Ini Penyebab Cuaca Sangat Panas Melanda Jakarta

Berita Kawasan

Ini Penyebab Cuaca Sangat Panas Melanda Jakarta

Apakah Anda termasuk warga Ibu Kota yang merasakan suhu udara di siang hari terasa panas yang tak biasa di Jakarta? Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat suhu udara siang hari di beberapa daerah di Indonesia akan terus melanda hingga beberapa waktu ke depan, termasuk DKI Jakarta.

Deputi Bidang Meteorologi R Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan, perubahan suhu udara tersebut erat kaitannya dengan gerak semu matahari. “Berdasarkan persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan khatulistiwa, hal ini erat kaitannya dengan gerak semu matahari,” jelasnya berdasarkan keterangan dalam rilis antaranews.com (22/10/2019).

Ini Penyebab Cuaca Sangat Panas Melanda Jakarta

Gerak semu matahari adalah suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Sehingga, suhu udara panas akan berpotensi kembali berulang pada periode yang sama setiap tahunnya. Pada bulan September, matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa. Dan, matahari akan terus bergerak ke belahan bumi selatan hingga Desember 2019. Sehingga, posisi semu matahari akan berada di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan, di antaranya Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagainya.

[Baca Juga: 4 Tren Fashion Item Musim Panas yang Harus Dimiliki]

Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, dan memengaruhi peningkatan suhu udara pada siang hari. Berdasarkan perkiraan BMKG, kondisi dengan suhu udara yang terik ini akan terjadi selama kurang lebih satu minggu sebagaimana melansir news.detik.com (22/10/2019).

“Dalam waktu sekitar satu minggu ke depan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan dan kondisi atmosfer yang masih cukup kering. Sehingga, potensi awan yang bisa menghalangi terik matahari juga sangat kecil pertumbuhannya,” tambahnya.

[Baca Juga: Kemarau Panjang, Pasokan Air Kota Depok Diklaim Aman]

Dia juga mengungkapkan, musim hujan akan terjadi pada 10 hari pertama sampai 10 hari terakhir di bulan November 2019. Dengan adanya perubahan suhu udara ini, BMKG pun mengimbau masyarakat yang terdampak suhu udara panas untuk minum air putih yang cukup guna menghindari dehidrasi. Dan, masyarakat juga diimbau mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari jika beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, PingPoint juga ingin memberikan saran bagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan untuk tidak lupa kenakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV ya Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.