Ini Produk UKM Tangerang yang Rambah Pasar Singapura

Bisnis

Ini Produk UKM Tangerang yang Rambah Pasar Singapura

Tidak bisa dipungkiri bahwa jahe merah merupakan salah satu tanaman herbal di Indonesia yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Dari mulai membantu membuang racun dari tubuh sampai bantu atasi pencernaan merupakan beberapa manfaat dari jahe merah.

Sehingga tidak mengherankan bila entrepreneur melirik jahe merah untuk diolah menjadi produk yang mereka jual di pasaran. Salah satu entrepreneur yang memanfaatkan tanaman herbal ini adalah pengusaha usaha kecil dan menengah (UKM) asal Tangerang yang di mana produknya berhasil rambah negara lain.

Ini Produk UKM Tangerang yang Rambah Pasar Singapura

Ahmad Luthfi pertama kali mencoba mengembangkan bisnis dari tanaman yang bernama latin Zingiberaceae officinale rose pada tahun 2009. Kala itu, ia belum memiliki investor eksternal yang memberikan suntikan dana dan hanya memiliki modal nekat. Namun, dengan kegigihannya, Ahmad pun berhasil menciptakan produk minuman dari jahe merah tersebut.

[Baca Juga: Sedang Naik Daun, Ini 6 Manfaat Spirulina untuk Kesehatan]

Saat ini produk UKM asal Tangerang itu memiliki tiga varian untuk produk jahe merah instan dengan brand Jahe Merah Nusantara. Varian produk jahe merah yang ditawarkan Ahmad adalah jahe merah original, jahe susu, jahe coklat, dan kopi mix jahe. Produk tersebut dijual dalam kemasan siap minum yang dibanderol dengan harga Rp8.000 dan kemasan 340 gram yang siap sedung dengan harga Rp35.000.

Ini Produk UKM Tangerang yang Rambah Pasar Singapura

Menariknya, produk jahe merah UKM yang diproduksi di Gang Darrul Fallah, Kecamatan Karang Tengah tersebut telah berhasil merambah pasar di Singapura. Jangkauan penjualan di luar Indonesia ini disinyalir dipicu oleh kandungan alami yang digunakan Ahmad dalam proses produksi Jahe Merah Nusantara.

“Prdouk jahe kami mempunyai keunggulan karena memakai gula aren asli dan rempah-rempah,” ujar Ahmad, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id. Selain itu, produk UKM Tangerang ini juga disebut sudah memiliki sertififikat Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan label halal dari MUI.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

Strategi yang selama ini digunakan Ahmad Lutfi untuk menjual serta mengenalkan kepada publik adalah melalui metode dari mulut ke mulut, lalu mengikuti berbagai event, dan reseller. Ia menuturkan, Jahe Merah Nusantara setiap bulannya bisa memroduksi hingga tiga kuintal yang kemudian disebar kepada sejumlah reseller.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.