Ini Sekolah yang Jadi Saksi Sejarah Pendidikan Perempuan di Kota Bandun g.jpg

Pendidikan

Ini Sekolah yang Jadi Saksi Sejarah Pendidikan Perempuan di Kota Bandung

Di Jalan Keutamaan Istri Nomor 12, Kelurahaan Balong Gede, Kecamatan Regol, Kota Bandung terdapat satu sekolah yang hingga kini terus digunakan untuk kegiatan belajar mengajar bagi siswa-siswi SD hingga SMP. Nama lokasi yang menjadi cagar budaya ini adalah Sekolah Dewi Sartika dan percaya atau tidak, bangunan di sekolah ini usianya telah berusia 118 tahun. Terlepas dari usianya yang bahkan lebih tua dari tahun kemerdekaan Tanah Air itu, Sekolah Dewi Sartika juga menyimpan makna tersendiri bagi sejarah Kota Kembang. Mengingat sekolah ini sangat berhubungan dengan perkembangan pendidikan kaum hawa di Kota Bandung di era Kolonialisasi Belanda dulu.

Kehadiran sekolah ini tak terlepas dari peran sang pahlawan nasional sekaligus tokoh perintis pendidikan bagi perempuan Tanah Air Raden Dewi Sartika. Pada awalnya. Dewi Sartika di tahun 1904 mendirikan sekolah khusus perempuan bernama Sakoal Istri yang bertempat di Paseban Kulon Pendopo Kabupaten Bandung. Di mana di sisi para perempuan pribumi mendapatkan materi pembelajaran keterampilan seperti membatik, memasak, menjahit, menyulam, dan lainnya. Kemudian ditambah pelajaran bahasa Melayu serta Belanda dan pelajaran agama.

Ini Sekolah yang Jadi Saksi Sejarah Pendidikan Perempuan di Kota Bandung.jpg

Sebagaimana dilansir dari museumpendidikannasionaonal.upi.edu (7/2/2021), dengan semakin banyaknya jumlah pelajar di Sakola Istri, Raden Dewi Sartika dengan pengajar lainnya akhirnya sepakat di tahun 1905 untuk memindahkan sekolah yang namanya berubah menjadi Sakola Kautamaan Istri di tahun 1910 itu ke lokasinya saat ini di Jalan Keutamaan Istri no 12 yang dulunya masih dikenal dengan area Ciguriangweg. Di bangunan yang baru ini, kurikulumnya pun ditambah dengan kurikulum Sekolah Kelas Dua atau Tweede Klasse Inlanddche School.

Sekolah ini masih berdiri tegak hingga kini itu memang sempat berganti-ganti nama. Dari mulai Sakola Istri, lalu jadi Sakola Kautamaan Istri, kemudian jadi Sakola Raden Dewi (1929), dan jadi Sekolah Guru Bawah pada tahun 1951. Di tahun 1961 kembali diubah menjadi Sekolah Kepandaian Puteri dan jadi Sekolah Kejuruan Kepandaian Puteri di Tahun 1963, dan sekarang sudah resmi jadi SD serta SMP Dewi Sartika. Dari namanya sendiri sudah terlihat bagaimana dari waktu ke waktu sekolah tersebut tetap berupaya mempertahankan esensinya dalam rangka memajukan pendidikan kaum hawa di Kota Bandung kala itu.

[Baca Juga: Sekolah Khusus Perempuan Akan Hadir di Sumatera Utara]

Menariknya, hingga kini esensi itu berusaha tetap diimplementasikan oleh pihak sekolah yang di mana bagi pelajar perempuan terdapat materi selama satu jam mengenai menjahit, memasak, hingga membuat produk kerajinan. "Tadinya ekskul, sekarang dimasukkan menjadi mata pelajaran. Walaupun hanya satu jam ya, mereka diajarkan untuk menjahit, membuat kerajinan. Siswa juga ikut pelajaran tersebut,” ungkap Kepala Sekolah SMP Dewi Sartika Sri Rostinah, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (21/11/2022).


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.