Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Kesehatan

Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Apakah Anda menemukan benjolan di ketiak? Jika iya, benjolan di ketiak memang biasa dialami pria maupun wanita. Tapi, benjolan di ketiak paling sering dialami perempuan, terutama saat datang bulan atau saat sakit. Jadi, Anda jangan langsung panik ketika menemukan benjolan pada ketiak.

Melansir aldokter.com (7/3/2018), benjolan di ketiak merupakan kondisi yang normal dan kondisi tersebut akan mereda saat kondisi kesehatan membaik. Namun, benjolan di ketiak juga bisa menjadi tanda penyakit yang serius, misalnya jika benjolan tidak terasa sakit dan tidak kunjung mengecil. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan diri jika Anda mengalami gejala tersebut.

Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Benjolan di ketiak bisa berukuran sangat kecil atau mungkin bisa lebih besar dan terasa sekali saat diraba. Dan, adanya benjolan di ketiak tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas.

Kebanyakan benjolan di ketiak merupakan hal yang tidak berbahaya. Benjolan bisa muncul karena terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening di bawah lengan. Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang ada di seluruh tubuh dan memiliki peran penting dalam kekebalan tubuh sebagaimana dilansir hellosehat.com (16/5/2017).

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Sosialisakan Penyakit Kanker Serviks]

Selain itu, beragam penyebab bisa menimbulkan benjolan pada ketiak. Berikut penyebab umum dari benjolan di ketiak yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber, di antaranya:

  1. Pertumbuhan jaringan yang tidak normal
  2. Infeksi karena keseringan mencukur bulu ketiak, alergi penggunaan deodoran atau alat cukur yang salah
  3. Fibroadenoma (pertumbuhan abnormal jaringan ikat fibrosa dan tidak bersifat kanker)
  4. Lipoma (pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya)
  5. Kanker payudara
  6. Leukimia (kanker darah pada sumsum tulang)
  7. Kista

Penanganan benjolan di ketiak bergantung pada faktor penyebabnya. Jika disebabkan karena faktor yang tidak berbahaya, seperti infeksi, lipoma dan fibroadenoma, maka penanganan benjolan tidak butuh penanganan khusus. Namun, bisa juga ditangani dengan obat pereda nyeri dan kompres hangat untuk meredakan rasa tidak nyaman.

[Baca Juga: Bau Badan Ganggu Aktivitas Anda? Atasi dengan Cara Ini!]

Jika tak kunjung mengecil dalam jangka waktu yang cukup lama dan membuat Anda khawatir, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.