Ini Rahasianya Agar Mashed Potato Bikinan Anda Jadi Halus

Kuliner

Ini Rahasianya Agar Mashed Potato Bikinan Anda Jadi Halus

Mashed potato atau kentang yang dihaluskan merupakan makanan pendamping asal Belanda yang biasanya disajikan dengan beefsteak. Menu ini kerap kali ditemukan saat makan di sebuah restoran steak. Cara mengolahnya pun cukup sederhana dan mudah dibuat siapa pun. Namun, bila Anda ingin membuat mashed potato anti gagal dan lebih halus lagi seperti di restoran steak yang biasa Anda kunjungi, berikut rahasianya yang dilansir dari thekitchn.com (13/06/2020).

Ini Rahasianya Agar Mashed Potato Bikinan Anda Jadi Halus

1) Jangan Gunakan Blender atau Food Procesor, Diserut Lebih Bikin Halus

Untuk menghancurkan kentang dengan menggunakan blender atau food processor, hanya akan membuat kentang menjadi lengket. Agar mashed potato tidak bergumpal dan tidak lengket saat membuatnya, Anda bisa menyerut kentang dengan menggunakan alat ricer atau potato masher yang bikin mashed potato jadi semakin halus.

[Baca Juga: 4 Inspirasi Resep Olahan Kentang Mudah dan Enak]

2) Memilih Kentang yang Tepat Sangat Penting

Pada dasarnya ada tiga jenis kentang, antara lain yang sangat bertepung seperti kentang Russets, sangat berlilin seperti Red Bliss, dan seperti Yukon Golds. Aturan pertama: Jangan gunakan kentang yang berlilin atau kentang merah (Red Bliss). Kentang dengan jenis seperti itu tidak akan cukup halus dan juga tidak menyerap susu dengan sangat baik. Sebaiknya Anda memilih kentang Russets atau Yukon Golds untuk membuat mashed potato.

Ini Rahasianya Agar Mashed Potato Bikinan Anda Jadi Halus

3) Rebus Tanpa Dikupas dan Diiris

Sebaiknya jangan mengupas atau mengiris kentang sebelum direbus. Kentang yang tidak dikupas dan tidak diiris sebelum direbus akan menyerap lebih sedikit air. Dengan cara seperti itu, kandungan pati di dalam kentang tetap terjaga dengan baik dan kentang yang lebih sedikit air bila dihaluskan tidak akan lengket dan berair. Keuntungan lainnya, kulit kentang berkontribusi terhadap rasa kentang secara keseluruhan juga mengupas kulit kentang setelah direbus akan lebih cepat dan mudah.

[Baca Juga: Ini Resep Camilan Bola-Bola Kentang yang Lezat Saat Musim Hujan]

4) Tambahkan Mentega Lebih Dulu Sebelum Menuang Susu

Saat Anda menambahkan mentega terlebih dahulu, ia melapisi pati dan menghasilkan kentang yang lebih lembut. Pemilihan mentega yang tepat juga satu hal yang penting dalam pembuatan mashed potato, jadi gunakan mentega dengan kualitas yang terbaik. Sebaiknya Anda pakai mentega jenis unsalted.

Membuat mashed potato memang mudah, tapi bila tidak mengetahui trik dalam membuatnya, bisa-bisa mashed potato yang Anda buat tidak dapat dinikmati. Dengan rahasia yang telah diuraikan di atas, semoga membantu Anda berkreasi membuat mashed potato layaknya di restoran steak ya!

Read More

Artikel Lainnya

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

Kuliner

Toko Roti Maison Weiner Sudah 83 Tahun di Kwitang, Jakarta Pusat

03 July 2020, 18:00

Pertama didirikan tahun 1936, toko kue dan roti Maison Weiner masih terus menjual roti dan kue hingga sekarang. Produksinya ditangani oleh generasi ke-3, Heru Laksana.

Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemprov Jabar Sudah Ambil Puluhan Ribu Sampel Swab Test COVID-19

03 July 2020, 17:00

Pemprov Jabar mengumumkan sudah mengambil lebih dari 70.000 sampel swab test COVID-19 dalam usaha mengejar standar minimal WHO.

Indonesia-dan-WHO-Kerja-Sama-Studi-COVID-19.jpg

Kesehatan

Sinergi Indonesia dan WHO Untuk Lakukan Studi COVID-19

03 July 2020, 15:00

Berpartisipasi dalam studi internasional ini adalah cara untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai COVID-19.

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia.jpg

Pendidikan

Jadi Alumni ILVP, Ini yang Dibawa Dahlan Iskan ke Indonesia

03 July 2020, 14:00

Ternyata aspek modernisasi di media pada era Orde Baru didorong Dahlan Iskan usai ia mengikuti program ILVI ke Amerika Serikat.


Comments


Please Login to leave a comment.