Ini Rahasianya Agar Mashed Potato Bikinan Anda Jadi Halus

Kuliner

Ini Rahasianya Agar Mashed Potato Bikinan Anda Jadi Halus

Mashed potato atau kentang yang dihaluskan merupakan makanan pendamping asal Belanda yang biasanya disajikan dengan beefsteak. Menu ini kerap kali ditemukan saat makan di sebuah restoran steak. Cara mengolahnya pun cukup sederhana dan mudah dibuat siapa pun. Namun, bila Anda ingin membuat mashed potato anti gagal dan lebih halus lagi seperti di restoran steak yang biasa Anda kunjungi, berikut rahasianya yang dilansir dari thekitchn.com (13/06/2020).

Ini Rahasianya Agar Mashed Potato Bikinan Anda Jadi Halus

1) Jangan Gunakan Blender atau Food Procesor, Diserut Lebih Bikin Halus

Untuk menghancurkan kentang dengan menggunakan blender atau food processor, hanya akan membuat kentang menjadi lengket. Agar mashed potato tidak bergumpal dan tidak lengket saat membuatnya, Anda bisa menyerut kentang dengan menggunakan alat ricer atau potato masher yang bikin mashed potato jadi semakin halus.

[Baca Juga: 4 Inspirasi Resep Olahan Kentang Mudah dan Enak]

2) Memilih Kentang yang Tepat Sangat Penting

Pada dasarnya ada tiga jenis kentang, antara lain yang sangat bertepung seperti kentang Russets, sangat berlilin seperti Red Bliss, dan seperti Yukon Golds. Aturan pertama: Jangan gunakan kentang yang berlilin atau kentang merah (Red Bliss). Kentang dengan jenis seperti itu tidak akan cukup halus dan juga tidak menyerap susu dengan sangat baik. Sebaiknya Anda memilih kentang Russets atau Yukon Golds untuk membuat mashed potato.

Ini Rahasianya Agar Mashed Potato Bikinan Anda Jadi Halus

3) Rebus Tanpa Dikupas dan Diiris

Sebaiknya jangan mengupas atau mengiris kentang sebelum direbus. Kentang yang tidak dikupas dan tidak diiris sebelum direbus akan menyerap lebih sedikit air. Dengan cara seperti itu, kandungan pati di dalam kentang tetap terjaga dengan baik dan kentang yang lebih sedikit air bila dihaluskan tidak akan lengket dan berair. Keuntungan lainnya, kulit kentang berkontribusi terhadap rasa kentang secara keseluruhan juga mengupas kulit kentang setelah direbus akan lebih cepat dan mudah.

[Baca Juga: Ini Resep Camilan Bola-Bola Kentang yang Lezat Saat Musim Hujan]

4) Tambahkan Mentega Lebih Dulu Sebelum Menuang Susu

Saat Anda menambahkan mentega terlebih dahulu, ia melapisi pati dan menghasilkan kentang yang lebih lembut. Pemilihan mentega yang tepat juga satu hal yang penting dalam pembuatan mashed potato, jadi gunakan mentega dengan kualitas yang terbaik. Sebaiknya Anda pakai mentega jenis unsalted.

Membuat mashed potato memang mudah, tapi bila tidak mengetahui trik dalam membuatnya, bisa-bisa mashed potato yang Anda buat tidak dapat dinikmati. Dengan rahasia yang telah diuraikan di atas, semoga membantu Anda berkreasi membuat mashed potato layaknya di restoran steak ya!


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.