Ini Momen Sejarah yang Menginspirasi Film Midway

Berita Kawasan

Ini Momen Sejarah yang Menginspirasi Film Midway

Sejak tahun 2017, Roland Emmerich mengumumkan akan membuat film Perang Dunia II. Di mana latar belakang plot ceritanya akan menunjukkan momen-momen yang mendorong Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia II, khususnya di Teater Pasifik. Ia pun memilih tiga momen sejarah yang membentang di periode tahun 1941-1942 dalam filmnya yang berjudul Midway. Berikut ini momen-momen sejarah tersebut.

[Baca Juga: Ulasan Film Maleficent: Mudah Ditebak, Seperti Film Disney Umumnya]

Ini Momen Sejarah yang Menginspirasi Film Midway Penyerangan Pearl Harbour

1) Penyerangan Pearl Harbour (Desember 1941)

Di Midway, pada awalnya beberapa karakter dalam film membicarakan mengenai kunjungan ke Pangkalan Angkatan Laut Pearl Harbour yang ternyata bertepatan dengan serangan dari Angkatan Udara Kekaisaran Jepang. Scene ini menggambarkan momen sejarah Perang Dunia II yang terjadi pada 7 November 1941. Dengan militer Kekaisaran Jepang yang menyebutnya sebagai Operasi Hawai dan Operasi AI.

Serangan itu terjadi ketika Amerika Serikat masih berstatus sebagai negara yang netral di Perang Dunia II. Namun akibat ketegangan antara Pemerintah Amerika Serikat dan Kekaisaran Jepang yang dipicu embargo bahan bakar serta berbagai suku cadang mesin oleh Negeri Paman Sam, Jepang pun merencanakan serangan. Hal ini juga dilakukan guna mencegah Amerika Serikat menghalang usaha Jepang mengokupasi wilayah Asia Tenggara.

Serangan itu pun dilaksanakan pada pukul 07.48 waktu Hawaii dengan 353 pesawat Angkatan udara Kekaisaran Jepang yang menghantam Pangkalan Laut Pearl Harbour. Akibat serangan Pearl Harbour, empat kapal perang, tiga kapal penjelajah, tiga kapal perusak, dan satu kapal minelayer milik Amerika Serikat hancur. Selain itu, 2.403 warga Amerika Serikat tewas dengan 1.178 lainnya mengalami luka-luka. Momen inilah yang memicu Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia II.

Ini Momen Sejarah yang Menginspirasi Film Midway Penyerbuan Doolittle

2) Penyerbuan Doolittle (1942)

Pada film Midway, ada scene yang memperlihatkan Aaron Eckhart sebagai Letnan Kolonel James ‘Jimmy’ Doolittle tengah mempersiapkan timnya untuk bersiap melakukan serangan udara di Kota Tokyo, Jepang. Dalam sejarah Perang Dunia II, ini merupakan momen pembalasan Amerika Serikat usai Pearl Harbour diserang Angkatan Udara Kekaisaran Jepang.

Serangan ini dipimpin oleh James Doolittle sehingga nama dari operasi tersebut diambil dari nama belakangnya. Serangan Doolitle dilakukan pada 18 April 1942 dengan Angkatan Udara Amerika Serikat mengirimkan 16 pesawat pembom jenis B-25B Mitchell untuk menggempur area Kepulauan Honshu dengan target utamanya adalah Kota Tokyo. Serangan ini menyebabkan meninggalnya 50 orang dan melukai 400 lainnya.

Ini Momen Sejarah yang Menginspirasi Film Midway Pertempuran Midway

3) Pertempuran Midway (1942)

Sesuai dengan judulnya, plot utama sekaligus final dari film Midway adalah untuk menggambarkan sejarah Pertempuran Midway yang melibatkan Armada Pasifik militer Amerika Serikat dengan Armada Gabungan militer Kekaisaran Jepang. Pertempuran Midway dipandang sebagai momen penting dalam Teater Pasifik karena dipandang para sejarawan sebagai perang angkatan laut yang paling berpengaruh dalam sejarah dunia.

Pertempuran Midway terjadi 4-7 Juni 1942 yang diawali dengan operasi militer Jepang untuk melumpuhkan kemampuan militer Amerika Serikat di kawasan Pearl Harbour. Dengan pandangan akan sukses layaknya Pearl Harbour, militer Jepang berniat ingin membuat jebakan kapal induk Amerika Serikat dan mengokupasi area Atol Midway yang kala itu berdiri pangkalan militer Negeri Paman Sam.

Namun rencana militer Jepang itu gagal setelah kriptografer Amerika Serikat berhasil mengungkapkan kode-kode yang mereka sadap dari militer Jepang. Dari sini, Angkatan Laut Amerika Serikat bisa memprediksi serangan itu dan terjadilah Pertempuran Midway yang melibatkan empat kapal induk Jepang dan tiga kapal induk Amerika Serikat.

Pertempuran ini berakhir dengan tenggelamnya kapal induk Akagi, Kaga, Soryu, dan Hiryu serta satu kapal penjelajah berat Mikuma milik Jepang. Dengan Amerika Serikat yang kehilangan satu kapal induk Yorktow dan kapal perusak Hammann. Pertempuran Midway pun berakhir dengan Jepang yang mundur dari kawasan atol tersebut dan memicu semakin berkurangnya cengkeraman mereka di Teater Pasifik.

[Baca Juga: Ulasan Film Hustlers: Ketika Maskulinitas Buat Korban Malu Laporkan Kejahatan]

Itulah tiga momen sejarah yang menjadi inspirasi utama dari film Midway karya Roland Emmerich. Bila Anda penggemar sejarah dunia atau film perang, Anda sudah bisa menyaksikan film Midway saat ini yang tengah ditayangkan di sejumlah bioskop di Jabodetabek.

Read More

Artikel Lainnya

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

Pendidikan

180 Guru di Depok, Ikuti Workshop Inovasi Pendidikan

15 December 2019, 16:00

Workshop Inovasi Pendidikan bertujuan ingin menyamakan persepsi tentang perbedaan karakteristik pembelajaran terhadap peserta didik.

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

Berita Kawasan

Dulu Kumuh, Sekarang Berubah Jadi Taman Utan Jati

15 December 2019, 15:00

Banyak fasilitas umum gratis disediakan di Taman Utan Jati. Warga setempat bisa menikmatinya kapan pun secara gratis.

Review Knives Out Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

Berita Kawasan

Review Knives Out: Penampilan Segar Chris Evans Usai Avengers End Game

15 December 2019, 14:00

Bukan hanya jual nama artis-artis besar, film Knives Out juga menghibur dengan plot yang sudah jarang ditemui. Inilah pilihan terbaik film akhir tahun untuk Anda.

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

Properti dan Solusi

Synthesis Kemang Tawarkan Hunian Berkonsep Jawa Modern

15 December 2019, 13:00

Synthesis Development secara resmi mengadakan acara topping off untuk hunian kelas atas di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.


Comments


Please Login to leave a comment.