Ini Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Ini Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh

Yoga merupakan pelatihan yang sedang digemari orang-orang yang aktif melakukan gaya hidup sehat. Yoga merupakan olah raga dan jiwa yang berasal dari India, kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan pikiran dan tubuh dengan membangun kekuatan, kesadaran, dan harmoni. Aktivitas ini disukai digemari karena bisa memperbaiki postur tubuh dan memiliki manfaat untuk kesehatan.

Merangkum dari boldsky.com (21/6/2019) dalam rangka Hari Yoga Internasional yang dirayakan setiap 21 Juni, berikut beberapa manfaat yoga untuk kesehatan jika dilakukan rutin.

1. Menyehatkan Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa yoga dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kemungkinan penyakit jantung. Orang yang berusia di atas 40 tahun dan berlatih yoga selama lima tahun berhasil mengurangi tekanan darah dan denyut nadi dibandingkan dengan orang yang tidak berlatih yoga.

[Baca Juga: Beberapa Penyakit Ini Bisa Disembuhkan Dengan Yoga]

2. Membangun Kekuatan Tubuh

Berlatih yoga setiap hari dapat membangun kekuatan tulang dan otot. Sebuah penelitian yang diterbitkan Asian Journal of Sports Medicine menunjukkan, yoga mampu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas, mempromosikan penurunan berat badan, dan daya tahan tubuh.

3. Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan.

Manfaat lain dari yoga adalah meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Studi lain menemukan, berlatih yoga juga dapat membantu meningkatkan mobilitas dan keseimbangan pada orang dewasa hingga lansia.

4. Mendukung Kesehatan Sendi

Latihan yoga secara teratur juga dapat menurunkan nyeri sendi. Hal ini bisa terjadi karena yoga bisa memperkuat otot-otot di sekitar sendi dan mengurangi rasa sakit. Sebuah penelitian menunjukkan, berlatih yoga selama delapan minggu dapat mengurangi keparahan gejala fisik dan psikologis pada pasien dengan rheumatoid arthritis.

[Baca Juga: Tetap Bugar dengan Pilihan Studio Yoga di Sekitar Bintaro Plaza]

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Melakukan yoga secara intens dapat membantu Anda membakar banyak kalori dalam tubuh, sehingga berfungsi secara efektif menurunkan berat badan.

6. Kualitas Tidur Semakin Baik

Bagi Anda yang mengidap insomnia, yoga merupakan pilihan yang tepat agar Anda lebih mudah tidur. Penelitian telah membuktikan, yoga dapat meningkatkan kualitas tidur. Orang yang berlatih yoga setiap hari dapat tertidur lebih cepat dan lebih lama. Hal ini terjadi karena yoga membantu meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur otak untuk tidur dan bangun.

7. Meningkatkan Kualitas Hidup

Berlatih yoga dapat meningkatkan kualitas hidup serta mengurangi kemurungan atau perasaan sedih yang disebabkan oleh mood memburuk mau pun kelelahan.

Itulah manfaat yoga untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan jika dilakukan secara rutin.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.