Ini Tips Belanja Bulanan Saat New Normal ala Shooper.jpg

Bisnis

Ini Tips Belanja Bulanan Saat New Normal ala Shooper

Pada kondisi new normal di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, bisa dikatakan sangat dibutuhkan adaptasi tak hanya dengan mematuhi protokol kesehatan tapi juga berbijak dalam pengeluaran. Pasalnya, pandemi ini juga berdampak terhadap perekonomian sehingga sudah saatnya Anda lebih detail ketika akan mengeluarkan uang, khususnya dalam berbelanja kebutuhan bulanan di rumah. Aplikasi sharing community yang dihadirkan untuk membantu penghematan saat berbelanja di supermarket, minimarket, serta toko offline lainnya, Shooper, memberikan tipsnya dalam belanja bulanan pada kondisi new normal seperti ini.

Metode Belanja Keperluan Rumah Tangga Lebih Pintar di Era New

“Faktor harga merupakan hal terpenting bagi konsumen, terlebih kondisi saat ini diwarnai dengan keadaan ekonomi Indonesia yang turun akibat pandemi COVID-19 . Menurut Bank Dunia, pengeluaran terbesar untuk rata-rata rumah tangga di Indonesia adalah pengeluaran kebutuhan rumah tangga ( grocery ), yaitu sekitar 49% dari total pengeluaran. Oleh karena itu, mendapatkan harga terbaik khususnya untuk kebutuhan rumah tangga dapat memberikan penghematan yang signifikan terhadap pengeluaran bulanan,”

  • Mencatat dan membuat perencanaan belanja bulanan

Pada kondisi new normal seperti sekarang, memang mendorong Anda agar benar-benar detail memastikan pengeluaran bulanan tetap sesuai anggaran sehingga melakukan pencatatan sampai merencanakan belanja bulanan dapat sangat bermanfaat. Melalui pencatatatan dan perencanaan ini maka Anda dapat memastikan jumlah biaya yang dibayarkan untuk belanja bulanan di rumah sesuai dengan anggaran dan efisien.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Fasilitasi Warga Belanja Pangan Online]

Alih-alih mencatat secara manual menggunakan buku, pihak Shooper menjelaskan, aplikasi mereka sudah memiliki fitur yang dinamakan ShooperTrack. Di mana fitur ini mempermudah pencatatan belanja bulanan dan Anda cukup mengunggah struk belanja bulanan Anda maka datanya pun langsung tersimpan secara otomatis. Sehingga sewaktu-waktu Anda bisa mengeceknya dan dapat dimanfaatkan untuk belanja bulanan selanjutnya.

  • Menganalisa belanja bulanan agar tak ada pemborosan

Saat Anda sudah mengunggah pencatatan belanja bulanan di Shooper maka Anda dapat menganalisa barang apa saja yang sudah dibeli pada bulan ini. Kemudian ketika bulan depan akan mulai berbelanja lagi Anda bisa membandingkan apakah Anda boros membeli deterjen atau apakah cukup membeli sayur serta buah segar hanya sekali berbelanja saja.

[Baca Juga: Gosend Golucky, Promo Belanja Online Akhir Tahun]

Dengan memiliki data perbandingan belanja bulanan Anda tiap bulan, Anda bisa melakukan analisa. Dengan ini Anda ke depannya bisa mengatur bila akan berhemat, kira-kira apa yang akan dikurangi. Pihak Shooper menjelaskan, aplikasi mereka dapat menunjukkan data yang memperlihatkan apakah ada lonjakan terhadap belanja rata-rata dari penggunanya.

  • Hati-hati dengan diskon!

Walau diskon terlihat menggiurkan untuk produk tertentu misalnya di salah satu supermarket, maka Anda akan berpikir dapat berhemat dengan berbelanja bulanan di sana sekalian untuk mendapatkan produk yang sedang dipotong harganya itu.

Contohnya minyak goreng sedang diskon murah di supermarket A, tapi ketika Anda sekalian berbelanja dengan produk lainnya, ternyata ketika dihitung bisa saja harga totalnya lebih mahal. Oleh karena itulah Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan aplikasi Shooper, Anda bisa langsung mengetik produk apa yang dibutuhkan. Aplikasi ini akan menunjukkan harga dari produk tersebut dari tempat perbelanjaan terdekat. Data ini didapatkan dari unggahan para pengguna lainnya demi membantu sesama untuk menentukan anggaran belanja.

Ini Tips Belanja Bulanan Saat New Normal ala Shooper .jpg

“Faktor harga merupakan hal terpenting bagi konsumen, terlebih kondisi saat ini diwarnai dengan keadaan ekonomi Indonesia yang turun akibat pandemi COVID-19 . Menurut Bank Dunia, pengeluaran terbesar untuk rata-rata rumah tangga di Indonesia adalah pengeluaran kebutuhan rumah tangga (grocery), yaitu sekitar 49 presen dari total pengeluaran. Oleh karena itu, mendapatkan harga terbaik khususnya untuk kebutuhan rumah tangga dapat memberikan penghematan yang signifikan terhadap pengeluaran bulanan,” jelas CEO serta Founder Shooper Oka Simanjuntak, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (15/7/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.