Ini Tips Memelihara Ikan Cupang untuk Pemula ala Ivanplastik

Properti dan Solusi

Ini Tips Memelihara Ikan Cupang untuk Pemula ala Ivanplastik

Banyak yang memilih ikan hias sebagai solusi untuk menghias atau mempercantik hunian mereka. Dari mulai kepercayaan fengshui yang memandang memiliki ikan hias di akuarium dapat mendatangkan rezeki hingga untuk memberikan efek yang baik untuk psikologi seperti mengurangi stres. Apalagi saat ini ikan hias yang semakin populer untuk dipelihara adalah ikan cupang yang tidak membutuhkan akuarium besar layaknya ikan hias lainnya. Namun jika Anda ingin ikan ini selalu sehat, terdapat tips yang perlu diikuti.

Jenisnya

Menurut pemilik usaha Ivanplastik dan peternakan cupang Maddie Land Betta Farm Ivan Prima Kosalim yang pertama harus diperhatikan jika Anda ingin memelihara ikan hias ini adalah pemilihan jenisnya. Ia menyarankan untuk pemula lebih baik Anda memilih jenis plakat atau cupang yang memiliki ekor pendek. Apalagi saat ini plakat juga sudah semakin banyak tipe dengan warna-warna yang menarik seperti koi, nemo, atau hellboy.

[Baca Juga: Melalui Hobi Ikan Cupang, Ivanplastik Sukses Kembangkan Bisnisnya]

Bagi pemula, Ivan tidak menyarankan memilih ikan cupang yang memiliki ekor panjang seperti halfmoon, serit, atau crown tail. Pasalnya untuk jenis ekor panjang, Anda harus lebih fokus merawatnya dibandingkan jenis plakat. Mengingat ikan cupang yang memiliki ekor panjang lebih rawan sakit yang memicu ekornya rusak jika Anda tidak hati-hati.

Tempat dan Air

Kemudian aspek kedua yang harus dipikirkan adalah tempatnya. Selain akuarium berukuran kecil, Anda bisa menggunakan soliter yang populer digunakan untuk ikan cupang. Selain itu, penggunaan soliter juga bisa menghemat tempat dibandingkan akuarium bahkan cocok diletakan di kamar hingga di apartemen dengan ruangan yang terbatas.

Setelah mendapatkan tempat yang cocok, barulah mulai ke persiapan airnya. “Untuk perawatan standarnya itu, air awal yang sudah diendapkan 24 jam, ditambahkan garam (ikan) sekitar setengah sendok teh, terus dikasih daun ketapang. (Penggunaan daun ketapang) itu tergantung kondisi air di rumah, kalau PH airnya di bawah lima itu enggak usaha. Tapi kalau PH airnya di atas enam itu boleh pakai daun ketapang,” ujar pemilik Ivanplastik kepada PingPoint.co.id di Maddie Land Betta Farm, Kecamatan Cilodong, Kota Depok (13/12/2019).

Ia juga mengingatkan terkait kesalahan yang kerap dilakukan pemula saat memelihara ikan cupang, yaitu menggunakan air keran PAM langsung saat mengganti airnya. “Air PAM itu boleh saja cuman yang enggak boleh itu air PAM langsung dalam artian belum diendapin. Cuman terkadang untuk support, obat tambahannya itu bisa pakai anti-klorin di air PAM,” tutur Ivan

Melalui Hobi Ikan Cupang, Ivanplastik Sukses Kembangkan Bisnisnya

Pakan

Untuk makanan, menurut Ivan, ikan cupang paling menyukai pakan hidup. Pakan yang dimaksud adalah jentik nyamuk, cacing sutra, serta kutu air atau daphnia. Namun untuk memudahkan Anda, makanan instan atau pakan pelet kering yang dijual di toko-toko akuarium juga bisa digunakan. Namun pemilik bisnis Ivanplastik ini menganjurkan Anda memperhatikan komposisinya.

“Kalau bisa pilih pelet yang (kadar) proteinnya tinggi, paling enggak 50 persen ke atas. Nah, kalau cara aplikasikan ke ikannya kadang ada ikan yang mau langsung makan karena dasarnya rakus. Cuman kalau ikan yang biasanya makan pakan hidup dikasih ke pelet biasanya rewel. Jadi kita puasakan sekitar satu-dua hari pelan-pelan,” ucapnya.

[Baca Juga: Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang]

Pemilik Maddie Land Betta Farm itu menambahkan, untuk pembersihan soliter ikan cupang, ada baiknya tiga hari sekali dengan menguras total dan mengganti airnya. Bahkan jika melihat ikan cupang peliharaan Anda menunjukkan indikasi stres seperti lemas, sering berdiam di ujung akuarium atau soliter, dan kurang aktif maka ini tanda ada permasalahan di airnya serta perlu diganti sesegera mungkin.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 9 months lalu
    rine

    kado spesial x’mas tambahan langsung 5% IDR 100 claim tanpa syarat hanya untuk anda guysss…. anda jago bermain kartu ? anda hebat memprediksi suatu permainan ? anda suka bermain keberuntungan ? buktikan kejagoanmu kehebatanmu kesukaanmu guys…. semua hanya ada di qqharian,info