kebun-binatang-bandung.jpg

Berita Kawasan

Ini Tiga Tempat Wisata di Kota Bandung Yang Diizinkan Beroperasi Kembali

Setelah sebelumnya memberikan izin mal untuk kembali beroperasi, rencananya Pemerintah kota (Pemkot) Bandung akan segera membuka tiga tempat wisata di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional. Ketiga tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata terbuka atau outdoor yakni Taman Lalu Lintas, Kebun Binatang Bandung dan Kolam Renang Karang Setra.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa secara keseluruhan, ketiga tempat wisata tersebut sudah siap menjalankan protokol kesehatan secara lengkap. Beberapa protokol kesehatan yang dianggap menjadi standar untuk membuka tempat hiburan menurut Yana adalah penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, mengatur tempat duduk, menjaga jarak arena bermain serta menempatkan papan informasi mengenai COVID-19.

[Baca Juga: Ini Cara Pemkot Bandung Awasi Keluarga Penerima Bantuan PKH & BSN]

Hanya saja Yana mengingatkan kepada pengelola tempat wisata untuk lebih ketat saat menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebab, Yana memprediksi akan ada banyak pengunjung di ketiga tempat wisata tersebut di awal pada saat dibuka kembali di masa PSBB proporsional.

"Sudah mulai ada beberapa kegiatan yang dilonggarkan terutama kegiatan-kegiatan yang potensi penyebaran COVID-19 rendah dan diutamakan yang outdoor. Tadi kita lihat di Taman Lalu Lintas, kebun binatang dan Karang Setra, mudah-mudahan itu mewakili beberapa tempat wisata," terang Yana.

Sebelum resmi kembali beroperasi, Yana pun meminta pengelola tempat wisata untuk melakukan simulasi terlebih dahulu. Baru setelah itu, mengajukan administrasi perihal komitmen kesiapan menjaga standardisasi tersebut kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang juga dipantau oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Jadi tergantung kesiapan pengelola pariwisata ini. Setelah dinas menyatakan siap dan layak, mereka membuat surat pernyataan bahwa akan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari penularan," tambahnya.

[Baca Juga: Batasi Pengunjung, Harga Tiket Tempat Wisata di Bandung Barat Naik 30%]

Kemudian, ketika tempat wisata kembali layak untuk beroperasi, maka penglelola wajib membukanya secara bertahap. Bahkan, setiap wahana juga harus selalu dibersihkan setiap selesai digunakan.

"Jika ada wahana seperti di Taman Lalu Lintas itu setelah selesai digunakan harus langsung dibersihkan disinfektan. Walaupun rata-rata wahana itu sebenarnya jangan dulu, termasuk kantin, itu tahapan berikutnya," kata Yana.

Selama tempat wisata beroperasi, nantinya Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung juga akan terus memantau dan mengevaluasi perihal protokol keamanan yang dijalankan pengelola. Jika ada saat beroperasi diketahui terdapat pelangggaran, maka Pemkot tidak akan segan untuk menutupnya kembali.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.