Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kuliner

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Apa perbedaan tepung kue dari tepung roti? Apa yang membedakan tepung roti dan tepung serbaguna? Bisakah Anda mengganti satu jenis tepung dengan yang lain? Jika ya, bagaimana caranya? Berikut jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tepung kue, tepung roti, tepung pastry, dan tepung serba guna (yang semuanya terbuat dari gandum) bervariasi terutama menurut jenis gandum pembuatannya dan kandungan proteinnya, yang mungkin paling menarik dan tentunya paling signifikan adalah perbedaan terutama dalam hal memanggang.

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Kandungan protein menentukan seberapa banyak gluten yang akan terbentuk pada tepung, yang pada gilirannya memengaruhi kualitas tekstur makanan Anda. Tepung dengan kandungan protein tinggi menghasilkan lebih banyak gluten yang memberikan struktur yang kuat dan padat. Tepung dengan kandungan protein yang lebih rendah membentuk lebih sedikit gluten dengan struktur ringan. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai masing-masing dari jens-jenis tepung tersebut, dari kandungan protein tinggi hingga rendah, seper iterjemahkan dari realsimple.com (20/10/2020.

1) Tepung Roti

Dengan kandungan protein sekitar 14 hingga 16 persen, tepung gluten tinggi ini merupakan campuran dari 99,8 persen tepung terigu dengan sedikit sentuhan malt barley yang ditambahkan untuk meningkatkan aktivitas ragi, ditambah vitamin C atau kalium bromat, yang meningkatkan elastisitas gluten. Singkatnya, ini adalah tepung terigu Anda untuk roti yang menggunakan ragi (brioche, croissant, roti Prancis, pizza).

[Baca Juga: Rekomendasi Menu Saur Enak Ala Roti Eneng]

Bisakah Anda mengganti tepung serbaguna untuk tepung roti (dan sebaliknya)? Ya, Anda benar-benar dapat membuat pengganti 1: 1. Untuk 1 cangkir tepung roti, gunakan 1 cangkir tepung serbaguna, dan sebaliknya. Perhatikan roti dan pizza yang dibuat dengan tepung serbaguna mungkin lebih mudah dikunyah daripada yang dibuat dengan tepung roti, tetapi hasilnya akan tetap bagus.

2) Tepung Serbaguna

Ini adalah tepung yang mungkin sangat Anda kenal dan (kecuali jika memiliki intoleransi gluten) kemungkinan besar disukai. Terbuat dari campuran gandum keras gluten tinggi dan gandum lembut rendah gluten. Jenis tepung ini luar biasa untuk segala sesuatu mulai dari pancake, cake cokelat, taco dan lainnya.

Tepung serba guna (atau Tepung AP, seperti yang dikenal dalam istilah chef) adalah tepung bertekstur halus dengan perkiraan kandungan protein 10 hingga 12 persen. Tepung ini hadir dalam dua bentuk, dikelantang (yaitu tepung yang diputihkan dengan proses kimia) dan tidak dikelantang (yaitu tepung yang benar-benar diputihkan, tetapi memutih secara alami seiring bertambahnya usia).

Ini Perbedaan Tepung Kue, Tepung Roti, Tepung Pastry, dan Tepung Serba Guna

Jika Anda kebetulan memiliki tepung roti sisa, Anda bisa menggunakan tepung roti sebagai pengganti tepung AP (dengan perbandingan 1: 1), untuk adonan ragi, seperti yang disebutkan di atas.

3) Tepung Pastry dan Tepung Kue

Meskipun kedua tepung ini tidak persis sama, keduanya merupakan tepung lembut bertekstur halus dengan kandungan protein rendah (tepung pastry mengandung sekitar 9 persen protein, sedangkan tepung kue bahkan lebih rendah, dengan kandungan protein sekitar 7 hingga 8 persen). Tepung ini memiliki protein yang cukup untuk memberi struktur pada kue dan roti remah-remah lainnya, sekaligus menjaga teksturnya tetap segar dan ringan.

[Baca Juga: Ingin Mencoba Buat Roti Sourdough? Ini Resepnya]

Dalam keadaan darurat, Anda dapat dengan mudah dan berhasil mengganti tepung AP untuk tepung kue dan tepung pastry, dengan menggunakan rasio ini: Untuk setiap 1 cangkir kue atau tepung kue yang disebut dalam resep, ukur 1 cangkir tepung AP, lalu buang 2 sendok makan (Ini akan memberi Anda 7/8 cangkir tepung AP, juga dikenal sebagai cangkir kecil, yang dapat Anda ukur dengan mata). Tambahkan 2 sendok makan tepung maizena ke dalam cangkir sedikit tepung AP dan Anda siap menggunakannya.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 weeks, 2 days lalu
    octavia

    Ayo kunjungi Dupa88.org , ada promo Bonus kalah ganti 100% menanti anda , tunggu apa lagi , maru bergabung dengan dupa88, dan jadilah jutawan link : https://biolinky.co/gameonlinedupa88

  • Test 3 weeks, 4 days lalu
    test

    Ayo bergabung dengan qqharian.cc , banyak promo dan bonus menarik menanti anda , tunggu apa lgi , jadi lah bagian dari kami dan jadilah jutawan