Ini Pentingnya Role Model untuk Pendidikan Anak

Pendidikan

Ini Pentingnya Panutan dalam Pendidikan Anak

Orangtua pada umumnya berharap dengan sekolah serta kursus dapat menjadi elemen penting untuk pendidikan anak mereka. Harapan ini sebenarnya tak salah tapi tidaklah cukup. Mungkin Anda kerap melihat balita dan anak-anak meniru apa yang ia lihat di lingkungan, baik itu negatif atau positif. Oleh karena itulah, aspek meniru ini juga memegang peranan penting dalam pendidikan anak hingga mereka berusia belasan tahun dan langkah terbaik agar buah hati Anda dituntun dalam perjalanan hidup yang positif adalah dengan memunculkan panutan yang tepat.

Role model di sini sesuai maknanya adalah panutan yang dapat memperlihatkan berbagai aspek positif untuk tumbuh kembang anak Anda. Seorang panutan bisa menunjukkan bagaimana menjalani hidup secara optimis, memiliki integritas, atau tidak malu untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada sesama. Sehingga panutan ini tidak hanya penting di masa tumbuh kembangnya tapi bisa hingga ia menginjak usia remaja.

Ini Pentingnya Role Model untuk Pendidikan Anak

Mungkin sebagai orangtua, Anda akan bingung dengan panutan apa dan siapa yang bisa dijadikan panutan untuk diperlihatkan kepada anak Anda. Sebenaranya siapa saja dapat menjadi panutan mereka, dari mulai guru di tempat mereka menimba ilmu, atlet, tokoh masyarakat, tetangga, bahkan Anda sendiri dapat menjadi panutan.

[Baca Juga: Mengenal Metode Pendidikan Montessori untuk Anak]

Namun agar memastikan bahwa orang-orang yang dijadikan panutan itu mampu menjadi panutan yang terdapat aspek yang harus dimiliki. Sebagaimana dilansir dari rootosofaction.com (5/9/2019), berikut ini aspek-aspek tersebut:

  • Mampu Menunjukkan Semangat serta Kemampuan Memberikan Inspirasi

Seorang panutan untuk anak harus menunjukkan semangat dan dedikasi mereka saat bekerja sekaligus membuat yang melihatnya merasa terinspirasi. Misalnya salah satu guru di sekolah buah hati Anda terkenal baik dengan murid-muridnya dan mampu mengajar secara bersemangat hingga membuat siswa-siswinya paham. Semangat dan dedikasi seperti ini yang biasanya membuat para murid bercita-cita untuk menjadi guru juga.

  • Memberikan Nilai yang Jelas untuk Hidup Mereka

Nilai yang dimaksud di sini adalah tujuan hidup yang bermakna dan anak-anak akan suka bila pandangan positif mereka terhadap dunia bisa ditanggapi secara serius oleh panutan. Misalnya Anda merupakan seorang aktivis lingkungan dan kerap mengajari buah hati mengenai pentingnya lingkungan serta bagaimana peran kita untuk menjaganya. Lambat laun, anak Anda akan melihat bagaimana nilai yang Anda pegang tersebut dapat memotivasi orang lain sekaligus berperan positif di masyarakat.

  • Memiliki Komitmen Berperan di Masyarakat

Seperti yang disebut di aspek sebelumnya, panutan mampu memberikan peran positif di masyarakat dengan nilai yang dimilikinya. Oleh karena itulah aspek penting dari panutan tentu saja menunjukkan fokus kepeduliannya terhadap orang lain dibandingkan mementingkan diri sendiri. Orang-orang yang kerap membantu di area tempat tinggalnya atau secara sosial terjun untuk mengulurkan tangannya untuk membantu sesama merupakan realisasi sebuah komitmen untuk berperan aktif di masyarakat.

  • Mampu Menunjukkan Kemampuan untuk Menghadapi Tantangan

Tidak semua orang mampu menujukkan setiap aspek yang ada tapi bila Anda mampu menunjukkan kemampuan dalam menghadapi tantangan sebenarnya ini sudah dapat dijadikan panutan untuk buah hati. Misalnya Anda kerap mengikuti berbagai festival olahraga atau kerap mencoba mempelajari hal-hal baru yang berada di luar zona nyaman Anda sebenarnya ini sudah mampu dijadikan panutan. Apalagi bila buah hati Anda melihat proses perjuangan dalam menghadapi tantangan tersebut.

[Baca Juga: Festival Cisadane, Sarana Pendidikan Warga Tangerang Tentang Sampah]

Seperti yang dijelaskan, tidak semua aspek di atas perlu dimiliki seorang panutan. Hal yang penting adalah dalam pendidikan anak, mereka langsung memiliki pengalaman dalam menyaksikan panutan mereka menginspirasi, memberikan nilai, hingga menghadapi tantangan dengan siapapun dapat menjadi panutannya.

Read More

Artikel Lainnya

5 Ide Hadiah Tak Biasa untuk Ayah di Hari Ayah

Berita Kawasan

5 Ide Hadiah Tak Biasa untuk Ayah di Hari Ayah

11 November 2019, 21:00  |  4 Views

Tidak hanya hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 12 Desember. Di Indonesia, setiap tanggal 12 November juga diperingati sebagai hari Ayah Nasional.

Kampung Teras Pancasila Ciptakan Kerukunan Warga

Berita Kawasan

Kampung Teras Pancasila Ciptakan Kerukunan Warga

11 November 2019, 20:00  |  0 Views

Kampung Teras Pancasila bisa menjadi inspirasi kampung lain. Kampung yang dapat mewujudkan kerukunan warga.

Little Tokyo, Kawasan Ginza Jakarta Tempat Kuliner Jepang Legendaris

Kuliner

Little Tokyo, Kawasan Ginza Jakarta: Tempat Kuliner Jepang Legendaris

11 November 2019, 19:00  |  0 Views

Pernah dengan kawasan Little Tokyo, di Jakarta? Kawasan yang berlokasi di Melawai ini terkenal sebagai Ginza nya Jakarta.

4 Mascara Maybelline Favorit Banyak Wanita

Kecantikan dan Fashion

4 Mascara Maybelline Favorit Banyak Perempuan

11 November 2019, 18:00  |  1 Views

Maskara mampu membuat mata Anda lebih terbuka dan terlihat lebih segar. Berikut beberapa maskara merk Maybelline yang paling jadi favorit banyak perempuan.


Comments


Please Login to leave a comment.