Ini Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Pahami

Kuliner

Ini Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Pahami

Mentega atau margarin sering dipakai untuk memasak maupun membuat kue. Kedua bahan ini memiliki kemiripan yang tentu saja berbeda dari mulai bahan dasar serta fungsinya. Banyak orang yang terjebak dengan kedua bahan tersebut karena tidak mengetahuinya. Nah, supaya tidak salah pilih dalam membuat masakan atau membuat kue, ada baiknya Anda ketahui perbedaan antara mentega dengan margarin berikut ini.

[Baca Juga: Belajar Membuat Korean Flower Buttercream yang Cantik Disini]

Mentega

Mentega bisa dibilang dengan sebutan butter. Bahan utama dalam membuat mentega terbuat dari lemak hewani: susu sapi, kambing atau domba. Agar jadi mentega, susu tersebut melalui proses pasteurisasi atau dipanaskan untuk membunuh bakteri dan patogen. Karena terbuat dari lemak hewani maka, mentega memliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi.

Dalam soal warna, mentega memiliki warna kuning yang pekat dibandingkan dengan margarin. Aroma dari mentega pun lebih harum dan bila membuat adonan kue mennggunakan mentega, selesai dipanggang aroma harum dari mentega akan tercium. Tektur dari mentega lembek atau mudah leleh bila tidak disimpan dalam kulkas. yang membuat mentega ini sangat cocok dipakai dalam membuat semua olahan kue kering dan olesan roti. Hasilnya, kue yang Anda buat menjadi lembut.

Ini Perbedaan Mentega dan Margarin yang Perlu Anda Pahami

Margarin

Tentu berbeda dengan mentega, bahan dasar dari pembuatan margarin pun juga beda. Margarin terbuat dari lemak nabati atau minyak sayur. Dalam soal warna, margarin terlihat lebih pucat dibandingkan dengan mentega yang berwarna kuning pekat. Teksturnya yang padat cenderung keras, membuat bahan kue yang satu ini tahan di letakkan di suhu ruangan. Tahan lama dan tidak mudah meleleh.

Saat membuat kue menggunakan margarin, aroma yang tercium tidak mendominasi mentega. Untuk kandungan kolesterol dari margarin pun tidak setinggi mentega. Namun, untuk lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal, justru margarinlah yang memiliki persentase lebih tinggi.

[Baca Juga: Inilah 4 Minuman Keju Hits di Jakarta]

Dalam membuat kue, margarin sering dipakai untuk membuat kue basah maupun cake agar dapat mengikat adonan lebih baik. Selain itu, margarin yang berasal dari lemak nabati ini juga kerap dipakai untuk menggoreng maupun menumis.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.