Ini Strategi Thaicoon untuk Menarik Perhatian Konsumen

Bisnis

Ini Strategi Thaicoon untuk Menarik Perhatian Konsumen

Setelah berhasil menghadirkan puluhan outlet Bakmitopia, termasuk “markas besarnya” di kawasan Senopati Jakarta Selatan, perusahaan IndoSterling Wahana Boga kembali menghadirkan brand kuliner baru. Dengan Thaicoon, perusahaan tersebut menyajikan kuliner khas Thailand dengan rasa yang otentik serta harga yang terjangkau. Walau baru meresmikan satu outlet Blok M Plaza, IndoSterling Wahana Boga sudah memiliki strategi utama terkait pengembangan restoran Thaicoon di tahun ini serta cara untuk menarik perhatian konsumen.

Managing Director IndoSterling Wahana Boga Lukman Hakim menjelaskan, masih banyak warga di Ibu Kota yang belum terlalu familiar dengan sajian kuliner Thailand. Ia memandang hanya tom yum dan pad thai saja yang cukup dekat dengan masyarakat, padahal Negeri Gajah Putih memiliki banyak sajian lain yang rasanya cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. Dari sinilah salah satu ide lahir untuk mengadakan Thaicoon yang hadir di Food Society Plaza Blok M dan dalam kurun waktu beberapa bulan lagi di Pluit Village.

Ini Strategi Thaicoon untuk Menarik Perhatian Konsumen

“Kalau kita lihat dari captive market konsumen yang sering menikmati kuliner, mengenai makanan Thailand, mindset yang ada di mereka tidak terlalu banyak, paling ke tom yum serta pad thai. Padahal masih banyak produk-produk makanan Thailand yang memang bisa menjual dan eksis,” tutur Lukman Hakim kepada PingPoint.co.id pada pembukaan perdana Thaicoon di Plaza Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta selatan (15/7/2019).

Dengan dasar pandangan di atas, berbagai kuliner khas Thailand dengan rasa yang otentik pun dihadirkan di Thaicoon. Lukman mengatakan, hal ini juga dicapai dengan sejumlah bahan baku yang memang langsung dibawa dari Negeri Gajah Putih. Ia melanjutkan, sadar bahwa memang masih banyak makanan Thailand yang asing bagi penikmat kuliner di Ibu Kota dan inilah tantangan terkait brand knowledge Thaicoon.

[Baca Juga: Perdana! Thaicoon Hadir di Blok M Plaza Bagi Penyuka Kuliner Thailand]

“Secara menyeluruh di Thaicoon ada produk-produk yang masih belum sepopuler tom yum dan pad thai. Ini jadi tantangan kami untuk mengedukasi kepada konsumen, termasuk kepada penggemar kuliner,” ujar Lukman.

Oleh karena itulah Thaicoon memiliki strategi tersendiri yang digunakan untuk pengembangan bisnis mereka. Salah satunya adalah dengan menyesuaikan harga menu yang lebih terjangkau dibandingkan restoran Thailand lainnya.

Ini Strategi Thaicoon untuk Menarik Perhatian Konsumen

“Saat ini sudah ada beberapa restoran Thailand yang eksis. Namun demikian dari segi paket, packaging product, presentasi, dari segi harga juga belum tentu sejalan dengan market yang sudah ada secara garis besar. Karena kalau kita berbicara volume, lebih banyak orang yang di kantungnya ada Rp50.000 untuk budget makan daripada di atas Rp150.000,” ucap Lukman.

[Baca Juga: Mengintip Strategi Bisnis Bakmitopia]

Selain itu, strategi lainnya dari Thaicoon adalah dari segi lokasi serta konsistensi rasa. Menurut Managing Director IndoSterling Wahana Boga Lukman Hakim terkait lokasi, rata-rata restoran Thailand yang ada saat ini lebih bersifat eksklusif sehingga dapat membuat ragu konsumen untuk mencobanya. Sedangkan Thaicoon bisa menghadirkan outlet yang berada di food court hingga ruko sehingga lebih bersifat bersahabat untuk orang-orang yang penasaran dengan masakan dari Negeri Gajah Putih.

“Strategi kita yang lain adalah menjaga konsistensi rasa dari produk kita. Karena biasanya kalau dengan harga terjangkau (tempat makan lainnya), mereka ada beberapa yang di-downgrade dari segi rasa dan porsi. Kita akan selalu konsisten dan tidak melakukan hal seperti itu,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.