Ini Pemicu Nyeri Otot Hingga Rasa Mual Usai Berolahraga

Kesehatan

Ini Pemicu Nyeri Otot Hingga Rasa Mual Usai Berolahraga

Salah satu hal yang lumrah terjadi ketika Anda usai berolahraga adalah munculnya rasa lelah serta pegal-pegal di sejumlah otot tubuh. Kondisi ini sebenarnya dipicu hasil metabolisme di tubuh. Pada dasarnya saat berolahraga, tubuh Anda berusaha mengalirkan lebih banyak oksigen ke otot tubuh demi menghasilkan energi secara aerob.

Namun karena energi yang dibutuhkan lebih tinggi dibandingkan kemampuan tubuh mengirimkan oksigen maka tubuh memanfaatkan glukosa pada cadangan gula untuk menghasilkan energi. Dari hasil pemecahan inilah asam laktat muncul, tapi apakah ini yang juga bertanggung jawab ketika munculnya nyeri usai berolahraga?

Ini Pemicu Nyeri Otot Hingga Rasa Mual Usai Berolahraga

Untuk menjawab pertanyaan di atas, ya memang asam laktat yang memicu rasa nyeri tersebut dan ini kondisi yang dikenal dengan istilah asidosis laktat. Kondisi ini biasanya muncul ketika Anda olahraga berat dan tubuh memunculkan asam laktat demi menghasilkan energi. Namun asam laktat bisa terus menumpuk di aliran darah dengan semakin kerasnya Anda berolahraga sehingga tubuh tidak sempat membakarnya.

[Baca Juga: Penyebab dan Penanganan Keseleo Akibat Olahraga]

Saat terjadi penumpukan asam laktat melewati titik yang dikenal dengan istilah lactate threshold atau ambang laktat, maka kondisi asidosis laktat pun terjadi di tubuh Anda. Sebagaimana dilansir dari webmd.com (24/9/2019), saat terjadinya kondisi ini, maka Anda akan merasakan nyeri serta rasa panas pada bagian otot, pernapasan dengan intensitas cepat, rasa mual, kram, hingga sakit perut.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi asidosis laktat. Ini sebenarnya semacam pengingat alami dari tubuh Anda yang menyampaikan untuk rehat atau beristirahat dari sesi olahraga. Sehingga asidosis laktat tidak bersifat berkepanjangan dan hanya terjadi saat Anda berolahraga. Jadi rasa nyeri yang terjadi berhari-hari usai Anda fitness di gym, ini biasanya hanya kondisi yang disebabkan proses pemulihan otot.

[Baca Juga: Ini Olahraga yang Bisa Mengurangi Stres]

Jadi bisa dikatakan asidosis laktat merupakan kondisi yang lumrah terjadi jika Anda berolahraga. Namun ada caranya agar kondisi ini tidak terjadi terlalu sering terjadi ketika Anda beraktivitas fisik keras. Salah satunya adalah tidak langsung berolahraga keras jika Anda termasuk orang yang jarang beraktivitas fisik.

Contohnya adalah Anda berencana untuk mengikuti acara lari maraton. Sebelum mengikutinya dan mengalami kondisi produksi asam laktat berlebihan saat berlari, ada baiknya dibiasakan dulu setiap harinya untuk olahraga ringan, seperti lari-lari kecil secara rutin. Dengan melakukannya setiap hari sebelum ikut lari maraton, tubuh Anda akan meningkatkan titik ambang laktat sehingga mampu mengurangi terjadinya asidosis laktat.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.