Ini Suasana di Jakarta Barat Jelak Imlek 2023.jpg

Berita Kawasan

Ini Suasana di Jakarta Barat Jelang Imlek 2023

Hanya beberapa hari lagi, masyarakat Tionghoa di Tanah Air akan merayakan Tahun Baru Imlek 2023/2574 Kongzili. Di sejumlah titik di Ibu Kota suasana Imlek sudah mulai terasa sejak awal pekan ini dengan keberadaan lampion-lampion hingga berbagai pernak-pernik berwarna merah khas Imlek yang mulai dijajakan. Salah satunya bisa dilihat di Jakarta Barat, khususnya di kawasan pecinan Glodok alias Chinatown Glodok.

Jika Anda datang ke area Glodok maka pemandangan pedagang pernak-pernik Imlek di jalanan area Taman Sari Jakarta Barat sudah tak heran lagi. Sebagaimana dilansir dari Barat.Jakarta.go.id (18/1/2023) setidaknya ada 20 pedagang yang menjajakan berbagai hiasanya yang biasanya digunakan di rumah-rumah masyarakat Tionghoa pada momen imlek. Dari mulai lampion, angpao, pohon sakura imitasi, sampai berbagai pernak-pernik yang melambangkan Tahun Kelinci Air 2023.

Ini Suasana di Jakarta Barat Jelak Imlek 202 3.jpg

Menjelang Imlek yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023, penjualan pernak-pernik ini disebut meningkat seperti yang diungkapkan salah seorang pedagang bernama Soleh. Pria berusia 40 tahun ini menjelaskan, penjualannya bisa dikatakan meningkat 50 persen bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya apalagi di Tahun 2023 ini, pemerintah telah mencabut kebijakan PPKM. Omzet yang didapatkannya pun disebut positif dengan sekitar Rp8 juta pendapatannya pe rharinya dan setiap harinya meningkat menjelak Imlek.

Dari sisi pembelinya, masyarakat Tionghoa di sekitar wilayah Jakarta Barat tampaknya memang menjadikan kawasan Glodok ini sebagai lokasi yang tepat untuk membeli keperluan Imlek mereka. Salah satunya adalah warga Jembatan Lima bernama Weni Tjong yang menyebut setiap jelang perayaan Imlek, setiap tahunnya ia datang ke sini untuk belanja angpau, lampu lampion, dan berbagai pernak-pernik lainnya.

[Baca Juga: Sambut Imlek 2023, Living World Alam Sutera Gelar Festival Lampion Terbesar di Indonesia]

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat juga berupaya mendukung kenyamanan warganya di momen Imlek nanti. Ini bisa dilihat dari kegiatan pada 19 Januari 2023 ketika petugas gabungan dikerahkan ke Vihara Sasana Diepa yang berada di Kecamatan Tambora. Di mana ratusan personel itu datang untuk melakukan aksi bersih-bersih menjelang kehadiran para umat yang akan menjalani ibadah Imlek.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut perayaan Imlek pada tanggal 21 dan 22 Januari 2023. Di mana kita membantu saudara-saudara kita, umat khongucu, yang melaksanakan perayaan Imlek, dengan melakukan kerja bakti di Vihara Sesana Diepa,” tutur Wakil Camat Tambora Abdul Choir.

Selain Vihara Sasana Diepa, pada pekan ini ada kurang lebih 30 vihara yang tersebar di wilayah Tambora dan sudah digelar kerja bakti disana dengan masing-masing kelurahan yang mengerahkan petugasnya untuk bersih-bersih di sana jelang perayaan Imlek 2023.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.