Ini Penyebab Muncul Panu di Badan

Kesehatan

Ini Penyebab Muncul Panu di Badan yang Wajib Anda Ketahui

Penyakit panu ditandai dengan adanya noda kulit yang berwarna putih, merah jambu maupun cokelat. Panu bisa bersisik dan terasa gatal saat berkeringat. Penyakit ini lebih rentan terkena pada orang yang tinggal dengan beriklim tropis dan disebabkan oleh jamur. Biasanya dapat muncul di area kulit tubuh mana pun, tapi yang paling sering muncul pada bagian punggung, dada, leher, dan lengan atas. Orang yang kurang menjaga kebersihan tubuhnya dapat dengan mudah menimbulkan penyakit panu.

Ini Penyebab Muncul Panu di Badan

Sebab utamanya, bisa muncul dari berbagai faktor, seperti keringat yang berlebihan, kulit berminyak, serta sistem kekebalan tubuh yang lemah. Bahayanya, panu juga dengan mudah dapat ditularkan melalui pakaian atau handuk yang dipakai penderita.

Gejala panu timbul dengan dimulai dari rasa gatal ketika berkeringat sehingga muncul warna noda kulit menjadi putih, cokelat, bahkan merah, tergantung dari pigmen kulit penderita. Dan, biasanya panu terdapat sisik halus yang menutupinya.

[Baca Juga: Berasa Gatal Berlebih, Bisa Jadi Itu Psiorasis]

Penyakit kulit yang satu ini memang dapat menghilangkan rasa kepercayaan diri Anda, karena panu dapat terlihat orang lain. Dan tentu, memiliki panu juga tidak menyehatkan. Sebaiknya, obati panu dengan segera bila sudah terlihat gejala munculnya panu. Panu yang segera diobati juga akan cepat membaik dan Anda pun dapat memiliki kembali rasa percaya diri saat ke luar rumah.

Nah, agar penyakit ini tidak datang kembali ke kulit Anda. Berikut tips yang dapat Anda ikuti.

  • Hindari pemakaian produk untuk kulit yang mengandung minyak
  • Kurangi terkena paparan sinar matahari
  • Memakai tabir surya setiap hari
  • Hindari penggunaan pakaian yang ketat
  • Saat mandi, pastikan membersihkannya semua bagian tubuh dengan benar
  • Jangan malas mengganti baju yang sudah seharian dipakai
  • Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat

[Baca Juga: Tips Merawat Kulit Untuk yang Tinggal dekat Pantai]

Cara mudah untuk menghilangkan panu ini bisa Anda atasi dengan melakukan pengobatan di rumah. Bila kemunculan panu belum terlalu parah, Anda bisa membeli obat krim penghilang jamur di apotek terdekat. Obat ini cukup efektif untuk menghilangkan infeksi yang terjadi. Atau Anda juga bisa hilangkan panu dengan bahan-bahan alami yang juga bisa Anda lakukan di rumah.

Penyakit kulit yang satu ini, memang sangat mudah kena siapa pun bila tidak dijaga kebersihan badan. Namun, panu juga dengan mudah dihilangkan dengan obat-obatan dari apotek hingga bahan-bahan alami.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.