Manfaat Bunga Safron Untuk Kesehatan

Kesehatan

Ini Manfaat Bunga Safron Untuk Kesehatan

Tanaman hias bunga Safron salah satu jenis rempah termahal di dunia karena manfaatnya berlimpah. Bunga Safron asalnya dari bunga Crocus Sativus yang dalam bahasa Arab disebut Za’faran. Safron sering mendapat julukan Vegetable Gold (Sayuran Emas), Spice Queen (Ratunya Rempah), dan masih banyak julukan yang lain untuk tanaman hias bunga ini. Setiap bunga Crocus ini mempunyai tiga kepala putik atau biasa disebut stigma. Bagian tangkai putik, tangkai yang menghubungkan antara kepala putik dan bagian dalam bunga ini yang disebut Saffron Crocus. Sebelum dikemas atau dipakai bagian tangkai ini pada umumnya dikeringkan terlebih dulu.

Manfaat Bunga Safron Untuk Kesehatan

Bunga ini dapat dikatakan Istimewa sebab secara fisik bunganya, bunga ini termasuk bunga yang mempunyai penampilan indah dan enak dipandang. Secara manfaat bunganya, bunga ini termasuk yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu bunga Safron Crocus begitu mahal. Dapat dikatakan rempah termahal di dunia dan banyak dicari, karena bunga ini banyak sekali manfaatnya dan itu telah menjadi rahasia umum.

[Baca Juga: 4 Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Alami]

Manfaat bunga safron untuk kesehatan. Safron Crocus mempunyai banyak kandungan zat yang bersifat Antikarsinogenik, Antioksidan yang berfungsi menetralisir radikal bebas berbahaya penyebab kanker, dan Antimutagenik yang berfungsi mencegah mutasi gen. Saffron Crocus mengandung beragam nutrisi seperti serat, protein, vitamin A (karotene), B, dan C, selenium, kalium, magnesium, zinc, natrium, fosofor dan asam folat.

Safron Crocus mempunyai khasiat yang bisa mencegah penyakit-penyakit yang berkaitan dengan syaraf seperti Parkinson dan Alzheimer. Manfaat lainnya yaitu menjaga fungsi organ-organ dalam tubuh, menjaga kelancaran aliran dan tekanan darah dan kolesterol, menaikkan stamina, mengobati sembelit, menaikkan kesehatan mata, menaikkan hormon kesuburan, mengobati depresi, mengurangi risiko penyakit jantung, melancarkan haid, dan menambah kemampuan ingat.

[Baca Juga: Kayu Manis Bisa Atasi Warna Kulit yang Tidak Rata]

Mengkonsumsi safron dapat mencegah penyakit yang mengerikan seperti kanker, dikutip dari pakar ahli dan literatur Hasegawa, JH, Kurumboor, SK& Nair, SC dalamSaffron chemoprevention in biology and medicine: a review Cancer Biotherapy (1995). Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian menggunakan tabung reaksi. Safron dan senyawanya telah terbukti mampu untuk membunuh sel-sel kanker usus besar secara selektif atau menekan pertumbuhannya, sementara sel-sel normal dibiarkan tidak terluka.

Tentunya bukan hanya dengan bunga safron saja, tetapi didukung dengan asupan makanan yang baik dan serta gaya atau pola hidup yang baik juga.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.