Ini rencana Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Ini Rencana dan Target Utama Taman Baca Inovator di 2019

Taman Baca Inovator terus menggencarkan betapa pentingnya anak Indonesia untuk membaca buku. Hal itu terlihat dengan tujuan yayasan mencanangkan untuk menambah kembali lima taman dari 28 taman baca yang sudah hadir di wilayah Indonesia.

 Konsep Yayasan Taman Baca Inovator sendiri didirikan karena keresahan yang dialami akibat masih banyak daerah di Indonesia yang kurang akses dan butuh buku untuk anak-anak.

 Jadi, Taman Baca Inovator dibangun di daerah yang kurang akses buku dengan harapan bisa memudahkan anak-anak untuk lebih giat membaca.

 Sejauh ini, Taman Baca Inovator  punya 28 taman bacaan yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Bandung Barat, Jawa Timur, Maluku Tenggara Barat, Kalimantan, Palembang, Tapanuli Utara, bahkan hingga Sulawesi.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

 “Jakarta itu sudah cukup terjangkau untuk buku. Jadi, kami lebih cenderung membuat taman bacaan di daerah yang belum terjangkau buku,” ujar Evlin selaku Eksternal Relation Taman Baca Inovator kepada Pingpoint.co.id di kantor Pusat Yayasan Taman Baca Inovator, Kelapa Gading, Jakarta (15/2/2019).

 Memasuki tahun kelima, Evlin dan tim Taman Baca Inovator berencana untuk membangun dua taman bacaan di daerah Sumatera Utara, satu di Tangerang daerah Mauk, dan satu di Kepulauan Sangihe dan satu di Sorong, Papua.

 “Mungkin kedepannya kita terus tambah lagi taman baca dan harapannya bisa terus meningkatkan minat baca anak,” ujar Evlin.

 Taman Bacaan Inovator sendiri tak serta-merta hanya mendirikan taman baca di berbagai daerah. Melalui survei tahunan, Taman Baca Inovator secara rutin mengukur seberapa sering keterlibatan anak-anak datang ke taman baca.

[Baca Juga: 10 Taman Literasi Akan Dibangun di Jakarta Timur]

 Lalu, melihat peran orang tua untuk mengantarkan anak-anaknya dan, apakah sang anak tertarik membeli buku setelah membaca buku di taman baca. Jika sudah banyak anak yang ingin membeli buku, hal itu merupakan pencapaian besar untuk Taman Baca Inovator.

 “Kedepannya, anak-anak akan bisa menepis masalah hoax dan mengerti informasi yang benar dan salah,” tutur Evlin.

 Taman Baca Inovator juga menyiapkan satu staf untuk mengelola setiap taman bacaannya agar tetap aktif dan memberi pelayanan untuk anak.

 “Makanya kita sediakan satu staf untuk mengelola setiap taman bacaannya. Dibutuhkan satu staf ini karena kami terus menjaga buku agar tak rusak dan tetap aman,” ucap Evlin.

 Evlin menambahkan jika taman baca telah berusia tiga tahun, maka yayasan Taman Baca Inovator akan memberikan taman tersebut untuk dikelola oleh pemerintah atau masyarakat sekitar.

Read More

Artikel Lainnya

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91 Persen

Kesehatan

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91%

21 September 2020, 16:25

Di Tower 5 sudah terisi 1.442 pasien OTG yang tidak punya tempat untuk melakukan isolasi mandiri. Ini berarti tingkat hunian Flat Isolasi Mandiri mencapai 91,84 persen.

Hasil Patroli Akhir Pekan di Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

Berita Kawasan

Hasil Patroli: Akhir Pekan i Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

21 September 2020, 15:11

Wali Kota Bima Arya dan tim menyisir sejumlah restoran dan kafe di sepanjang Jalan KH Abdulah Bin Nuh (Yasmin), Semplak, Cilendek hingga Gunung Batu di Kota Bogor.

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

Hobi dan Hiburan

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

21 September 2020, 14:10

Pelopor streaming online Netflix Inc, yang memimpin perolehan dengan rekor 160 nominasi, memperoleh 21 penghargaan.

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

Bisnis

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

21 September 2020, 13:27

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mendapatkan penghargaan ICSB Presidential Award dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.