Ini Tip Aman dan Nyaman Mudik dengan Motor

Berita Kawasan

Ini Tip Aman dan Nyaman Mudik dengan Motor

Mudik merupakan kegiatan yang biasa dilakukan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halaman. Kegiatan ini biasanya menjadi tradisi tahunan yang kerap terjadi menjelang Hari Raya Idulfitri atau menjelang hari raya keagamaan.

Banyak transportasi yang disediakan pemerintah untuk mengantar para pemudik, misalnya kapal, pesawat, kereta, bus, dan masih banyak yang lainnya. Walaupun pilihan angkutan umum sudah banyak, masih ada segelintir orang yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi khususnya motor. Padahal jika dilihat dari faktor keamannnya, mudik menggunakan motor lebih berisiko.

[Baca Juga: Tips Menjaga Konsentrasi Mengemudi Saat Mudik]

Maka dari itu, Pingpoint merangkum beberapa tip yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan mudik dengan motor dari berbagai sumber (27/5/2019). Inilah yang bisa Anda lakukan agar mudik menggunakan motor lebih aman dan nyaman.

1. Cek Kondisi Motor

Motor yang digunakan untuk mudik harus dalam kondisi prima, pasalnya Anda akan menggunakannya dalam jarak tempuh yang jauh. Pastikan Anda sudah mengganti oli. Jangan lupa cek rem depan maupun belakang dengan melihat langsung keadaan kanvas rem, jika sudah tipis ada baiknya Anda mengganti dengan yang baru. Selain itu, pastikan Anda mengecek mesin dan kondisi lampu motor.

2. Siapkan Perlengkapan Berkendara

Jarak yang Anda tempuh sangat jauh, Anda tak bisa berkendara sembarangan. Pastikan helm yang Anda gunakan memilki Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga terjamin dan aman untuk melindungi kepala Anda. helm juga berfungsi untuk menghindari wajah Anda dari angin dan debu. Selain itu siapkan pula, masker, sarung tangan, dan jaket. Gunakan sepatu yang bisa menutupi semua bagian kaki. Hindari mengenakan sandal jepit.

[Baca Juga: Tips Mudik Santai Bersama Sang Buah Hati]

3. Bawa Barang Sesuai Kapasitas

Setiap kendaraan tentu memiliki standar kapasitas masing-masing. Msalnya motor matic dan bebek yang hanya bisa membawa beban maksimal 150 kg, sedangkan motosport bisa membawa beban sebanyak 160 kg. jika Anda membawa barang belerbihan, dikhawatirkan ban, rantai, dan shockbreaker motor akan rusak.

4. Jangan Bawa Penumpang Belebihan

Seperti yang Anda ketahui, motor merupakan moda transportasi yang hanya bisa digunakan oleh dua orang. Sehingga jangan sampai Anda membawa penumpang lebih dari satu orang. jangan paksakan mudik dengan balita menggunakan motor, selain berbahaya perjalanan Anda tentu tidak akan nyaman.

Itulah beberapa tip aman dan nyaman mudik dengan menggunakan motor.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.