Ini Strategi Wali Kota Surabaya Berantas COVID-19 di Rapat UCLG Aspac

Berita Kawasan

Ini Strategi Wali Kota Surabaya Berantas COVID-19 di Rapat UCLG Aspac

Hingga Senin, 13 April 2020. Total kasus positif COVID-19 di Surabaya mencapai 208 orang termasuk dari luar Surabaya. Mengutip peta sebaran lewat laman lawancovid-19 (14/4/2020), total keseluruhan orang dalam pemantauan (ODP) meningkat menjadi 1.398 orang hingga 13 April 2020 dari periode 12 April 2020 sebanyak 1.360 orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) juga ikut meningkat menjadi 523 orang hingga 13 April 2020 dari periode sebelumnya 502 orang. Jumlah pasien konfirmasi positif bertambah sekitar 28 orang menjadi 208 pasien termasuk dari luar Surabaya. Dari jumlah tersebut, 149 dalam perawatan.

Ini Strategi Wali Kota Surabaya Berantas COVID-19 di Rapat UCLG Aspac

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang juga menjabat Presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific (Aspac), mengikuti rapat terbatas melalui teleconference bersama anggota UCLG Aspac, di Taman Surya Balai Kota, baru-baru ini. Tujuannya, untuk merumuskan strategi bersama dalam mencegah dan melawan penyebaran COVID-19 yang telah menjadi pandemi global.

Dia menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. “Kami telah melakukan semua yang kami bisa untuk membantu masyarakat melewati masa pandemi yang sulit ini. Kami membuat berbagai pengumuman kepada publik, memberikan informasi yang dapat dipercaya tentang bagaimana kita dapat mengatasi pandemi dan tindakan pencegahan yang perlu diambil agar tetap sehat,” ujarnya sebagaimana diberitakan Surabaya.go.id.

[Baca Juga: Petugas di 19 Posko Sterilisasi Kota Surabaya Dievaluasi Pemkot]

Pihaknya juga mengaku getol melakukan kampanye tentang tata cara mencuci tangan yang benar kepada masyarakat. Untuk mendukung hal itu, Pemkot Surabaya membagikan hand sanitizer gratis dan menyediakan 875 wastafel portabel di berbagai titik Kota Surabaya.

Sedangkan untuk melindungi tenaga medis di rumah sakit, jajaran di Pemkot Surabaya bersama UMKM (Usaha Mikro kecil dan Menengah) bekerja bersama dalam membuat face shield (pelindung wajah), masker, serta alat pelindung diri (APD). Selanjutnya, dibagikan kepada perawat serta dokter.

[Baca Juga: Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM]

Sebagai upaya menekan mikroorganisme, pihaknya juga melakukan menyemprotkan disinfektan di semua area kota, terutama di lingkungan dan bangunan tempat berkumpulnya masyarakat. Seperti masjid dan gereja, serta pusat perbelanjaan dan kendaraan di jalan. “Untuk penyemprotan yang lebih efektif, kami juga menggunakan drone dan orang-orang juga didorong agar tetap membersihkan daerah sekitarnya,” tuturnya.

Risma menyatakan bahwa keselamatan warga negara juga menjadi salah satu tanggung jawabnya. Karena itu, langkah apa pun yang diambil dan dilakukan akan sangat berarti bagi masyarakat. Namun yang penting adalah tidak panik dan merencanakan langkah selanjutnya dengan hati-hati dalam menghadapi tantangan ini bersama.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.