Tes CPNS Akan Segera Dibuka

Berita Kawasan

Ini Persiapan Jelang Pembukaan Pendaftaran CPNS

Pemerintah kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Jadwal seleksi akan dimulai pada 25 Oktober. Masih ada waktu beberapa hari menjelang pembukaan pendaftaran yang akan berlangsung pada laman sscn.bkn.go.id. Berdasarakn rilis resmi Badan Kepegawaian Negara atau BKN Nomor: 085/RILIS/BKN/X/2019 tertanggal 1 Oktober 2019, total formasi yang akan dibuka sebanyak 197.111, 37.854 formasi untuk kementerian atau lembaga, dan 159.257 formasi untuk daerah. Dari sekian banyaknya para calon pelamar yang nantinya akan mendaftar, para calon pelamar akan bersaing untuk bisa lolos CPNS. Nah, mulai dari sekarang

[Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Paling Banyak Dicari Dalam CPNS 2018]

Anda bisa mulai mempersiapkannya. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum dibukanya pendaftaran CPNS? Ini persiapannya.

1) Perbarui Informasi dari Situs BKN

Bila sudah mantap dan yakin 100 persen untuk ikut CPNS, hal pertama kali yang harus Anda persiapkan adalah selalu memperbarui informasi dari situs BKN. Pembukaan pendaftaran akan dibuka melalui situs sscn.bkn.go.id. Di sanalah pusat informasi terkait CPNS tersedia. Pantaulah selalu informasi CPNS dari situs resminya atau sebagai alternatif lain, Anda bisa memantaunya lewat media sosial seperti Twitter yang selalu memperbarui informasi.

2) Persiapkan Dokumen

Akun Anda sudah dibuat di situs resmi BKN, sekarang waktunya untuk memasukkan berbagai dokumen yang diminta. Pastikan dokumen yang diminta laman tersebut mampu dibuktikan keabsahannya. Ini dokumen yang perlu dipersiapkan

  • Pas foto ukuran 120 KB max 200kb dengan format JPG atau JPEG
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah yang sudah dilegalisir
  • Transkrip yang sudah dilegalisir
  • Dan, dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

3) Ingat Username dan Password

Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar akan membuat akun Sistem Seleksi CPNS Nasional atau SSCN terlebih dulu. Penting diingat adalah username dan password Anda, akun ini akan tetap diakses untuk memproses serangkaian proses CPNS. Jadi jangan sampai lupa ya!

4) Mulai Rajin Latihan Soal

Bila Anda sudah lolos dalam seleksi administrasi, persiapan yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD), TKD terbagi menjadi tiga tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TWU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Perbanyaklah latihan soal CPNS. Latihan soal-soal CPNS dengan mudah Anda dapatkan dalam buku-buku yang beredar di toko buku.

5) Coba Ikut Simulasi Tes CPNS

Agar persiapan tes CPNS Anda semakin kuat, Anda bisa mengikuti seleksi simulasi tes CPNS. Ikut simulasi tes CPNS ini akan memudahkan Anda dalam menjawab soal-soal yang akan berlangsung saat tes. Dapatkan informasi simulasi tes CPNS gratis di berbagai situs yang menyediakannya.

[Baca Juga: Tes CPNS Akan Segera Dibuka]

Nah, itulah persiapan yang bisa Anda lakukan jelang pembukaan pendaftaran CPNS. Perbanyaklah mencari tahu segala informasi terkait CPNS. Semoga lolos ya Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.

Doku Talk Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia.jpg

Bisnis

Doku Talk: Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia

25 November 2022, 14:34

Tak bisa dipungkiri terdapat potensi tantangan ekonomi di tahun 2023 bagi Tanah Air tapi di sisi lain menurut praktisi keuangan di Doku Talk disebut momen ini juga dapat menjadi peluang tersendiri.

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandun g.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandung

25 November 2022, 11:32

The Ming Cu yang dikenal sebagai ratu tarantula dari Kota Bandung baru-baru ini menggelar pernikahannya dan menariknya, hobi hewan berbisanya itu dijadikan tema dari resepsinya!

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gemp a.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gempa

24 November 2022, 17:14

Pakar Unpad mengungkapkan analisanya mengenai sebenarnya apa yang menjadi pemicu guncangan gempa Cianjur.


Comments


Please Login to leave a comment.