Ini Pentingnya Asupan Vitamin C Jelang New Normal  .jpg

Kesehatan

Ini Pentingnya Asupan Vitamin C Jelang New Normal

Saat ini sudah banyak wilayah di Indonesia yang sudah mulai mempersiapkan wacana new normal atau kenormalan baru. Di mana aktivitas di luar rumah pun kembali dilakukan di tengah pandemi COVID-19 setelah berbulan-bulan mayoritas orang-orang #DiRumahAja. Namun tentu saja pemerintah pusat dan daerah menegaskan dalam kondisi ini, semua orang tetap harus menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah terpapar COVID-19. Selain itu momen ini juga dipandang penting untuk saatnya rutin konsumsi buah atau suplemen dengan vitamin C.

Pentingnya konsumsi vitamin C bisa terlihat dari bantuan sosial atau bansos Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dengan paket bansos yang diberikan selalu disertakan dengan suplemen vitamin C. Mungkin Anda bertanya-tanya apa fungsi vitamin C dalam kondisi pandemi COVID 19 seperti ini dan bagaimana nutrisi dapat membantu Anda di new normal?

Ini Pentingnya Asupan Vitamin C Jelang New Normal.jpg

Pada dasarnya hingga kini belum ada vaksin atau obat untuk menangkal paparan COVID-19. Sehingga salah satu aspek yang penting dalam beraktivitas di luar rumah di tengah pandemi COVID-19 adalah berusaha memastikan kekebalan tubuh Anda baik agar menekan potensi infeksi virus SARS-CoV-2. Vitamin C memiliki fungsi meningkatkan imun Anda.

“Vitamin C diperlukan, antara lain untuk membentuk spesi oksigen reaktif yang juga dikenal sebagai oksigen radikal. Radikal ini adalah salah satu senjata tubuh melawan patogen,” ujar Ahli Biokimia di Linus Pauling Institute of Oregon State University Adrian Gombart, sebagaimana dikutip dari dw.om (7/5/2020). Ia menambahkan, vitamin C juga terlibat dalam proses pembuatan antibodi di tubuh Anda. Di mana antibodi ini penting dalam usaha mengantisipasi infeksi COVID-19.

Ahli genetika, gerontologi, sekaligus juru bicara dari Forever Health Foundation Isabelle Schiffer juga menyampaikan hal yang senada dengan Gombart. Bahkan ia menyebut, vitamin C dengan dosis tinggi kerap digunakan untuk mengobati pasien COVID-19 yang tengah menjalani perawat medis yang intensif.

Secara alami vitamin C bisa didapatkan dari sayuran serta buah-buahan dengan contoh jeruk, cabai, tomat, brokoli, dan kiwi. Selain itu, Anda juga masih bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang banyak dijual di pasaran untuk meningkatkan asupannya. Namun Anda tetap harus memperhatikan dosisnya agar tak berlebihan. Sebagaimana dilansir dari unja.ac.id (1/5/2020) bila dikonsumsi lebih dari 1.000 mg/harinya maka absorsinya akan menurun sampai 50 persen. Sehingga bila mengikuti anjuran kebutuhan tiap hari, ada baiknya Anda mengonsumsi suplemen Vitamin C sekitar 100 mg untuk pria dewasa dan 75 mg untuk wanita dewasa,


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.