Ini Pilihan Bakpia Enak untuk Oleh-Oleh dari Jogja.jpg

Kuliner

Ini Pilihan Bakpia Enak untuk Oleh-Oleh dari Jogja

Bakpia merupakanan makanan ringan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang kemudian dibungkus dengan tepung yang kemudian dipanggang. Walau nama bakpia ini didapat dari dialek Hokkian, yaitu kata bak yang artinya daging dan pia artinya kue. Namun Bakpia merupakan salah satu kue khas Jogja yang kerap kali dijadikan oleh-oleh.

Yang dulunya bakpia berisi kacang hijau saja, kini bakpia isinya bermacam-macam mengikuti perkembangan zaman, mulai dari cokelat, keju, kumbu hitam, dan lain sebagainya. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada lebih dari 100 merek bakpia yang dijual. Namun ada beberapa merk bakpia terkenal dan kerap kali jad favorit wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Melansir dari berbagai sumber (10/6/20) inilah merk bakpia favorit wisatawan yang juga bisa Anda cicipi untuk dijadikan oleh-oleh.

1) Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok 25 menjadi salah satu merk bakpia yang paling banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Jogja. Varian rasa yang dihadirkan pun beragam, tak hanya bakpia kacang hijau, namun juga ada keju, nanas, cokelat, bahkan durian. Bakpia Pathok 25 adalah nama yang diambil dari nama daerah (Pathuk) dan nomor rumah pemilik yang kemudian dijadikan merk dagang pada tahun 1980. Anda bisa mendapatkan Bakpia Pathok 25 di tempat oleh-oleh Jogja ataupun gerai utamanya yang terletak di Jl. AIP II, Jl. Karel Sasuit Tubun Jl. Bhayangkara Ng 1 No.504, Sanggrahan, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

2) Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Kurnia Sari juga salah satu bakpia yang populer jadi oleh-oleh wisatawan. Bakpia yang sudah mulai dijajakan sejak tahun 90-an ini jadi favorit karena teksturnya mudah hancur dan isinya banyak. Varian rasanya pun sangat beragam, mulai dari yang original, hingga green tea, kopi, susu, tiramisu, dan lain sebagainya. Anda bisa menemukan banyaknya gerai Bakpia Kurnia Sari, salah satunya di Jalan Glagahsari No. 91C, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

3) Bakpiaku

Bakpia yang satu ini juga tak kalah enak serta memiliki beberapa varian klasik hingga kekinian. Berbeda dengan dua merk lain yang sudah sangat melegenda dan sudah berjualan sejak lama, Bakpiaku merupakan brand muda. Anda bisa menemukan salah satu gerainya di Jl. Kaliurang No.81, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

4) Bakpia Kencana

Bakpia kencana memiliki kulit yang cenderung basah atau tidak garing. Namun tentu tak mengurangi rasa bakpia itu sendiri. Varian rasa yang dihadirkan juga berbagai macam, mulai dari kumbu, keju, ubi ungu, durian, dan rasa klasik. Anda bisa mencoba cita rasa bakpia kencana yang nikamt di gerainya yang terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No.16, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itulah beberapa merk bakpia ternama dan paling populer dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Di antara merk di atas, mana yang sudah pernah Anda coba?


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.