masker ganda3.jpg

Kesehatan

Ini Strategi Dinkes Kota Bandung Cegah Gelombang Ketiga COVID-19

Kasus COVID-19 di Kota Bandung semakin terkendali. Hal itu terlihat berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 yang menunjukan bahwa Kota Bandung sudah memasuki level II (kasus COVID-19 berisiko rendah).

Namun meski COVID-19 sudah mulai melandai, masyarakat tak boleh lengah dan melakukan euforia yang berlebih, sebab ada ancaman gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia diprediksi akan terjadi pada akhir 2021.

Dalam mengantisipasi ancaman tersebut, Dinas Kesehatan Kota Bandung telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19. Upaya tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Bandung, Rosye Arosdiani di Bandung Menjawab, Auditorium Balai Kota Bandung pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Rosye menyatakan ada tiga hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga agar kasus Covid-19 tidak melonjak. Simak ulasannya di bawah ini!

1) Mempertahankan Pola Hidup Sesuai yang Ditetapkan (Protokol 5 M)

Pertama yaitu dengan tetap mempertahankan pola hidup yang berubah yaitu tetap menjalankan 5M, menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, dan mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Hal yang harus dilakukan yaitu, tetap mempertahankan pola hidup yang berubah yaitu tetap menjalankan 5M," tuturnya.

2) Melakukan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment)

Kedua, Dinkes terus masif melakukan 3T atau testing, tracing dan treatment untuk pelacakan kasus kontak erat, termasuk melakukan surveilans seperti di sekolah. Sebab, kata Rosye, sesuai dengan Intruksi Kementrian Kesehatan, sekolah yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka, maka 10 persennya harus dilakukan random sampling.

"Artinya dilakukan tes Covid-19 di sekolah dari berbagai tingkatan secara random. Sampai hari kemarin (Senin, 18 Oktober) kita sudah melakukan sampling kepada 1.512 warga sekolah, mulai dari siswa dan guru," terang Rosye.

Tak hanya sekolah, beberapa puskesmas pun harus dilakukan 3T agar semakin terkendali. "Juga di puskesmas semua kasus ISPA dan lili. Artinya yang sakit batuk pilek dilakukan pemeriksaan rapid antigen maupun PCR, untuk memastikan Covid-19 atau bukan dan itu dilaksanakan di puskesmas," imbuhnya.

3) Memeriksa Whole Genome Sequence

Memeriksa Whole Genome Sequence ini berarti untuk melacak apakah ada varian baru yang masuk. Pengecekan dilakukan kepada WNI maupun WNA yang baru tiba dari luar negeri. Nantinya pada saat mereka tiba di bandara, petugas dari KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) akan melakukan testing ulang kemudian dikarantina selama 5-7 hari.

"Setelah karantina mereka harus PCR lagi. Kalau dia positif, samplenya dilakukan WGS untuk mencari ada varian baru. Karena kita khawatir ketika ada orang luar datang kesini," tuturnya.

Selain itu, Dinkes juga tetap melakukan pemeriksaan WGS jika ditemukan kasus yang mencurigakan. Misalnya di satu tempat tiba-tiba ditemukan 9 orang yang positif.

Perlu diketahui, berdasarkan data yang diperoleh hingga 18 Oktober 2021, sebanyak 99 kelurahan sudah bebas dari kasus konfirmasi aktif, artinya tersisa 52 kelurahan lagi dengan kasus konfirmasi aktif. Tetapi meski begitu, terang Rosye, pihaknya akan tetap melakukan penanganan secara merata untuk memastikan tidak adanya lonjakan kasus.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.