Ini Perbandingan Susu Sapi denga Susu Almond, Kedelai, dan Beras

Kesehatan

Ini Perbandingan Susu Sapi, Almond, Kedelai, dan Susu Beras (Bagian 1)

Susu merupakan minuman yang sehat karena mengandung kalsium dan bagus untuk pertumbuhan tulang. Bahkan Kementrian Kesehatan sempat merekomendasikan masyarakat Indonesia untuk meminum susu sapi sebagai sumber kalsium, terlebih untuk anak-anak.

Namun belakangan ini, banyak orang yang beralih dari susu sapi ke susu nabati. Karena dirasa lebih sehat, selain itu banyak kasus yang menyebutkan, kebanyakan susu sapi yang ada di pasaran sudah tercampur dengan gula serta bahan lain sehingga tak alami lagi. Maka dari itu tersedia beberapa pilihan susu yang bisa jadi pilihan Anda, misalnya susu kedelai, almond, atau beras.

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]

Namun dari sekian banyak susu dipasaran, sebenarnya apa saja perbedaannya? Apakah kandungan dan manfaatnya berbeda? Untuk menjawab hal ini, melansir dari healthline.com (30/4/2019) berikut perbedaan susu sapi, kedelai, almond, dan beras.

Ini Perbandingan Susu Sapi denga Susu Almond, Kedelai, dan Beras

Susu Sapi

Di dalam satu gelas susu sapi murni mengandung 150 gram kalori, 12 gram karbohidrat dari laktosa, 8 gram lemak, dan 8 gram protein. Beberapa produsen menambahkan vitamin tertenu untuk menambahkan khasiatnya, jika produsen mengurangi lemak dalam susu maka beberapa vitamin akan berkurang.

[Baca Juga: Ayo, Kenali 10 Pesan Gizi Seimbang]

  • Kelebihan susu sapi:
  1. Segelas susu sapi mengandung protein, ekstra kalori dari lemak, vitamin, dan mineral yang bagus untuk bayi bahkan lansia.
  2. Susu sapi memiliki versi bebas laktosa untuk orang yang tidak bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktosa
  3. Susu sapi memiliki versi yang sudah di pasteurisasi sehingga lebih bersih dan tersedia pula di berbagai toko
  • Kekurangan susu sapi:
  1. Pilihan susu yang mengklaim bebas lemak justru memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi.
  2. Protein dari sapi kerap kali menyebabkan alergi
  3. Beberapa orang mungkin akan memiliki masalah mengenai proses pemerasan susu dari sapi. Karena kerap kali sapi ‘dipaksa’ untuk mengeluarkan susunya.

Ini Perbandingan Susu Sapi denga Susu Almond, Kedelai, dan Beras

Susu Almond

Susu ini dibuat dari kacang almond yang telah dicampur dengan air. Kemungkinan, susu almond juga mengandung pengental untuk meningkatkan konsistennya dan masa simpannya. Dibandingkan susu sapi, susu almond memang lebih renda kalori dan lemak jenuh. Selain itu karena tebuat dari kacang, susu ini juga tidak mengandung laktosa.

Satu gelas susu almond mengandung 1 gram karbohidrat, 3 gram lemak, dan 1 gram protein. Walaupun susu almond merupakan sumber protein yang baik, namun bukan sumber kalsium layaknya susu sapi. Walaupun begitu, banyak produsen yang menambahkan kalsium dan vitamin D ke dalam susu almond.

[Baca Juga: Penuhi Pasokan Susu Jakarta, PT FSTJ Jalin Kerja Sama]

  • Kelebihan Susu Almond:
  1. Susu almond rendah kalori dan lemak jenus
  2. Sumber vitamin A yang baik. Di beberapa merek susu almond juga mengandung kalsium dan vitamin D
  3. Susu ini vegan dan bebas dari laktosa.
  • Kekurangan Susu Almond:
  1. Bukan sumber utama protein
  2. Kemungkinan menyebabkan masalah pencernaan di beberapa orang

Itulah perbedaan susu sapi dan susu alternatif atau susu organik. Anda bisa menimbang-nimbang mana susu yang lebih sehat dan baik untuk Anda. Perbandingan susu sapi dengan susu lainnya bisa Anda lihat pada Bagian 2.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.