Ini rencana Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Ini Rencana dan Target Utama Taman Baca Inovator di 2019

Taman Baca Inovator terus menggencarkan betapa pentingnya anak Indonesia untuk membaca buku. Hal itu terlihat dengan tujuan yayasan mencanangkan untuk menambah kembali lima taman dari 28 taman baca yang sudah hadir di wilayah Indonesia.

 Konsep Yayasan Taman Baca Inovator sendiri didirikan karena keresahan yang dialami akibat masih banyak daerah di Indonesia yang kurang akses dan butuh buku untuk anak-anak.

 Jadi, Taman Baca Inovator dibangun di daerah yang kurang akses buku dengan harapan bisa memudahkan anak-anak untuk lebih giat membaca.

 Sejauh ini, Taman Baca Inovator  punya 28 taman bacaan yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Bandung Barat, Jawa Timur, Maluku Tenggara Barat, Kalimantan, Palembang, Tapanuli Utara, bahkan hingga Sulawesi.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

 “Jakarta itu sudah cukup terjangkau untuk buku. Jadi, kami lebih cenderung membuat taman bacaan di daerah yang belum terjangkau buku,” ujar Evlin selaku Eksternal Relation Taman Baca Inovator kepada Pingpoint.co.id di kantor Pusat Yayasan Taman Baca Inovator, Kelapa Gading, Jakarta (15/2/2019).

 Memasuki tahun kelima, Evlin dan tim Taman Baca Inovator berencana untuk membangun dua taman bacaan di daerah Sumatera Utara, satu di Tangerang daerah Mauk, dan satu di Kepulauan Sangihe dan satu di Sorong, Papua.

 “Mungkin kedepannya kita terus tambah lagi taman baca dan harapannya bisa terus meningkatkan minat baca anak,” ujar Evlin.

 Taman Bacaan Inovator sendiri tak serta-merta hanya mendirikan taman baca di berbagai daerah. Melalui survei tahunan, Taman Baca Inovator secara rutin mengukur seberapa sering keterlibatan anak-anak datang ke taman baca.

[Baca Juga: 10 Taman Literasi Akan Dibangun di Jakarta Timur]

 Lalu, melihat peran orang tua untuk mengantarkan anak-anaknya dan, apakah sang anak tertarik membeli buku setelah membaca buku di taman baca. Jika sudah banyak anak yang ingin membeli buku, hal itu merupakan pencapaian besar untuk Taman Baca Inovator.

 “Kedepannya, anak-anak akan bisa menepis masalah hoax dan mengerti informasi yang benar dan salah,” tutur Evlin.

 Taman Baca Inovator juga menyiapkan satu staf untuk mengelola setiap taman bacaannya agar tetap aktif dan memberi pelayanan untuk anak.

 “Makanya kita sediakan satu staf untuk mengelola setiap taman bacaannya. Dibutuhkan satu staf ini karena kami terus menjaga buku agar tak rusak dan tetap aman,” ucap Evlin.

 Evlin menambahkan jika taman baca telah berusia tiga tahun, maka yayasan Taman Baca Inovator akan memberikan taman tersebut untuk dikelola oleh pemerintah atau masyarakat sekitar.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.