Ini Tips Investasi Keuangan ala GoBear Indonesia

Bisnis

Ini Tips Investasi Keuangan Ala GoBear Indonesia

Dengan semakin tingginya biaya hidup di Ibu Kota maka tak ayal terkadang muncul persepsi rasa sulit bila ingin berinvestasi. Namun hal ini menurut pihak GoBear Indonesia yang bergerak di bidang perusahaan teknologi finansial merupakan pandangan yang kurang tepat. Pasalnya, investasi sendiri sebenarnya memiliki banyak aspek yang dapat disesuaikan tujuan, kebutuhannya, serta jangka waktunya. PingPoint.co.id pun berdialog dengan GoBear Indonesia untuk mengetahui tips investasi bagi pemula.

“Pertama yang harus dilakukan adalah kita harus memahami dulu. Memahami artinya adalah mengerti konsep-konsepnya, produknya, dan risiko-risikonya. Jadi ini kaitannya dengan literasi finansial, itu yang paling utama untuk awam,” Country Director GoBear Indonesia Tris Rasika pada peluncuran GoBear Financiall Index di Union Space Satrio Tower, Jln Prof. DR. Satrio C4, Kuningan, Jakarta Selatan (30/10/2019).

Ini Tips Investasi Keuangan ala GoBear Indonesia

Bagi Anda yang awam dengan literasi finansial, menurut laman gln.kemdikbud.go.id literasi finansial merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko, keterampilan agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

“Sehingga kalau kita sudah paham (literasi finansial), kita bisa mengindentifkasi kebutuhan kita seperti apa dan tentunya kita tahu bagaimana cara mengelola yang baik sehingga akan menghasilkan kesehatan finansial yang baik pula,” sambung Tris.

[Baca Juga: GoBear Indonesia Rilis Hasil Riset Financial Health Index]

Menurut Country Director GoBear Indonesia setelah memahami hal ini, langkah berikutnya adalah secara perlahan mulai mencoba menggunakan produk keuangan. Percaya atau tidak, langkah ini sebenarnya bisa diawali dengan cara menabung di bank yang notabene merupakan investasi dan tinggal menentukan produk apa yang cocok untuk jangka waktu yang Anda tentukan sendiri.

“Pada saat bekerja, kita mulai menabung dulu lalu menikah dan di sini biasanya kita mikir ‘Oh iya punya anak berarti kalau kita punya anak bagaimana?.’ Karena menabung saja tidak cukup apalagi bunga tabungan kita akan tergerus dengan inflasi. Nah, saat ini mulai melihat produk-produk keuangan dan memahami kecocokan dengan tujuan jangka panjang, menengah dari keuangan kita,” tuturnya.

[Baca Juga: Ini 5 Tipe Kepribadian Dilihat dari Perilaku Keuangan Anda]

Country Director GoBear Indonesia itu mencontohkan pemahaman tujuan jangka waktu dalam investasi ini dengan mengorelasikannya dengan kondisi kesehatan serta timing-nya. “Kalau tujuan kita jangka pendek tidak wise mengambil saham, karena saham itu fluktuatif. (Contoh lain) risiko misalnya gampang jantungan milih produk yang fluktuatif ini juga kurang wise,” imbuhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.