Menteng_Kuliner_Ini Restoran dengan Menu Khas Belanda di Menteng Jakarta_Emil dari anakjajan com gambar 3.jpg

Kuliner

Ini Restoran dengan Menu Khas Belanda di Menteng Jakarta

Kolonialisasi Belanda yang berlangsung lama di Indonesia menyebabkan Anda bisa melihat sejumlah peninggalannya sebagai bukti sejarah. Dari mulai berbagai bangunan sampai kuliner, jejak kolonialisasi masih bisa kita telusuri. Salah satunya adalah melalui menu yang disajikan di restoran dekat Taman Menteng Jakarta Pusat yang merupakan hasil akulturisasi makanan Indonesia dan Belanda.

Nama restoran yang menyajikan menu tersebut adalah Heritage by Tan Goei. Restoran ini berlokasi di Jalan Teuku Cik Ditiro No.3, Gondangia, Menteng Jakarta Pusat dan hanya berjarak 900 meter dari Taman Menteng. Restoran ini buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai 22.00.

Restoran ini memiliki beragam sajian di menunya yang di mana memiliki tema kuliner Indonesia-Belanda. Walau memiliki kesan menawarkan makanan klasik, restoran Heritage by Tan Goei memiliki tema dan desain interior yang terkesan moderen. Bahkan cenderung membuat nyaman untuk Anda sekadar hangout bersama teman-teman, disinyalir tema ini ditujukan agar lebih menarik perhatian para generasi milenial untuk datang dan mencicipi menu yang ada di sini.

Menteng_Kuliner_Ini Restoran dengan Menu Khas Belanda di Menteng Jakarta_Emil dari deskgram net gambar 2.jpg

Usut punya usut restoran ini sebenarnya memiliki benang merah restoran dengan nama Tan Goei yang ada di Semarang lalu membuka cabang di DKI Jakarta. Namun sebagaimana dilansir dari Femina, berdasarkan larangan nama asing pada bisnis di era Orde Baru, restoran itu pun mengganti namanya menjadi Miranda dan kerap menjadi pilihan warga Ibu Kota untuk menikmati makanan tempo dulu.

Sayangnya restoran tersebut tutup yang diduga dipicu oleh kebakaran yang terjadi pada 2014. Beberapa tahun kemudian, Heritage yang berada di dekat Taman Menteng pun diresmikan dan menjadi penerus dari Miranda. Menu yang menjadi favorit di Miranda maupun Heritage adalah bistik lidahnya.

Menu yang mencerminkan akulturasi Indonesia dan Belanda ini menjadi andalan dari restoran Heritage by Tan Goei. Lidah sapi yang menjadi “bintang utama” di menu ini disajikan dengan tekstur lembut dan terasa bumbu-bumbunya. Selain itu, saus khasnya yang berwarna cokelat memiliki rasa gurih saat tercampur berbagai sayur yang jadi pendamping daging lidah sapi di menu yang disajikan restoran dekat Taman Menteng Jakarta Pusat ini.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.