Ini rencana Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Ini Rencana dan Target Utama Taman Baca Inovator di 2019

Taman Baca Inovator terus menggencarkan betapa pentingnya anak Indonesia untuk membaca buku. Hal itu terlihat dengan tujuan yayasan mencanangkan untuk menambah kembali lima taman dari 28 taman baca yang sudah hadir di wilayah Indonesia.

 Konsep Yayasan Taman Baca Inovator sendiri didirikan karena keresahan yang dialami akibat masih banyak daerah di Indonesia yang kurang akses dan butuh buku untuk anak-anak.

 Jadi, Taman Baca Inovator dibangun di daerah yang kurang akses buku dengan harapan bisa memudahkan anak-anak untuk lebih giat membaca.

 Sejauh ini, Taman Baca Inovator  punya 28 taman bacaan yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Bandung Barat, Jawa Timur, Maluku Tenggara Barat, Kalimantan, Palembang, Tapanuli Utara, bahkan hingga Sulawesi.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

 “Jakarta itu sudah cukup terjangkau untuk buku. Jadi, kami lebih cenderung membuat taman bacaan di daerah yang belum terjangkau buku,” ujar Evlin selaku Eksternal Relation Taman Baca Inovator kepada Pingpoint.co.id di kantor Pusat Yayasan Taman Baca Inovator, Kelapa Gading, Jakarta (15/2/2019).

 Memasuki tahun kelima, Evlin dan tim Taman Baca Inovator berencana untuk membangun dua taman bacaan di daerah Sumatera Utara, satu di Tangerang daerah Mauk, dan satu di Kepulauan Sangihe dan satu di Sorong, Papua.

 “Mungkin kedepannya kita terus tambah lagi taman baca dan harapannya bisa terus meningkatkan minat baca anak,” ujar Evlin.

 Taman Bacaan Inovator sendiri tak serta-merta hanya mendirikan taman baca di berbagai daerah. Melalui survei tahunan, Taman Baca Inovator secara rutin mengukur seberapa sering keterlibatan anak-anak datang ke taman baca.

[Baca Juga: 10 Taman Literasi Akan Dibangun di Jakarta Timur]

 Lalu, melihat peran orang tua untuk mengantarkan anak-anaknya dan, apakah sang anak tertarik membeli buku setelah membaca buku di taman baca. Jika sudah banyak anak yang ingin membeli buku, hal itu merupakan pencapaian besar untuk Taman Baca Inovator.

 “Kedepannya, anak-anak akan bisa menepis masalah hoax dan mengerti informasi yang benar dan salah,” tutur Evlin.

 Taman Baca Inovator juga menyiapkan satu staf untuk mengelola setiap taman bacaannya agar tetap aktif dan memberi pelayanan untuk anak.

 “Makanya kita sediakan satu staf untuk mengelola setiap taman bacaannya. Dibutuhkan satu staf ini karena kami terus menjaga buku agar tak rusak dan tetap aman,” ucap Evlin.

 Evlin menambahkan jika taman baca telah berusia tiga tahun, maka yayasan Taman Baca Inovator akan memberikan taman tersebut untuk dikelola oleh pemerintah atau masyarakat sekitar.


Read More

Artikel Lainnya

UM UndipOK3.jpg

Pendidikan

Tak Lolos SBMPTN 2021? UNDIP Buka Jalur Mandiri Hingga 17 Juni 2021

16 June 2021, 18:06

Ujian Mandiri (UM) UNDIP akan dilaksanakan dengan menggunakan dua macam tes sekaligus, yaitu ujian online dan unggahan portofolio.

pengaruh-media-untuk-anak.jpg

Pendidikan

Perkembangan Anak Akan Terhambat Karena Informasi Tak Seusai Usia

16 June 2021, 16:04

Hal itu mengemuka dalam webinar Eksploitasi Anak Di Media yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Medan Area (Fisipol UMA).

jalur-mandiri-unimed.jpg

Pendidikan

Unimed Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

16 June 2021, 15:35

Seleksi Jalur Mandiri merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (CBT) dan penilaian portofolio.

3 Pilar Datangi Kantor di Glodok yang T etap Beroperasi Setelah Pegawainya Positif COVID-19.jpg

Berita Kawasan

3 Pilar Datangi Kantor di Glodok yang Tetap Beroperasi Setelah Pegawainya Positif COVID-19

16 June 2021, 15:03

Unsur tiga pilar di Kelurahan Glodok mendatangi kantor di wilayahnya yang nekat beroperasi setelah empat pegawainya positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.