Ini Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Pahami

Kuliner

Ini Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Pahami

Mentega atau margarin sering dipakai untuk memasak maupun membuat kue. Kedua bahan ini memiliki kemiripan yang tentu saja berbeda dari mulai bahan dasar serta fungsinya. Banyak orang yang terjebak dengan kedua bahan tersebut karena tidak mengetahuinya. Nah, supaya tidak salah pilih dalam membuat masakan atau membuat kue, ada baiknya Anda ketahui perbedaan antara mentega dengan margarin berikut ini.

[Baca Juga: Belajar Membuat Korean Flower Buttercream yang Cantik Disini]

Mentega

Mentega bisa dibilang dengan sebutan butter. Bahan utama dalam membuat mentega terbuat dari lemak hewani: susu sapi, kambing atau domba. Agar jadi mentega, susu tersebut melalui proses pasteurisasi atau dipanaskan untuk membunuh bakteri dan patogen. Karena terbuat dari lemak hewani maka, mentega memliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi.

Dalam soal warna, mentega memiliki warna kuning yang pekat dibandingkan dengan margarin. Aroma dari mentega pun lebih harum dan bila membuat adonan kue mennggunakan mentega, selesai dipanggang aroma harum dari mentega akan tercium. Tektur dari mentega lembek atau mudah leleh bila tidak disimpan dalam kulkas. yang membuat mentega ini sangat cocok dipakai dalam membuat semua olahan kue kering dan olesan roti. Hasilnya, kue yang Anda buat menjadi lembut.

Ini Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Pahami

Margarin

Tentu berbeda dengan mentega, bahan dasar dari pembuatan margarin pun juga beda. Margarin terbuat dari lemak nabati atau minyak sayur. Dalam soal warna, margarin terlihat lebih pucat dibandingkan dengan mentega yang berwarna kuning pekat. Teksturnya yang padat cenderung keras, membuat bahan kue yang satu ini tahan di letakkan di suhu ruangan. Tahan lama dan tidak mudah meleleh.

Saat membuat kue menggunakan margarin, aroma yang tercium tidak mendominasi mentega. Untuk kandungan kolesterol dari margarin pun tidak setinggi mentega. Namun, untuk lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal, justru margarinlah yang memiliki persentase lebih tinggi.

[Baca Juga: Inilah 4 Minuman Keju Hits di Jakarta]

Dalam membuat kue, margarin sering dipakai untuk membuat kue basah maupun cake agar dapat mengikat adonan lebih baik. Selain itu, margarin yang berasal dari lemak nabati ini juga kerap dipakai untuk menggoreng maupun menumis.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.