  • Membantu sistem pernapasan
  • Detoksifikasi tubuh
  • Meredakan diare
  • Membantu menyembuhkan sakit perut atau mulas
  • Bermanfaat untuk mencegah jerawat dengan infused water dari bunga bougenville
  • Meringankan nyeri pada sendi

[Baca Juga: Tips Menanam Bougenville di Rumah]

Untuk merasakan manfaat dari bunga bougenville, Anda bisa mengonsumsinya dengan mempersiapkan bahan-bahannya. Pertama siapkan satu cangkir bunga bougenville yang masih segar, seperti yang dijelaskan di atas, bunganya yang berukuran kecil dan berwarna putih. Kemudian, bahan selanjutnya adalah dua gelas air, sepertiga batang kayu manis, dan satu sendok makan madu.

Langkah berikutnya adalah merebus air tersebut dengan kayu manis tersebut selama dua menit. Sekadar informasi, kayu manis di sini berfungsi untuk menambah aroma harum sekaligus sebagai antioksidan. Kemudian masukkan bunga bougenville ke dalam air rebusan tersebut dan lanjutkan proses perebusannya selama dua menit.

Setelah proses perebusan selesai, pisahkan bunga serta kayu manisnya dan tuangkan airnya ke gelas. Untuk meningkatkan efeknya untuk kesehatan sekaligus menambah rasa manis, masukkan madu ke dalam cangkir dan aduk dengan air rebusan bunga bougenville tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.