Ini Posko Check Point di Kabupaten Malang

Berita Kawasan

Ini Posko Check Point di Kabupaten Malang

Menjelang arus mudik Lebaran, sebagai langkah mengantisipasi penyebaran Virus Corona, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menyediakan posko check point. Pada 14 April 2020, Forkopimda Kabupaten Malang bersama Bupati Malang M. Sanusi, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Dandim 0818 wilayah Kabupaten Malang Kota Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad, serta jajaran Pemkab Malang mendatangi tiga posko check point.

Pertama Pelabuhan Pantai Sendangbiru di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dan di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading yang merupakan tapal batas Kabupaten Malang - Lumajang. Serta Terminal Karangkates, Kecamatan Sumberpucung yang merupakan tapal batas Kabupaten Malang - Kabupaten Blitar. Total ada enam check point yang berada di Kabupaten Malang.

Ini Posko Check Point di Kabupaten Malang

Melansir laman malang-post.com (15/04/2020), Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan, walau di Kabupaten Malang tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Forpimda Kabupaten Malang tetap melakukan screening ketat terhadap pemudik yang datang guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Posko check point mudik terpadu dibangun untuk pencegahan COVID-19 di wilayah Kabupaten Malang. Posko ini untuk mengantisipasi kedatangan pemudik yang terindikasi terpapar COVID-19,” ujarnya.

[Baca Juga: Tiba Terminal Malang, Ratusan Santriwati Lakukan Sterilisasi]

Dari hasil pemantauan, setiap posko telah dilengkapi berbagai fasilitas kesehatan untuk mendeteksi dini COVID-19. Mulai dari thermal gun dan alat pemeriksaan kesehatan. Terdapat personel di posko termasuk tenaga kesehatan dan mobil ambulans yang bakal digunakan untuk mengantarkan pengguna jalan atau pemudik yang terindikasi gejala awal COVID-19.

Hendri berharap, posko yang disiagakan ini bisa mencegah penyebaran virus secara masif walaupun tidak ada PSBB.

[Baca Juga: Unmer Malang Beri Kuota Internet pada Mahasiswa Sebesar 10 Gigabyte]

“Dari posko selanjutnya dilakukan tindakan medis dalam upaya memutus penyebaran Covid 19 di tempat tujuan di wilayah Kabupaten Malang,” tuturnya.

Selain tiga titik tersebut, posko check point mudik terpadu juga ada di depan Bakpao Telo Lawang, yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Pasuruan. Lalu, di Exit Tol Lawang serta Rest Area Ampeldento, Kecamatan Pakis.

Hendri mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Malang agar tetap tenang, tidak panik dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dengan melakukan physical distancing, memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga gaya hidup sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.