Ini Penyebab Cuaca Sangat Panas Melanda Jakarta

Berita Kawasan

Ini Penyebab Cuaca Sangat Panas Melanda Jakarta

Apakah Anda termasuk warga Ibu Kota yang merasakan suhu udara di siang hari terasa panas yang tak biasa di Jakarta? Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat suhu udara siang hari di beberapa daerah di Indonesia akan terus melanda hingga beberapa waktu ke depan, termasuk DKI Jakarta.

Deputi Bidang Meteorologi R Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan, perubahan suhu udara tersebut erat kaitannya dengan gerak semu matahari. “Berdasarkan persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan khatulistiwa, hal ini erat kaitannya dengan gerak semu matahari,” jelasnya berdasarkan keterangan dalam rilis antaranews.com (22/10/2019).

Ini Penyebab Cuaca Sangat Panas Melanda Jakarta

Gerak semu matahari adalah suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Sehingga, suhu udara panas akan berpotensi kembali berulang pada periode yang sama setiap tahunnya. Pada bulan September, matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa. Dan, matahari akan terus bergerak ke belahan bumi selatan hingga Desember 2019. Sehingga, posisi semu matahari akan berada di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan, di antaranya Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagainya.

[Baca Juga: 4 Tren Fashion Item Musim Panas yang Harus Dimiliki]

Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, dan memengaruhi peningkatan suhu udara pada siang hari. Berdasarkan perkiraan BMKG, kondisi dengan suhu udara yang terik ini akan terjadi selama kurang lebih satu minggu sebagaimana melansir news.detik.com (22/10/2019).

“Dalam waktu sekitar satu minggu ke depan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan dan kondisi atmosfer yang masih cukup kering. Sehingga, potensi awan yang bisa menghalangi terik matahari juga sangat kecil pertumbuhannya,” tambahnya.

[Baca Juga: Kemarau Panjang, Pasokan Air Kota Depok Diklaim Aman]

Dia juga mengungkapkan, musim hujan akan terjadi pada 10 hari pertama sampai 10 hari terakhir di bulan November 2019. Dengan adanya perubahan suhu udara ini, BMKG pun mengimbau masyarakat yang terdampak suhu udara panas untuk minum air putih yang cukup guna menghindari dehidrasi. Dan, masyarakat juga diimbau mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari jika beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, PingPoint juga ingin memberikan saran bagi Anda yang beraktivitas di luar ruangan untuk tidak lupa kenakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV ya Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.