Ini Penyebab Mendadak Sakit Keras Usai Olahraga

Kesehatan

Ini Penyebab Mendadak Sakit Keras Usai Olahraga

Olahraga sebenarnya merupakan kegiatan yang baik untuk tubuh. Namun percaya atau tidak, terdapat sejumlah kasus yang di mana acap kali olahraga juga dapat memicu serangan penyakit keras, bahkan hingga menyebabkan kematian. Salah satunya pernah terjadi pada tahun 2011 ketika seorang artis sekaligus anggota DPR yang meninggal dunia akibat serangan jantung tidak lama setelah ia bermain futsal. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi?

Insiden seperti ini bukan kali pertama terjadi, kasus serupa juga pernah terjadi di Amerika Serikat pada tahun 2017. Kala itu pembawa acara Biggest Loser, Bob Harper, mendadak terkena serangan jantung saat ia tengah olahraga lari. Menurut Medical Practitioner PT Avris Assurance dr. Herman Irawan yang bermasalah di sini bukanlah kegiatan olahraganya.

Ini Penyebab Mendadak Sakit Keras Usai Olahraga

“Sebenarnya bukan olahraganya yang berbahaya tapi (faktor) seberapa lama dia tidak pernah menjaga kesehatannya. Apakah pernah medical check up? Apakah pernah memeriksakan kolesterol,” ungkap dr. Herman pada Media Briefing #CardioTalk di 100 Eatery and Bar, Hotel Atlet Century Park, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (12/9/2019).

Menurut dr. Herman pengecekan kolesterol ini sebenarnya penting sebelum Anda melakukan kegiatan berat seperti berolahraga. Ia menggambarkan kolesterol di dalam tubuh manusia seperti minyak yang lewat melalui saluran di dalam selang. Dengan semakin banyaknya kolesterol yang ada di dalam tubuh maka akan terjadi penumpukan layaknya kotoran yang menempel di dinding selang hingga memicu karat.

[Baca Juga: Mengenal Ultramarathon dan Bedaannya dengan Lari Jarak Jauh Lain]

“Kalau karat itu sendiri dialiri dengan aliran yang lambat, dia akan aman-aman saja, tidak akan terkikis, tidak akan rusak. Tapi kalau misalnya ditekan dengan lebih dari 150 milimeter raksa (yang dihasilkan dari) olahraga, itu akan mengikis ‘karat-karat’ atau membuatnya copot. Karat itu biasanya ada di pembuluh darah besar, begitu dia copot dan masuk ke dalam pembuluh darah kecil, contohnya adalah pembuluh darah otak dan pembuluh darah jantung,” papar dr. Herman.

Pada momen inilah yang biasanya menyebabkan efek dari olahraga bisa berdampak negatif. Pasalnya, saat kolesterol yang sudah bekerja layaknya karat itu didorong dengan tekanan darah yang melonjak jauh akibat aktivitas keras maka karat itu dapat masuk ke pembuluh darah jantung yang memicu serangan jantung, sedangkan saat masuk ke pembuluh darah otak maka penyakit stroke bisa terjadi. “Bisa juga langsung komplikasi kedua-duanya,” imbuhnya.

[Baca Juga: Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tak Terkena Serangan Jantung]

Medical Practitioner PT Avris Assurance itu menegaskan, sekali lagi bukan olahraganya yang berbahaya tapi ini kembali kepada pola hidup yang selama ini dilakukan. “Jadi ada orang yang tidak pernah olahraga, tapi makannya dijaga, medical check up-nya setiap tahun, tidak ada kolesterol, dia ikut olahraga futsal, saya rasa aman-aman saja,” tambah dr. Herman.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.