Kenali Perbedaan Oven dan Microwave

Properti dan Solusi

Ini Perbedaan Oven & Microwave, Dua Perkakas Penting di Dapur Anda

Ada dua perkakas penting di dapur Anda yang mungkin belum diketahui dengan tepat perbedaannya. Hal tersebut dapat membuat Anda salah dalam pemakaian sehingga perkakas cepat rusak, mengganggu kegiatan di dapur. Berikut rangkuman dari PingPoint.co.id mengenai perbedaan oven dan microwave.

Untuk sistem kerjanya, microwave bekerja sesuai namanya, yakni memanfaatkan gelombang mikro elektromagnetik. Panas didapat dari gelombang mikro yang bergerak dan saling bertabrakan. Sehingga cara kerja microwave hanya meningkatkan panas dari suhu makanan tersebut. Sedangkan oven bekerja meratakan dan mentransfer panas dari sumber panas ke makanan.

Oleh karenanya, segala jenis oven membutuhkan sumber panas, baik dari listrik atau api. Kini banyak oven dilengkapi dengan kipas untuk menyebarkan suhu panas secara merata. Singkat kata, oven berfungsi untuk memanggang atau mematangkan makanan, sedangkan microwave hanya memanaskan saja.

[Baca Juga: Maxim Luncurkan Produk Baru di Kampanye Dapur Lazada]

Seiring perkembangan teknologi, jenis microwave dan oven pun semakin bervariasi dengan fitur dan fungsi bermacam-macam.

1) Kenali Jenisnya

Secara garis besar, ada lima jenis oven yang sering digunakan:

  • Oven kompor
  • Oven listrik
  • Oven gas
  • Oven konvensional yang menyatu dengan kompor
  • Oven dengan kipas di dalamnya yang membantu meratakan panas

Sementara, microwave yang memiliki sumber tenaga dari listrik ada tiga jenis:

  • Microwave biasa yang fungsi utamanya untuk memanaskan makanan saja
  • Grill microwave punya fungsi lain untuk memanggang makanan
  • Convection microwave yang dapat meratakan suhu.

Kenali Perbedaan Oven dan Microwave

2) Kenali Fungsinya

Karena fungsinya untuk pematangan, makanan akan lebih baik hasilnya saat dimasak menggunakan oven. Tekstur makanan bisa lebih renyah dan matang merata. Sedangkan, microwave hanya optimal saat digunakan untuk memanaskan dengan hasil cenderung kering, karena cara kerjanya yang mengurangi kadar air dan menghilangkan kelembapan makanan. Memang ada istilah microwave oven dengan fungsi ganda, yakni memanaskan sekaligus mematangkan. Namun, hasilnya tentu berbeda dengan memasak menggunakan oven.

3) Kenali Tingkat Suhu

Soal panas, microwave dapat memiliki suhu yang lebih tinggi dibanding oven dengan perbedaan mencapai 50 derajat Celcius. Karena itu, waktu pemanasannya pasti lebih cepat dari semua jenis oven. Sedangkan kecepatan pemanasan dan pematangan dalam oven bisa berbeda tergantung jenisnya. Oven listrik memiliki proses panas yang lebih lama dibandingkan oven gas.

4) Kenali Kecepatan

Microwave memakan daya listrik yang lebih besar, tapi punya waktu memanaskan yang cepat. Kebalikannya, oven sebenarnya hanya memerlukan daya kecil, baik listrik maupun gas. Namun, proses pemanasan dan pematangannya membutuhkan waktu lama, sehingga membuat dayanya ikut membesar.

Kenali Perbedaan Oven dan Microwave

5) Kenali Dimensi

Untuk dimensi fisik, microwave punya ukuran yang cenderung lebih kecil, maksimal 30 liter. Hal ini disesuaikan dengan fungsinya sebagai menghangat makanan saja. Sedangkan oven tersedia dalam beragam ukuran, mulai dari yang seukuran microwave sampai yang punya daya tampung besar. Biasanya oven konvensional berukuran besar dan cenderung lebih mahal, oven ini sering digunakan untuk memanggang roti, pizza, dan sebagainya.

6) Kenali Wadah yang Tepat

Dalam penggunaannya, tidak semua wadah bisa masuk ke dalam dua alat tersebut. Belum tentu wadah yang aman untuk microwave bisa digunakan dalam oven, begitu pula sebaliknya. Untuk microwave, wadah plastik bisa digunakan selama ada label microwave safe. Bahan-bahan kaca atau keramik relatif aman digunakan dalam suhu tak terlalu tinggi. Disarankan menghindari memasukkan makanan yang dibungkus aluminium foil, karena bisa berpotensi terbakar.

[Baca Juga: Membuat Dapur Bergaya Gastropub]

Untuk oven, Anda dapat menggunakan loyang, pinggan keramik antipanas, dan aluminium foil. Semua bahan plastik tentunya tak bisa digunakan dalam oven termasuk alat masak microwave safe sekalipun.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Dapur Tampak Luas Cat Kabiner dengan Warna Hijau Mint

Properti dan Solusi

Ingin Dapur Tampak Luas? Cat Kabinet dengan Warna Hijau Mint

11 July 2020, 14:00

Hijau mint mungkin bukan prioritas dalam pemilihan warna cat kabinet dapur, tetapi ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk dapur apa pun, terutama yang kecil.

Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda

Kesehatan

Bisakah Probiotik Meringankan Depresi Anda?

11 July 2020, 12:00

Para peneliti menemukan bahwa di tujuh uji klinis kecil, berbagai probiotik tampaknya memperbaiki gejala pada pasien dengan depresi klinis, setidaknya dalam jangka pendek.

Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP dan B2W Indonesia Fasilitasi Transportasi Sepeda

Berita Kawasan

Kolaborasi Pemprov DKI, ITDP & B2W Fasilitasi Transportasi Sepeda

11 July 2020, 10:00

Dalam kolaborasi ini, untuk tahap awal telah disiapkan 35 unit sepeda bagi warga dan ditempatkan pada lima titik parkir sepeda dekat stasiun MRT.

Tokopedia Qurban.jpg

Bisnis

Layanan Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Dalam Berkurban

10 July 2020, 20:00

Tokopedia menghadirkan layanan baru untuk mempermudah masyarakat berkurban secara lebih amanah dan dengan harga yang terjangkau.


Comments


Please Login to leave a comment.