Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Kesehatan

Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Apakah Anda menemukan benjolan di ketiak? Jika iya, benjolan di ketiak memang biasa dialami pria maupun wanita. Tapi, benjolan di ketiak paling sering dialami perempuan, terutama saat datang bulan atau saat sakit. Jadi, Anda jangan langsung panik ketika menemukan benjolan pada ketiak.

Melansir aldokter.com (7/3/2018), benjolan di ketiak merupakan kondisi yang normal dan kondisi tersebut akan mereda saat kondisi kesehatan membaik. Namun, benjolan di ketiak juga bisa menjadi tanda penyakit yang serius, misalnya jika benjolan tidak terasa sakit dan tidak kunjung mengecil. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan diri jika Anda mengalami gejala tersebut.

Ini Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Benjolan di ketiak bisa berukuran sangat kecil atau mungkin bisa lebih besar dan terasa sekali saat diraba. Dan, adanya benjolan di ketiak tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman untuk beraktivitas.

Kebanyakan benjolan di ketiak merupakan hal yang tidak berbahaya. Benjolan bisa muncul karena terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening di bawah lengan. Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang ada di seluruh tubuh dan memiliki peran penting dalam kekebalan tubuh sebagaimana dilansir hellosehat.com (16/5/2017).

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Sosialisakan Penyakit Kanker Serviks]

Selain itu, beragam penyebab bisa menimbulkan benjolan pada ketiak. Berikut penyebab umum dari benjolan di ketiak yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber, di antaranya:

  1. Pertumbuhan jaringan yang tidak normal
  2. Infeksi karena keseringan mencukur bulu ketiak, alergi penggunaan deodoran atau alat cukur yang salah
  3. Fibroadenoma (pertumbuhan abnormal jaringan ikat fibrosa dan tidak bersifat kanker)
  4. Lipoma (pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya)
  5. Kanker payudara
  6. Leukimia (kanker darah pada sumsum tulang)
  7. Kista

Penanganan benjolan di ketiak bergantung pada faktor penyebabnya. Jika disebabkan karena faktor yang tidak berbahaya, seperti infeksi, lipoma dan fibroadenoma, maka penanganan benjolan tidak butuh penanganan khusus. Namun, bisa juga ditangani dengan obat pereda nyeri dan kompres hangat untuk meredakan rasa tidak nyaman.

[Baca Juga: Bau Badan Ganggu Aktivitas Anda? Atasi dengan Cara Ini!]

Jika tak kunjung mengecil dalam jangka waktu yang cukup lama dan membuat Anda khawatir, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan diagnosis yang tepat.

Read More

Artikel Lainnya

Penjualan Tercepat, 10 Ribu Unit Terjual Dalam Lima Menit

Bisnis

Penjualan Tercepat, 10.000 Unit Ponsel Terjual Dalam Lima Menit

26 February 2020, 17:00

Sebanyak 5.000 unit terjual dalam menit pertama di Lazada, 5.000 unit selanjutnya ludes melalui Akulaku di lima menit pertama. realme C3 ciptakan rekor penjualan tercepat.

RUU PDP Tekankan Tiga Poin Penting

Bisnis

RUU Perlindungan Data Pribadi Tekankan Tiga Poin Penting

26 February 2020, 15:00

Kominfo dan DPR RI telah membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi pada Selasa, 25 Februari 2020

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

Berita Kawasan

Tanggap Darurat Berlakukan Sepekan, Pemkab Bekasi Sebar Bantuan

26 February 2020, 14:30

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberlakukan status darurat selama sepekan hingga 2 Maret 2020. Selain mengevakuasi dan mendirikan posko, Pemkab bergerak cepat menyebarluaskan bantuan logistik.

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

Berita Kawasan

Hari Ini Jabotabek Diprediksi BMKG Bakal Diguyur Hujan, Awas Banjir

26 February 2020, 14:30

BMKG mengeluarkan peringatan dini akan potensi beberapa wilayah di kawasan Jabotabek akan diguyur hujan. Warga diminta bersiap dan waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.