Ini Perjalanan Awal Roy Genggam di Dunia Fotografi

Berita Kawasan

Ini Perjalanan Awal Roy Genggam di Dunia Fotografi

Bagi Anda yang menekuni dunia fotografi mana sudah tak akan asing lagi dengan nama Roy Genggam. Mengingat pria ini sudah melanglang buana sebagai fotografi profesional selama puluhan tahun. Dari mulai untuk komersial hingga proyek seni sudah berhasil ditangkap dengan lihat melalui lensa kamera yang digunakannya. Namun hal yang menarik dari pria yang lahir di Kota Bandung ini, sebenarnya ia tidak pernah terbayang pada awalnya bahwa ia akan berkarier sebagai fotografi mengingat bidang ini bukan hobinya.

“Saya itu enggak hobi fotografi, ketika remaja dulu saya lebih hobinya itu melukis terus nulis. Karena buat saya fotografi itu, sesuatu yang mahal di zaman saya. Malah cita-cita saya itu jadi pelukis, jadi seniman, cuman mana ada orangtua yang bolehin anaknya jadi seniman. Waktu saya SMA, saya cari uang jajannya itu (dengan) menggambar, nulis puisi,” kenang Roy Genggam kepada PingPoint.co.id di Studio Roy Genggam Photography, Jl. Albarkah No.2, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan (25/11/2019).

Ini Perjalanan Awal Roy Genggam di Dunia Fotografi

Namun unsur jiwa seni pada dirinya sebenarnya bisa dikatakan sudah ada di dalam darah Roy Genggam. Pasalnya, ibunya merupakan seorang seniman lukis yang juga bermain musik di salah satu kelompok band perempuan pertama di Indonesia, Saptawati. Karena enggan putranya menjadi seniman, ibu Roy Genggam pun meminta bantuan saudara laki-lakinya yang berkecimpung di dunia perfilman yang akhirnya memicu fotografer kawakan itu memulai kuliahnya di IKJ pada jurusan Sinematografi di tahun 1980.

“Sinematografi itu kan menarik, film di dalamnya ada dapat seni rupa, tinjauan arsitektur, tinjauan musik, dan segala macam. Saya bilang, ‘Oh boleh juga gue sekolah di situ.’ Akhirnya saya sekolah senimatografi di IKJ, itu lantas tahun kedua saya di situ, film pendek saya sudah menang festival. Sampai akhirnya selepas dari kampus saya enggak merasa cocok dunia film di zaman itu,” ujarnya.

[Baca Juga: Roy Genggam: Fotografi Bukan Hobi tapi Sudah Jadi Bagian Hidup Saya]

Dengan cakupan film di era itu yang sangat terbatas, inilah yang membuat Roy Genggam mencoba menjadi fotografer dengan modal pengetahuan yang ia sempat dapatkan ketika masih kuliah di IKJ. Namun hal ini sebenarnya tidaklah cukup untuk ia terjun ke dunia fotografi profesional yang menuntut portofolio karyanya.

Didorong untuk memiliki penghasilan, ia pun mencari lowongan pekerjaan untuk fotografer. “Tapi enggak ada juga yang ngasih kerjaan, sampai akhirnya karena waktu saya waktu SMA dekat dengan media cetak, saya banyak kenalan di media cetak. Akhirnya saya bekerja di media ASRI (tahun 1984), dua tahun saya di majalah ASRI lantas saya ‘dibajak’ majalah Laras saingannya, dua tahun juga,” tuturnya.

[Baca Juga: Realme Tunjuk Fotografer Ternama Dunia Setel Kamera Realme XT]

Setelah majalah Laras tutup, Roy Genggam pun mulai bekerja sebagai fotografer freelancer. Berkat pengalamannya sebagai fotografi di media cetak, ia pun memiliki banyak relasi yang membuatnya terlibat dalam proyek pemotretan berbagai properti baru yang bermunculan di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada tahun 1990-an. Dengan efek booming properti kala itu, dari mulai Bintaro Jaya, Pondok Indah Mall, gedung-gedung Sudirman, hingga Kelapa Gading, semuanya dijepret melalui lensa kameranya. Mulai dari momen inilah fotografer menjadi karier yang ditekuni sepenuhnya oleh Roy Genggam.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.