Ini Sederet Manfaat Sauna Bagi Kebugaran Tubuh_2

Kesehatan

Ini Sederet Manfaat Sauna Bagi Kebugaran Tubuh

Anda gemar Sauna? Ternyata sauna memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh. Mulai dari mengoptimalkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat otot, hingga menghilangkan gangguan tidur. Mari simak sejumlah manfaat kesehatan dari duduk di ruang sauna, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari beberapa sumber.

  • Mengencangkan Otot

Dengan sauna dapat membantu melonggarkan lemak dan mengurangi selulit, bersama dengan menghilangkan nyeri sendi dan kelelahan. Menghabiskan waktu di ruang sauna juga dianggap membantu dalam penurunan berat badan dengan meningkatkan intensitas dan frekuensi tingkat metabolisme.

  • Peningkatan Sirkulasi Darah

Sauna panas membuat pembuluh darah lebih fleksibel, sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Ini memastikan detoksifikasi lengkap dan oksigenasi jaringan tubuh, serta distribusi nutrisi yang optimal ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit. Dengan demikian, menghasilkan penampilan yang bersinar. Aktivitas sauna yang telah teruji untuk mengatasi berbagai penyakit pernapasan, termasuk sesak napas dan bronkitis, sehingga membantu dalam pengeringan alami bagi yang memiliki sinus.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selama sesi sauna, detak jantung kebanyakan orang meningkat lebih dari 50 hingga 75% persen, atau setara dengan saat seseorang sedang melakukan latihan fisik. Dalam laporan yang diterbitkan oleh American College of Cardiology, para peneliti terkemuka telah menemukan bahwa sauna juga membantu dalam pengobatan penyakit koroner.

Ini Sederet Manfaat Sauna Bagi Kebugaran Tubuh_1

  • Berkeringat

Berkeringat adalah mekanisme alami pembersihan tubuh dan sauna membantu menyiram produk limbah melalui keringat. Kulit kita adalah organ terbesar di tubuh kita, dan lebih dari 30 persen dari total limbah tubuh dikeluarkan melalui itu. Kelebihan keringat menghasilkan pembukaan pori-pori kulit dan pengangkatan penuh kotoran dari tubuh. Kulit kita terus-menerus terkena berbagai bahan kimia dan polutan, keringat yang berlebihan sangat membantu dalam menghilangkan racun-racun ini untuk mengembalikan cahaya sehat dan indah dari kulit. Juga, panas yang disebabkan oleh sauna memperluas pembuluh darah dan menghasilkan peningkatan aliran darah, sehingga memastikan detoksifikasi lengkap dari tubuh.

  • Sistem Kekebalan yang Diperkuat

Selama sesi sauna, suhu kulit dapat naik hingga lebih dari 40 derajat Celcius, sementara suhu tubuh bagian dalam naik hingga 38 derajat Celcius. Ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi dan sel darah putih yang melawan penyakit.

  • Peningkatan Kualitas Tidur

Sauna adalah mekanisme yang sederhana namun efektif untuk meningkatkan kualitas tidur. Dianjurkan untuk orang yang menderita insomnia. Diperkirakan durasi singkat 15-20 menit dihabiskan di ruang sauna hampir sama dengan 1-2 jam berjalan cepat atau latihan.

Selain sederet manfaat di atas, sauna juga dapat membantu Anda mengurangi stres harian Anda dan untuk mengalami relaksasi. Sauna menyediakan lingkungan yang santai yang membantu Anda untuk beristirahat dan bersantai. Mari mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.