BEKASI_KAWASAN_INI-NIAGA-FALLS-MINI-VERSI-KOTA-BEKASI_1100-X-600-px-_EMIL.jpg

Berita Kawasan

Ini “Niagara Falls” Mini Versi Kota Bekasi

Niagara Falls dikenal sebagai air terjun besar yang menjadi objek wisata di Amerika Serikat dan Kanada. Namun, tahukah Anda bahwasanya Kota Bekasi Jawa Barat memiliki Niagara Falls-nya sendiri tapi versi mini? Nama tempat tersebut adalah Curug Parigi yang digadang-gadang harus dikunjungi bila Anda menyukai wisata alam.

Curug Parigi merupakan air terjun yang berada di area Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi Jawa Barat. Curug yang acap kali dijadikan lokasi syuting film layar lebar dan sinetron ini berada di aliran Kali Bekasi. Curug Parigi sebenarnya sudah mulai dikenal semenjak tahun 1980-an, namun kepopulerannya semakin meningkat akhir-akhir ini karena dipengaruhi oleh sosial media.

Usut punya usut, air terjun Niaga mini ini tidaklah terbentuk secara alamiah. Sebagaimana dilansir dari jejakpiknik.com, pembentukan Curug Pagi dimulai ketika Dinas Bina Marga melakukan penggalian batu yang diperuntukkan sebagai bahan baku untuk proses pembuatan Jalan Raya Narogong.

Namun, saat proses penggalian dan pemecahan batu tersebut, terdapat satu bukit batu cadas yang dipandang terlalu keras sehingga tidak bisa dipecah untuk diproses sebagai bahan baku. Usai penggalian itu berakhir, warga setempat pun mulai mencoba untuk memanfaatkan area tersebut sebagai lokasi penambangan pasir.

Dengan metode tradisonal, mereka pun mulai melakukan eksploitasi terhadap bukit batu cadas tersebut untuk mengambil pasirnya. Lambat laut, tambang pasir itu berubah konturnya menjadi tempat mengalirnya air dengan cekungan yang lebar serta memanjang dan Curug Parigi pun terbentuk.

Karena kondisi sekarang ini yang cenderung kemarau, hal ini dianggap sebagai waktu paling tepat untuk mengunjungi Curug Parigi. Pasalnya di kala musim hujan, debit air yang mengalir di sini akan semakin meningkat dan Anda cenderung akan dilarang untuk mendekat ke aliran Curug Parigi yang berada di Kota Bekasi Jawa Barat ini.

Untuk mencapai Curug Parigi pun terbilang tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi yang dibantu dengan aplikasi maps. Bila Anda ingin menggunakan kendaraan umum, dapat menggunakan kereta dan turun di Stasiun Kota Bekasi Jawa Barat lalu melanjutkannya dengan memesan ojek online dengan mengarahkan pesanannya ke Curug Parigi.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.