Pondok Indah_Kesehatan_Ini Sumber Kalsium dan Vitamin D Alternatif Selain Susu Sapi_Kiki 1.jpg

Kesehatan

Ini Sumber Kalsium dan Vitamin D Alternatif Selain Susu Sapi

Dari kecil mungkin kita sudah dibiasakan untuk mengonsumsi susu sapi hampir setiap harinya. Kandungan kalsium dan Vitamin D yang ada dalam susu sapi dinilai bagus untuk kesehatan tulang. Sehingga banyak orangtua yang memberikan anaknya susu dengan harapan pertumbuhan tulang si buah hati jadi lebih baik.

Namun jika Anda perhatikan dari semua mamalia yang ada di bumi, hanya manusia yang masih mengonsumsi susu hingga dewasa. Bukan hanya itu, manusia juga merupakan makhluk satu-satunya yang minum susu dari makhluk lainnya, dalam kasus ini, biasanya sapi.

Susu sapi kemasan yang tersebar di pasaran juga belum tentu sehat dan murni. Biasanya, susu tersebut dicampur gula dan perasa tertentu, tak heran jika anak lebih menyukai susu dibanding sayur atau buah. Padahal sumber kalsium bukan hanya dari susu.

[Baca Juga: Kampanye Makanan Tinggi Serat di Instalasi Gizi RSUD Kota Tangerang]

Menurut Nutrition Specialist Youvit Rachel Olsen, saat ditemui di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan(11/1/2019) mengatakan, “Kalau minum susu sapi tujuannya untuk mendapatkan kalsium atau Vitamin D, Anda bisa mendapatkannya dari sumber lain yang jauh lebih baik dibandingkan susu sapi, misalnya kacang-kacangan dan sayuran hijau.”

Untuk mengetahui lengkapnya, apa saja sumber kalsium pengganti susu sapi yang bisa Anda konsumsi?

Jamur sebagai sumber Kalsium

Jamur

Melansir dari peta.org, sebuah penelitian menyebutkan jika jamur dapat memenuhi kebutuhan Vitamin D yang dibutuhkan manusia. Jamur Portobello, maitake, shitake, kancing merupakan jenis jamur yang tinggi kandungan Vitamin D. Sedikit tips, sebelum mengonsumsinya jangan lupa jemur di bawah sinar matahari untuk meningkatkan kadar Vitamin D di dalamnya.

Almond & Kedelai

Rachel mengatakan, orang vegetarian dan vegan mendapatkan sumber kalsium paling banyak dari jenis kacang-kacangan ini. Melansir data yang diunggah oleh vegansociety.com, kandungan kalsium dalam 30 g kacang almond sebanyak 72 mg. Anda bisa menggabungkannya dengan jenis kacang-kacangan lain seperti kedelai dan biji chia.

Tahu & Tempe

Jika Anda merasa jamur dan biji-bijian terlalu mahal, Anda bisa menggantinya dengan tahu atau tempe. Namun perhatikan cara memasaknya, mengoreng dengan minyak sayur dalam waktu lama akan membuat vitamin dan kandungan baik dalam kedua bahan ini hilang. Untuk dapat menikmati vitamin dan manfaat yang utuh, masak dengan cara dikukus, sebelum dimasak, 100 g tahu mengandung 350 mg kalsium, sehingga memenuhi setengah kebutuhan kalsium harian Anda.

Sayuran hijau sebagai sumber kalsium

Sayuran Hijau

Dari data yang sama, 80 g sayuran hijau yang sudah dimasak akan mengandung 120 mg kalsium. Sayuran hijau khususnya kale, brokoli, dan pak coy juga cepat terserap oleh tubuh.

Itulah sumber lain vitamin D dan kalsium selain susu sapi. Selain mengonsumsi bahan-bahan di atas, jika hanya mengandalkan makanan sebagai sumber Vitamin D tentu kurang tepat. Karena ada sumber Vitamin D yang lebih besar, efektif, dan tanpa biaya, yaitu sinar matahari.

[Baca Juga: Hindari Radiasi Sinar Matahari dengan 5 Sunscreen Lokal Ini]

Cara paling cepat dan terbaik untuk dapatkan Vitamin D adalah terkena paparan matahari langsung, tepatnya ultraviolet B. Sebagai warga Indonesia, tentunya hal ini bukan lah perkara sulit. Melansir dari vitamindcouncil.org, Anda tak pelu menunggu hingga kulit Anda berubah warna menjadi kecoklatan, Anda hanya perlu paling lama 30 menit berjemur.

Waktu berlama-lama dengan matahari ini juga tergantung warna kulit dan tempat tinggal Anda, di Indonesia, matahari yang sinarnya masih baik berada sebelum pukul 9 pagi dan setelah pukul 3 sore. Walaupun begitu jangan pernah lupa untuk menggunakan tabir surya.

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  11 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  12 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.