PIK_Pendidikan_Ini Sekolah Lansia di Pantai Indah Kapuk Jakarta_Emil gambar 2 dari ymcakl com.jpg

Pendidikan

Ini “Sekolah” Lansia di Pantai Indah Kapuk Jakarta

Saat seseorang memasuki tahap lanjut usia atau lansia, maka daya ingatnya terhadap beragam hal terkadang menurun. Jadi terkadang mereka membutuhkan kegiatan untuk kembali mempelajari berbagai hal tapi dengan cara yang menyenangkan. Sebuah tempat di Pantai Indah Kapuk Jakarta bernama Senior Club Indonesia mendedikasikan dirinya untuk membuat para lansia dapat beraktivitas sembari menikmati hari tuanya.

Senior Club Indonesia berlokasi di Jalan Pantai Indah Utara 3 Blok U1, Sektor Utara Timur, Pantai Indah Kapuk Jakarta. Secara teknis, Senior Club Indonesia bukanlah sebuah lembaga pendidikan namun sebuah klub eksklusif yang diperuntukkan untuk warga lanjut usia yang berumur di atas 60 tahun. Namun di sini, mereka akan bersosialisasi dan berinteraksi dengan para lansia lainnya serta dilibatkan beragam program agar mereka bisa belajar kembali mengenai kegiatan sehari-hari.

PIK_Pendidikan_Ini Sekolah Lansia di Pantai Indah Kapuk Jakarta_Emil gambar 2 dari todayonline com.jpg

Dengan bergabung di Senior Club Indonesia, maka para lansia yang sebelumnya mengalami stress karena kurangnya rutinitas serta mengalami keterbatasan fisik sehingga lupa bagaimana cara melakukan kegiatan sehari-hari dapat kembali belajar bersosialisasi. Bahkan mereka juga terus dapat terus mengasah intelektualnya sehingga tidak mudah pikun dengan beragam kegiatan di “sekolah” ini.

Sebagaimana dilansir dari seniorclubindonesia.com, terdapat beragam progam di tempat ini yang terdiri dari:

  • Program rutin: program ini yang biasanya dilakukan di sekolah ini dari Senin sampai Jumat yakni senam pagi, jalan pagi, yoga, senam jantung sehat, berkebun, membaca, menonton, mengakses internet serta mengobrol dengan sesama lansia untuk bertukar pengalaman.
  • Program pilihan: program ini diadakan berdasarkan agenda yang telah dipersiapkan Senior Club Indonesia. Kegiatan yang ada di program ini adalah musik, dansa, memasak, komputer, kerajinan tangan, kaligrafi, merajut, merangkai bunga, melukis, belajar bahasa asing, memancing, tamasya dengan destinasi luar atau dalam negeri.
  • Program khusus: program yang biasanya diadakan pada Sabtu-Minggu ini hanya digelar ketika ada permintaan dari anggota untuk momen khusus dengan contoh pesta ulang tahun, perayaan hari raya, pertunjukan musik dan lain-lain.

Fasilitas sekolah lansia yang berada di Pantai Indah Kapuk Jakarta ini terbilang lengkap. Di dalam gedungnya terdapat ruang karaoke dengan teater mini, ruang pijat tradisional dan refleksi, ruang salon kecantikan, ruang serba guna, ruang perpusatkaan, ruang makan, ruang P3K, ruang keluarga, ruang tunggu, lift dan ramp untuk membantu lansia yang menggunakan kursi roda. Di luar gedungnya juga ada fasilitas area jogging dan lapangan olahraga, area berkebun, gazebo, air terjun dengan kolam ikan. Semua fasilitas ini ditujukan agar para lansia yang ada di sini merasa nyaman.

Read More

Artikel Lainnya

Jelang Libur Panjang, Ini Destinasi Wisata Dekat Rumah Ala Tiket com.jpg

Hobi dan Hiburan

Jelang Libur Panjang, Ini Destinasi Wisata Dekat Jakarta Ala Tiket.com

26 October 2020, 17:28

Ingin berwisata di momen libur panjang tapi yang tak jauh dari Ibu Kota? Intip rekomendasi destinasi liburan dekat rumah ala Tiket.com ini.

Tembus Miliaran Rupiah! Pemprov Jawa Tengah Sukses Gelar UKM Virtual Expo.jpg

Bisnis

Tembus Miliaran Rupiah! Pemprov Jawa Tengah Sukses Gelar UKM Virtual Expo

26 October 2020, 16:27

Usaha Pemprov Jawa Tengah untuk membantu menggeliatkan bisnis UKM di wilayahnya secara daring terbilang sukses berkat total omzet yang diraih.

UI Salurkan 100.000 Floacked Swab ke Pemprov Jawa Baratt.jpg

Kesehatan

UI Salurkan 100.000 Floacked Swab ke Pemprov Jawa Barat

26 October 2020, 15:38

Demi membantu proses tracing COVID-19 di wilayah Jawa Barat, perguruan tinggi UI baru-baru ini memberikan 100.000 floacked swab ke Pemprov.

Pemkot Depok Terapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga di 238 RW.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Depok Terapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga di 238 RW

26 October 2020, 14:34

Demi menekan penyebaran COVID-19 di 238 RW, Pemkot Depok menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Kampung Siaga di sana.


Comments


Please Login to leave a comment.