BEKASI_KAWASAN_INI-NIAGA-FALLS-MINI-VERSI-KOTA-BEKASI_1100-X-600-px-_EMIL.jpg

Berita Kawasan

Ini “Niagara Falls” Mini Versi Kota Bekasi

Niagara Falls dikenal sebagai air terjun besar yang menjadi objek wisata di Amerika Serikat dan Kanada. Namun, tahukah Anda bahwasanya Kota Bekasi Jawa Barat memiliki Niagara Falls-nya sendiri tapi versi mini? Nama tempat tersebut adalah Curug Parigi yang digadang-gadang harus dikunjungi bila Anda menyukai wisata alam.

Curug Parigi merupakan air terjun yang berada di area Desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi Jawa Barat. Curug yang acap kali dijadikan lokasi syuting film layar lebar dan sinetron ini berada di aliran Kali Bekasi. Curug Parigi sebenarnya sudah mulai dikenal semenjak tahun 1980-an, namun kepopulerannya semakin meningkat akhir-akhir ini karena dipengaruhi oleh sosial media.

Usut punya usut, air terjun Niaga mini ini tidaklah terbentuk secara alamiah. Sebagaimana dilansir dari jejakpiknik.com, pembentukan Curug Pagi dimulai ketika Dinas Bina Marga melakukan penggalian batu yang diperuntukkan sebagai bahan baku untuk proses pembuatan Jalan Raya Narogong.

Namun, saat proses penggalian dan pemecahan batu tersebut, terdapat satu bukit batu cadas yang dipandang terlalu keras sehingga tidak bisa dipecah untuk diproses sebagai bahan baku. Usai penggalian itu berakhir, warga setempat pun mulai mencoba untuk memanfaatkan area tersebut sebagai lokasi penambangan pasir.

Dengan metode tradisonal, mereka pun mulai melakukan eksploitasi terhadap bukit batu cadas tersebut untuk mengambil pasirnya. Lambat laut, tambang pasir itu berubah konturnya menjadi tempat mengalirnya air dengan cekungan yang lebar serta memanjang dan Curug Parigi pun terbentuk.

Karena kondisi sekarang ini yang cenderung kemarau, hal ini dianggap sebagai waktu paling tepat untuk mengunjungi Curug Parigi. Pasalnya di kala musim hujan, debit air yang mengalir di sini akan semakin meningkat dan Anda cenderung akan dilarang untuk mendekat ke aliran Curug Parigi yang berada di Kota Bekasi Jawa Barat ini.

Untuk mencapai Curug Parigi pun terbilang tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi yang dibantu dengan aplikasi maps. Bila Anda ingin menggunakan kendaraan umum, dapat menggunakan kereta dan turun di Stasiun Kota Bekasi Jawa Barat lalu melanjutkannya dengan memesan ojek online dengan mengarahkan pesanannya ke Curug Parigi.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.