Ini Tips Jadi DJ ala DJ Sihk

Berita Kawasan

Ini Tips Jadi DJ ala DJ Sihk

DJ atau Disc Jockey merupakan profesi seseorang yang melakukan mixing produser dari berbagai sumber, dari mulai CS hingga audio digital, untuk menciptakan komposisi sesuai seleranya bahkan cenderung bersifat orisinil. Karier ini banyak digandrungi anak muda yang menyukai musik dengan kategori dance. Menariknya, dengan semakin berkembangnya zaman dan popularitas lagu-lagu hip-hop serta RnB, para DJ pun kerap dilibatkan dalam pembuatan lagu dengan genre ini hingga membuat mereka menjadi bagian lingkup produser musik.

Jika Anda termasuk sebagai salah seorang yang memang memiliki minat di bidang musik tapi bukan pada tarik suara, menjadi DJ dapat menjadi pilihan utamanya. Bahkan menurut DJ Sihk dari label rekaman Barong Family, memulai karier sebagai DJ tidak membutuhkan biaya yang besar dengan dorongan kemauan untuk mencoba mengutak-atik musik menggunakan software.

Ini Tips Jadi DJ ala DJ Sihk

Hal di atas tergambarkan dari pengalamannya saat baru menapaki karier sebagai DJ dan masih dalam tahap ‘coba-coba’. Jangan membayangkan karier DJ Sihk diawali dengan mesin turntable, DJ Mixer, atau midi controller. Pasalnya, alat yang justru digunakannya dalam mengotak-atik musik untuk tahap awal adalah komputer dan perangkat lunak saja.

“Kalau dulu gue mulainya di komputer bokap sama nyokap gue, waktu itu gue belum punya laptop. Jadi abis sekolah, gue suka ke kantor mereka, waktu itu gue crack aplikasi FL Studio dan synthesizer,” ucap DJ Sihk kepada PingPoint.co.id pada sela-sela acara Erasmus Huis Dance Music di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan (24/8/2019).

[Baca Juga: Dari Hobi Hingga Jadi Profesi, Ini Kisah DJ Sihk]

Sekadar informasi, FL Studio merupakan aplikasi yang dikembangkan Image-Line untuk merekam, memodifikasi, hingga membuat audio yang polanya berdasarkan sequencer musik. Sedangkan synthesizer merupakan instrumen atau perangkat lunak yang mampu menghasilkan sinyal audio dan dapat diubah menjadi suara. Synthesizer mampu menghasilkan suara instrumen musik hingga suara alam.

Setelah memiliki modal awal tersebut, langkah selanjutnya menurut DJ Sihk adalah memiliki headset atau speaker dan memulai mencoba mengutak-atik musik atau audio sample. Untuk tahap awal, Anda bisa memanfaatkan beragam tutorial di YouTube untuk melihat metode bagaimana melakukan mixing musik layaknya DJ.

“Soal mixing sebenarnya cukup YouTube aja dan speaker-nya enggak perlu bagus-bagus banget. Soalnya sekarang mixer udah ada visualnya di equilizer, jadi tinggal ikutin visualnya aja. Contohnya, ‘Oh di sini kelihatannya agak peaking jadi tinggal diturunkan’,” jelasnya.

[Baca Juga: Berjejaring dengan Seniman Belanda di Erasmus Huis Dance Event]

Menurut DJ yang menjadi produser musik di lagu Dat $tick bersama Rich Brian itu, untuk tahap awal dengan keterbatasan di atas memang akan membutuhkan proses lama untuk membuat satu lagu yang bersifat orisinil. Tapi hal yang utama dari proses ini adalah Anda berhasil membuat lagu tersebut dari proses mengutak-atik sendiri.

DJ Sihk tidak memungkiri bahwa menjadi DJ terdapat stigma awal yang biasanya muncul kepada mereka-mereka yang berkecimpung di dunia ini. Dari mulai konsumsi minuman keras hingga narkoba. Oleh karena itulah, ia tegas menyebut, Anda mau menjadi DJ sebisa mungkin hindari hal-hal tersebut jika memang ingin serius menekuninya.

“Harus kalahkan stigma itu! Contohnya adalah Dipha Barus, dia enggak minum minuman keras, enggak narkoba, enggak merokok, vegan, rutin olahraga. Just be like him, gue juga melihat dia sebagai role model untuk kehidupan DJ yang sehat,” pungkas DJ yang pernah tampil di festival Tomorrowland 2019 itu.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.