INI TEMPAT BELANJA DAN BELAJAR BATIK DI TEBET

Kecantikan dan Fashion

Ini Tempat Belanja dan Belajar Batik di Tebet

Anda tentu kenal betul dengan batik, salah satu warisan budaya yang telah menjadi identitas asli Indonesia ini sudah diakui oleh UNESCO (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization) pada 2 Oktober 2009 sebagai salah satu Warisan Budaya Tak-Benda Warisan Manusia (Representative List Of the Intangible Cultural Heritage of Humanity). Masyarakat Indonesia tentu bersuka cita atas penetapan ini, bahkan tanggal tersebut dijadikan Hari Batik Nasional. Sejak saat itu, banyak orang yang semakin tertarik dengan batik, termasuk warga Negara asing. Banyak wisatawan asing datang ke Indonesia untuk membeli dan bahkan belajar membuat batik. Bukan hanya di Jawa, membeli dan belajar membatik juga bisa dilakukan di Jakarta lho. Salah satu tempat belajar membatik di Jakarta adalah Kampoeng Batik Palbatu, Tebet Jakarta.

Tentang Kampoeng Batik Palbatu

Kampoeng Batik Palbatu dibentuk oleh Budi Darmawan dan Budy Dwi Haryanto. Mereka berdua telah membentuk Kampoeng Batik Pal Batu yang jaraknya tak jauh dari Stasiun Manggarai ini sejak 2011. Kemudian pada 2012, mereka membentuk Jakarta Batik Carnival yang penyelenggaraannya dilaksanakan di Kampoeng Batik Palbatu, Tebet, Jakarta. Budi Darmawan menggeluti pelestarian dan pengembangan batik dan ia kini sedang merintis sertifikasi di bidang batik.

Kampung yang disulap menjadi kawasan belajar ini awalnya dibentuk karena rasa kekhawatiran mereka akan lunturnya budaya membatik serta tidak adanya tempat yang bisa mengajarkan membuat batik di Jakarta.

Jika Anda memasuki kawasan ini, Anda akan melihat berbagai macam motif batik yang terpampang indah disamping kanan dan kiri jalan. Coraknya berasal dari batik Solo, Yogyakarta, Pemalang, Cirebon, dan juga batik khas Jakarta dengan bentuk khas ondel-ondelnya.

Gerai Batik

Bukan hanya bisa belajar membatik, di Kampoeng Batik Palbatu ada juga gerai batik. Dilansir dari web resminya, kampoengbatikpalbatu.com, program ini merupakan program unggulan selain program edukasi batik. Disini mereka juga memproduksi serta menjual batik. Kampong Batik Palbatu sendiri menargetkan pembukaan 10 gerai batik di tahun ketiga pembukaan, terhitung mulai 2011.

Saat ini penjualan batik dilakukan di tiga gerai yaitu, Gerai Batik Nonna, Rumah Batik Palbatu, dan Gerai Batik Prasadi. Diharapkan mereka akan membuka tujuh gerai lagi dalam beberapa waktu ke depan. Batik yang dijual di gerai batik ini adalah produksi mitra pengrajin dari daerah, diantaranya ada pengrajin dari Solo dan Cirebon.

Di Rumah Batik Palbatu sendiri, yang dijual adalah produk Kampoeng Batik Palbatu yang terdiri dari batik dengan motif Palbatu dan baju rancangan Musa Widyatmojo menggunakan kain motif Palbatu yang sempat digunakan oleh finalis Putra Putri Nusantara 2013.

Belajar Membatik

Di Kampoeng Batik Palbatu, Tebet Jakarta ini Anda bisa belajar membatik sendiri. Tentunya kegiatan ini akan meningkatkan rasa peduli Anda terhadap warisan budaya Indonesia. Hal ini juga dapat membantu perekonomian masyarakat. Kegiatan belajar membatik ini dibagi menjadi tiga, yaitu belajar mencanting, belajar membatik, dan belajar mewarnai. Hanya Anda harus membayar biaya kegiatan sebesar Rp100.000 – Rp 500.000.

Tersedia 13 pengajar professional untuk mengajarkan Anda membatik. Jika jumlah siswa dibawah tujuh orang, Anda tidak memerlukan reservasi. Namun jika jumlah siswa lebih dari tujuh orang, Anda harus melakukan reservasi. Yang unik dari Kampoeng Batik Palbatu adalah batik tulis dengan motif topeng Betawi, motif kembang api dan motif burung gelatik buah rambutan.

Lokasi Kampoeng Batik Palbatu

Kampoeng Batik Palbatu berada di Jl. Pal Batu 4 No.17, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan 12870. Lokasinya sangat dekat dengan Stasiun Manggarai dan Universitas Sahid. Jika Anda penasaran dan ingin tahu bagaimana proses membuat batik? Anda bisa menghubungi nomor 0878 8817 9080 atau 0811 191 735.

Kampoeng Batik Palbatu ini sangat cocok jadi destinasi Anda untuk mencari batik otentik di Tebet Jakarta. Selain bisa mendapatkan batik khas daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat, Anda juga bisa membawa pulang batik yang Anda ciptakan sendiri. Anda bisa mengkreasikannya sebagai baju, dompet, rok, dan lain-lainnya.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

27 January 2021, 20:21

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 17.900 petak makam yang akan siap pada Februari 2021 menyusul meningkatnya kasus aktif di Ibu Kota hingga pekan ini.

Pakan Lele Alternatif dari Enceng Gondok Keong Sawah dari Mahasiswa UNY

Pendidikan

Pakan Lele Alternatif dari Enceng Gondok & Keong Sawah dari Mahasiswa UNY

27 January 2021, 19:27

Penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tersebut dilandasi keprihatinan mahalnya harga pakan lele buatan pabrik di pasaran.

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

Berita Kawasan

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

27 January 2021, 18:26

Gunung Merapi mengeluarkan 36 kali awan panas guguran pada Rabu, 27 Januari 2021 pagi hingga siang hari dengan jarak luncur terjauh 3 kilometer.

Tiket.com Gandeng Kemenparefkraf Gercep Pulihkan Industri Pariwisata Indonesia .jpg

Bisnis

Tiket.com Gandeng Kemenparefkraf Gercep Pulihkan Industri Pariwisata Indonesia

27 January 2021, 17:21

Di tahun 2021 ini, Tiket.com umumkan dukungannya terhadap berbagai program Kemenparekraf dalam memulihkan sektor pariwisata Indonesia yang terkena imbas pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.