Ini Seluk Beluk Seorang Praktisi Pawang Hujan

Berita Kawasan

Ini Seluk Beluk Seorang Praktisi Pawang Hujan

Di era modern seperti ini, lapangan pekerjaan menjadi semakin luas dengan berbagai aspek yang berhubungan teknologi digital menjadi bagian dari profesi generasi muda. Selain itu banyak juga yang memilih untuk menjadi entrepreneur. Lalu bagaimana dengan profesi unik yang saat ini bisa dikatakan ditelan oleh zaman contohnya seperti pawang hujan? Apakah masih ada yang menggeluti profesi ini di era modern? PingPoint pun mencoba menelusurinya.

Profesi pawang hujan terbilang menarik, mengingat pekerjaan ini tak semua orang dapat memahaminya. Di satu sisi dipandang dibutuhkan karena seorang pawang hujan dirasa mampu membantu melancarkan suatu event dari kemungkinan terjadinya hujan. Sedangkan di sisi lainnya ada yang memandang ini sebagai hal-hal klenik semata. Namun percaya atau tidak dan terlepas dari pandangan itu, hingga kini masih banyak yang menggunakan jasa pawang hujan seperti yang diberikan oleh Ari.

Ini Seluk Beluk Seorang Praktisi Pawang Hujan

Pria asal Kota Depok ini sudah memberikan layanan memawangi hujan sejak tahun 2008. Di mana ia mayoritas bekerjasama dengan event organizer (EO) atau perusahaan penyelenggara acara untuk memastikan event mereka lancar tanpa adanya gangguan hujan. Menariknya, Ari awalnya tidak pernah berpikir bahwa ia akan menekuni profesi sebagai pawang hujan.

“Asal mulanya kalau pribadi saya waktu SMP-SMA itu pernah belajar silat. Jadi basic-nya ada silatnya dari situ kebetulan kita belajar tenaga dalam, otomatis berkecimpung dengan spiritual. Dari situ mulai sedikit-sedikit, awalnya untuk pribadi dulu, jadi untuk kepentingan pribadi bisa mawangin hujan. Setelah lumayan mapan, baru berani menerima panggilan-panggilan mawangin melalui EO,” ungkap pria yang enggan diperlihatkan wajahnya itu di foto kepada PingPoint.co.id dalam sesi wawancara di Bakmitopia D’Mall, Kota Depok (14/1/2020).

[Baca Juga: 4 Ide Usaha yang Cocok Dijalankan di Musim Hujan]

Ari melanjutkan, dalam dunia pawang hujan sebenarnya yang menekuni profesi ini memiliki dua aliran, yakni hitam dan putih. Untuk aliran hitam, pawang hujannya biasanya menggunakan kemampuan spiritual yang tidak berhubungan dengan kepercayaan di agama. “Basic-nya bukan dari agama itu bisa saja mereka menggunakan benda-benda pusaka atau jimat-jimat, sepengetahuan saya,” ujarnya.

Sedangkan Ari sendiri mengklaim, dirinya menggunakan aliran putih. “Kalau yang putih itu melalui bacaan-bacaan Al-Quran dan dzikir,” sebutnya. Namun berdasarkan pengetahuannya menggeluti profesi ini, baik hitam dan putih, cara mendapatkan kemampuan ini hampir serupa seperti ada profesi puasanya sampai ada amalan tertentu yang perlu dijalankan.

Usai Dibayangi Kekeringan, Jakarta Selatan Akhirnya Diguyur Hujan

Namun Ari menegaskan, seorang pawang hujan itu bukan seseorang yang menghentikan hujan tapi hanya menggesernya ke radius tertentu. Ia mengaku, mampu mengatur radiusnya sekitar lima sampai 10 kilometer dari titik lokasi event. Bahkan ia memberikan terdapat ciri-ciri area yang dipawangi, di mana biasanya udaranya cenderung gerah bak menyengat kulit sehingga memicu keringat walau banyak angin.

Dalam memberikan jasanya sebagai pawang hujan, Ari juga sudah memiliki kisaran berapa biaya yang dibayarkan pihak EO untuk jasanya. “Umumnya dari sekitar 1,5 juta sampai lima juta, tergantung event-nya. Kalau saya pribadi melihat range harganya ngeliatnya dari event sama perusahaan yang menggunakan (jasa) saya,” imbuhnya.

[Baca Juga: Persiapan Yang Harus Anda Lakukan Saat Musim Hujan]

Ia menambahkan, sebagai pawang hujan, Ari sebenarnya tidak hanya menjaga acara yang menggunakan jasanya dari derasnya hujan. Namun juga dari gangguan supranatural yang tidak diinginkan, contohnya dari makhluk tak kasat mata. Sehingga ia pun juga terkadang perlu memberikan “suguhan” seperti kopi hitam, teh, susu, hingga minuman bersoda yang disebut guna mencegah terjadinya gangguan tersebut. Bahkan bila gangguan itu terlalu kuat, ia akan memerlukan ruangan khusus untuk dirinya melantunkan doa serta melaksanakan shalat demi memastikan acara berjalan dengan lancar.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna 2 years, 8 months lalu
    hanna

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang dupa88 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165,co yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga.