Ini Penjelasan Tentang Suhu Tubuh Normal Manusia

Kesehatan

Ini Penjelasan Tentang Suhu Tubuh Normal Manusia

Dalam mengantisipasi kondisi tubuh seseorang yang meyakinkan bahwa dirinya sehat, ialah dengan memeriksanya menggunakan alat termometer. Saat ini, pandemi COVID-19 yang sedang melanda, alat pendeteksi suhu tubuh yang disebut dengan termometer tembak ini menjadi kebutuhan utama. Pendeteksian suhu tubuh dilakukan di berbagai tempat umum untuk meminimalisir adanya virus corona. Termometer tembak atau termometer inframerah genggam ini bisa digunakan langsung dengan mengarahkannya ke jidat tanpa menyentuh kulit manusia.

Ini Penjelasan Tentang Suhu Tubuh Normal Manusia

Namun, beberapa orang ada yang belum memahami suhu tubuh normalnya. Ketika diperiksa suhu tubuhnya dengan suhu di bawah 35 derajat celcius, bukan berarti mereka normal atau dengan kondisi tubuh yang baik. Bagi manusia dengan suhu tubuh di bawah 35 derajat celcius itu justru lethal atau mematikan.

Seperti yang dijelaskan dr Shela Putri Pandawa seorang residensi dokter anak menulis dalam akun twitternya @oxfara (18/03/2020), “Suhu di bawah 35 derajat celcius itu lethal atau mematikan untuk manusia. Artinya jika ada orang sehat-sehat aja, nggak nampak kedinginan atau sakit suhunya yang diukur 35 atau kurang itu kemungkinannya: Alat rusak, cara pengukuruan kurang tepat, dan yang diperiksa bukan manusia."

[Baca Juga: Antisipasi Wabah COVID-19, Kopi Kenangan Cek Suhu Tubuh Barista]

Bila Anda diperiksa dengan suhu tubuh di bawah 35 derajat celcius, pastikan termometer tembaknya tidak rusak. Karena suhu tubuh manusia normalnya di angka 36,5 sampai 37,5 derajat celcius. Dr. Shela juga menyarankan untuk memastikan tiga kemungkinan yang telah disebutkan, “Suhu normal manusia 36.5 sampai 37,5 derajat celcius. Kurang dari itu, hiportemi atau terlalu dingin, lebih dari itu demam. Kalau sehat-sehat saja nggak ada keluhan tapi suhu nggak normal, cek tiga kemungkinan yang tadi saya sebut.

Ini Penjelasan Tentang Suhu Tubuh Normal Manusia

Suhu tubuh manusia akan berubah bila kondisinya dalam keadaan tidak sehat dan tidak berpengaruh dengan suhu ruangan. Seperti penjelasan dr. Shela, “Manusia termasuk homoioterm (berdarah panas) artinya suhu tubuh tidak dipengaruhi oleh ruangan. Jika lingkungan dingin, tubuh akan tetap berusaha mempertahankan suhu normal sesuai setting-an di pusat saraf (otak), salah satu mekanismenya dengan menggigil.”

[Baca Juga: Pemprov DKI Akan Lakukan Pemeriksaan Suhu di CFD]

Namun, berbeda dengan suhu tubuh pada bayi yang rentan mengalami kedinginan karena suhu lingkungan. “Pengaturan suhu tubuh supaya tidak mengikuti lingkungan yang dingin ini, belum matur pada bayi sehingga mereka sangat mudah mengalami hiportemi (kedinginan). Apalagi bayi yang lahirnya prematur, cadangan lemak yang sedikit ditambah otak yang belum matang membuatnya kesulitan menyesuaikan suhu,” tulis dr Shela di akun twitternya.

Dr Shela menekankan, bila suhu tubuh pada orang dewasa dicek berada di bawah 35 derajat celcius, kesalahan ada pada alat termometernya. “Jadi kalau ada orang dewasa dicek suhu di bawah 35, orangnya bisa jalan-jalan dan sehat walafiat kesalahan mungkin pada cara pengukuran atau termometernya. Cara pengukuran yang baik ditempel di ketiak, mulut, atau di dubur.”


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.