Apa Arti Status Pandemi dari WHO bagi COVID-19

Kesehatan

Ini Sebabnya Virus Corona Mudah Menyebar dengan Cepat

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS baru-baru ini membuat pernyataan baru ini tentang penyebaran virus corona. Penyebaran bisa terjadi ketika orang-orang saling berdekatan dalam jarak sekitar 2 meter dan melalui droplet yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Tetesan-tetesan ini dapat mendarat di mulut atau hidung orang-orang yang berada di dekatnya atau mungkin terhirup ke dalam paru-paru.

Beberapa penelitian dan beberapa ahli mengatakan virus pasti dapat tetap berada di udara selama beberapa menit dan menginfeksi orang lebih dari sekitar 2 meter dari sumbernya, kemungkinan juga dapat menular melalui sistem pendingin udara.

[Baca Juga: Benarkah Berjemur Bisa Membunuh Virus Corona?]

Melansir laman elemental.medium.com (28/05/2020). Sebuah studi di China yang diterbitkan CDC menyimpulkan, virus corona dapat disebarkan oleh satu orang di sebuah restoran ke 10 orang lainnya saat AC menyala, sementara pengunjung lainnya yang keluar tidak terinfeksi.

Ikutilah 4 Cara Mudah Mendapatkan Pasangan Valentine Ini

CDC dan semua ahli terkemuka sepakat mengenai penyebaran virus yang mudah menular melalui orang bicara, bernyanyi, batuk, atau bersin. Oleh sebab itu, masker sangat penting dipakai Tetesan datang dalam berbagai ukuran, dari kecil hingga lebih kecil. Yang terkecil, disebut aerosol.

Satu studi baru menunjukkan, orang yang berbicara dapat menghasilkan 2.600 tetesan kecil per detik, dan ketika seseorang terinfeksi sekitar 1.000 tetesan tersebut dapat mengandung virus, dan tetesan itu dapat tetap di udara hingga 14 menit.

Para peneliti dalam Prosiding National Academy of Science menyatakan, kemungkinan besar bahwa orang yang sedang berbicara secara normal dapat menyebabkan penularan virus melalui udara di lingkungan yang terbatas.

Risiko di Ruangan Terbuka

Sebuah studi yang lebih baru dalam jurnal Physics of Fluids menemukan bahwa angin sepoi-sepoi dapat membawa tetesan air liur hingga lebih dari 5 meter. Namun, risiko infeksi jauh lebih rendah di luar daripada di dalam ruangan tertutup.

Cocok Untuk Diet, Lakukan Ini Sebelum Memulai Olahraga Pagi

Studi New England Journal of Medicine juga mengindikasikan virus corona dapat tetap bertahan dalam aerosol yang dapat melayang selama beberapa menit atau jam.

Sementara itu, studi kasus terbaru menunjukkan betapa mudahnya virus corona dapat menyebar ketika orang berada dalam jarak dekat.

[Baca Juga: Apakah COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara?]

Asisten profesor ilmu penilaian paparan di Harvard T.H. Chan School of Public Health Joseph Allen, DSc menyarankan membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi sehingga virus corona yang melayang di udara dapat terfilter.

Selain menyebar melalui udara, para peneliti di Cina memeriksa tinja pada pasien COVID-19 dan menemukan partikel virus corona. Dalam jurnal Emerging Infectious Diseases para peneliti menyimpulkan, perlunya tindakan pencegahan yang tepat untuk menghindari potensi penularan virus corona melalui tinja atau feses.

Itu berarti tetap mencuci tangan Anda dan disarankan untuk menutup toilet setelah pembilasan, biarkan kipas kamar mandi tetap menyala, dan jangan buru-buru menggunakan kamar mandi setelah orang lain.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.