Ini Strategi Thaicoon untuk Menarik Perhatian Konsumen

Bisnis

Ini Strategi Thaicoon untuk Menarik Perhatian Konsumen

Setelah berhasil menghadirkan puluhan outlet Bakmitopia, termasuk “markas besarnya” di kawasan Senopati Jakarta Selatan, perusahaan IndoSterling Wahana Boga kembali menghadirkan brand kuliner baru. Dengan Thaicoon, perusahaan tersebut menyajikan kuliner khas Thailand dengan rasa yang otentik serta harga yang terjangkau. Walau baru meresmikan satu outlet Blok M Plaza, IndoSterling Wahana Boga sudah memiliki strategi utama terkait pengembangan restoran Thaicoon di tahun ini serta cara untuk menarik perhatian konsumen.

Managing Director IndoSterling Wahana Boga Lukman Hakim menjelaskan, masih banyak warga di Ibu Kota yang belum terlalu familiar dengan sajian kuliner Thailand. Ia memandang hanya tom yum dan pad thai saja yang cukup dekat dengan masyarakat, padahal Negeri Gajah Putih memiliki banyak sajian lain yang rasanya cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. Dari sinilah salah satu ide lahir untuk mengadakan Thaicoon yang hadir di Food Society Plaza Blok M dan dalam kurun waktu beberapa bulan lagi di Pluit Village.

Ini Strategi Thaicoon untuk Menarik Perhatian Konsumen

“Kalau kita lihat dari captive market konsumen yang sering menikmati kuliner, mengenai makanan Thailand, mindset yang ada di mereka tidak terlalu banyak, paling ke tom yum serta pad thai. Padahal masih banyak produk-produk makanan Thailand yang memang bisa menjual dan eksis,” tutur Lukman Hakim kepada PingPoint.co.id pada pembukaan perdana Thaicoon di Plaza Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta selatan (15/7/2019).

Dengan dasar pandangan di atas, berbagai kuliner khas Thailand dengan rasa yang otentik pun dihadirkan di Thaicoon. Lukman mengatakan, hal ini juga dicapai dengan sejumlah bahan baku yang memang langsung dibawa dari Negeri Gajah Putih. Ia melanjutkan, sadar bahwa memang masih banyak makanan Thailand yang asing bagi penikmat kuliner di Ibu Kota dan inilah tantangan terkait brand knowledge Thaicoon.

[Baca Juga: Perdana! Thaicoon Hadir di Blok M Plaza Bagi Penyuka Kuliner Thailand]

“Secara menyeluruh di Thaicoon ada produk-produk yang masih belum sepopuler tom yum dan pad thai. Ini jadi tantangan kami untuk mengedukasi kepada konsumen, termasuk kepada penggemar kuliner,” ujar Lukman.

Oleh karena itulah Thaicoon memiliki strategi tersendiri yang digunakan untuk pengembangan bisnis mereka. Salah satunya adalah dengan menyesuaikan harga menu yang lebih terjangkau dibandingkan restoran Thailand lainnya.

Ini Strategi Thaicoon untuk Menarik Perhatian Konsumen

“Saat ini sudah ada beberapa restoran Thailand yang eksis. Namun demikian dari segi paket, packaging product, presentasi, dari segi harga juga belum tentu sejalan dengan market yang sudah ada secara garis besar. Karena kalau kita berbicara volume, lebih banyak orang yang di kantungnya ada Rp50.000 untuk budget makan daripada di atas Rp150.000,” ucap Lukman.

[Baca Juga: Mengintip Strategi Bisnis Bakmitopia]

Selain itu, strategi lainnya dari Thaicoon adalah dari segi lokasi serta konsistensi rasa. Menurut Managing Director IndoSterling Wahana Boga Lukman Hakim terkait lokasi, rata-rata restoran Thailand yang ada saat ini lebih bersifat eksklusif sehingga dapat membuat ragu konsumen untuk mencobanya. Sedangkan Thaicoon bisa menghadirkan outlet yang berada di food court hingga ruko sehingga lebih bersifat bersahabat untuk orang-orang yang penasaran dengan masakan dari Negeri Gajah Putih.

“Strategi kita yang lain adalah menjaga konsistensi rasa dari produk kita. Karena biasanya kalau dengan harga terjangkau (tempat makan lainnya), mereka ada beberapa yang di-downgrade dari segi rasa dan porsi. Kita akan selalu konsisten dan tidak melakukan hal seperti itu,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.